Qupas Family

Bunda, Ini Cara Bijak Menjelaskan Tentang Menstruasi Kepada Anak Perempuan

20 October 2019, at 08:00
Bunda, Ini Cara Bijak Menjelaskan Tentang Menstruasi Kepada Anak Perempuan

Membesarkan anak perempuan memang memiliki tantangan tersendiri. Salah satu diantaranya adalah saat harus menjelaskan dan mempersiapkan tentang menstruasi.

Bunda pasti merasa bingung dan canggung saat akan menjelaskan terkait hal tersebut kan? Tenang saja, perasaan itu merupakan sesuatu yang wajar kok.

Akan tetapi, menjelaskan tentang menstruasi kepada anak perempuan sejak dini merupakan hal yang penting dan harus dilakukan. Kalau kebingungan, Bunda bisa menyimak beberapa hal berikut ini.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mulai Menjelaskan Tentang Menstruasi kepada Anak?

ibu dan anak
pexels.com/@anastasiya-gepp-654466

Pada umumnya, Bunda sudah bisa mulai menjelaskan tentang menstruasi kepada anak perempuan sejak usia 7 atau 8 tahun. Nggak perlu penjelasan yang terlalu rumit, berikan informasi yang sesuai dengan pemahaman anak.

Pasalnya, saat ini anak-anak dengan usia 8 sampai 9 tahun sudah banyak yang mengalami menstruasi. Apabila teman si kecil sudah mengalaminya, itulah waktu yang tepat untuk membicarakan hal tersebut dengannya.

Apa Saja yang Perlu Dijelaskan?

ibu dan anak perempuan
pexels.com/@anafrancisconi

Sebenarnya, menjelaskan tentang menstruasi merupakan bagian dari pendidikan seks bagi anak. Maka dari itu, Bunda bisa menjelaskan tentang anatobi tubuh perempuan terlebih dahulu.

Setelah itu, cobalah untuk menjelaskan secara lugas apa yang terjadi ketika menstruasi yaitu tentang darah yang keluar dari vagina. Kalau bisa, usahakan untuk menggunakan alat bantu seperti buku panduan dan lain sebagainya ya!

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu, Ini 5 Tahap Pemberian Pendidikan Seks pada Anak

Jika anak sudah paham, usahakan untuk memberikan penjelasan tentang tanda-tanda datangnya menstruasi. Misalnya, munculnya bercak darah atau adanya rada nyeri di perut bagian bawah.

Bunda juga sebaiknya memberitahu si kecil tentang perubahan fisik yang terjadi sebelum dan sesudah menstruasi, sehingga buah hati nantinya nggak kaget.

Menjawab Pertanyaan Anak Perempuan Tentang Menstruasi

menjelaskan pada anak
club31women.com

Anak mungkin memiliki segudang pertanyaan tentang menstruasi. Oleh sebab itu, Bunda bisa menjawabnya dengan segamblang mungkin.

Usahakan untuk menggunakan bahasa yang mudah dan tenang saat menjelaskan agar anak nggak merasa ketakutan menyambut haid pertamanya.

Mempersiapkan Menstruasi Pertama Anak

pendidikan anak
nutrienhealth.org

Haid pertama anak memang nggak bisa ditebak kapan akan terjadi. Oleh sebab itu, sebaiknya Bunda mempersiapkan anak sejak dini.

Siapkan kantong kecil dan masukkan pembalut ke dalamnya untuk dibawa-bawa saat keluar rumah. Bunda juga perlu memastikan si kecil sudah paham bagaimana cara menggunakannya.

Well, memang nggak mudah sih menjelaskan tentang hal seperti ini kepada buah hati. Tapi dengan tutur kata yang tepat, Bunda pasti bisa melakukannya!