Bunda, Ini Alasan Bayi Tidak Boleh Memakai Perhiasan

13 January 2019, pada 05:00
1
1
Bunda, Ini Alasan Bayi Tidak Boleh Memakai Perhiasan

Bunda pasti ingin penampilan buat hatinya menarik dan menggemaskan. Demi memenuhi hal tersebut, oang tua kerap kali memakaikan perhiasan, terutama pada bayi perempuan.

Hal ini memang bisa membuat penampilan bayi menjadi lebih menarik. Selain itu, orang tua melakukan hal tersebut juga sebagai tanda sayang mereka kepada anak.

Namun Bunda, memakaikan perhiasan pada bayi sebenarnya dilarang, lho. FDA (Food and Drug Administration) mengeluarkan peringatan agar para orang tua tidak mengenakan perhiasan pada leher dan tangan anak.

Larangan tersebut dilakukan karena bisa membahayakan bayi atau anak. Berikut bahaya yang bisa dialami jika memakaikan perhiasan kepada bayi.

1. Tercekik

tercekik
shutterstock.com

Kalung bisa dengan mudah membuat akan tercekik saat tidur. Bahkan kalung dan gelang bisa membuat anak tercekik saat mereka bangun sekalipun. Hal ini karena orang tua tidak mungkin bisa mengawasi anak-anak setiap detiknya.

bayi pakai kalung
instagram.com/tya_ariestya/

Tali, pita, atau klip pengait yang ada di perhiasan tersebut bisa saja membahayakan dan mengancam nyawa anak. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua menunggu sampai anak lebih besar seingga bisa menjaga dirinya sendiri.

2. Tersedak

tersedak
nakita.grid.id

Bayi sering kali memasukkan apapun yang ia lihat ke dalam mulutnya. Begitu pula dengan gelang dan kalung. Keduanya memiliki risiko pecah atau rusak sehingga manik-maniknya berceceran dan bisa tertelan oleh si bayi.

bayi tersedak
journal.sociolla.com

Belum lagi jika mengenakan cincin atau pada anak. Bisa juga perhiasan tersebut lepas dan dimasukkan ke dalam mulutnya.

Bayi bisa tesedak atau bahkan meregang nyawa. Anak kecil memiliki sifat yang selalu ingin tahu sehingga memakaikan perhiasan akan rawan untuknya.

3. Efek Magnetik

efek magnetik
pexels.com/@pixabay

Selain itu, perhiasan juga memiliki efek magnetik yang berbahaya bagi si kecil. Beberapa perhiasan terbuat dari magnet dan juga bisa tertelan oleh si kecil. Jika hal tersebut tejadi, efeknya akan sangat berbaaya.

bayi memakai gelang
pexels.com/@nandhukumar

Magnet tersebut bisa tarik-menarik dalam sistem pencernaan. Hal tersebut bisa merusak jaringan dalam tubuh anak.

Pada kasus yang serius, hal ini dapat menyebabkan perforasi usus atau merusak usus begitu parah sehingga menyebabkan kematian jaringan.

Baca Juga: 6 Penyebab Pilek Pada Bayi yang Wajib Diperhatikan Oleh Orang Tua

4. Keracunan Timbal

gelang bayi
pexels.com/@brucelam

Keacunan timbal dapat menyebabkan iritasi, keterlambatan perkembangan, ketidakmampuan belajar, kejang, kelelahan hingga penurunan berat badan.

Terdapat beberapa kasus yang menyebutkan bahwa anak keracunan timbal karena terpapar perhiasan yang mengandung timah.

keracunan timbal
pexels.com/@hasanalbari

Pada kasus tersebut, si anak memiliki kadar timbal delapan kali lebih banyak dari batas normal pada darahnya.

Setelah diselidiki, penyebabnya adala gelang penyembuh dari magnet yang dibeli dari sebuah pameran kerajinan. Meskipun tidak digunakan secara berkala, namun efek yang ditumbulkan cukup parah.

5. Kasus Meninggal

kasus meninggal
pexels.com/@pixabay

Sudah ada banyak kasus mengenai bayi dan perhiasan. Beberapa bayi beruntung dan selamat dari maut. Sedangkan beberapa lainnya tidak tertolong lagi.

Seperti kasus bayi 18 bulam yang harus meregang nyawa karena tercekik kalung yang dipakainya saat tidur siang.

dampak perhiasan pada bayi
pexels.com/@dltdesignandphotography

Selain karena bahaya di atas, larangan penggunaan perhiasan pada bayi juga disebabkan oleh kandungan benzocaine yang bisa menyebabkan methemoglobinemia atau pembatasan jumlah oksigen yang dibawa dalam darah.

Nah, jadi larangan penggunaan perhiasan pada bayi bukan tanpa sebab, ya. Melainkan untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa mengancam nyawa si kecil seperti di atas.

Semoga orang tua bisa menjadi lebih bijak dan mengutamakan keselamatan anak. Sebaiknya tunggu hingga anak cukup besar untuk mengetahui dan bisa melindungi dirinya sendiri. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

1 Komentar
kinaraku
14/01 - 06:29
terutama bayi perempuan, niatnya biar tambah cantik pakai perhiasan