Buper Pleseran, Tempat Ngecamp di Tawangmangu yang Punya Banyak Kejutan

10 September 2019, at 11:00
0
0
Buper Pleseran, Tempat Ngecamp di Tawangmangu yang Punya Banyak Kejutan

Tawangmangu yang berhawa sejuk memang dikenal sebagai salah satu daerah di Kabupaten Karanganyar yang punya cukup banyak wisata untuk bersantai. Mulai dari Air Terjun Grojogan Sewu, Bukit Mongkrang, sampai Bukit Sekipan ada di kawasan lereng Gunung Lawu ini.

Tapi selain ketiga destinasi tersebut, ada lagi wisata di Tawangmangu yang punya juga nggak kalah istimewa. Sebut saja Buper Pleseran alias Bumi Perkemahan Pleseran.

Sesuai dengan namanya, tempat ini memang cocok buat yang suka camping. Kendati demikian, nggak menutup kemungkinan traveler yang cuma pengen liburan singkat untuk ke sini. Lalu, apa saja yang bisa didapat dari wisata di Tawangmangu ini?

1. Wisata Buat Para Petualang

pleseran nglurah
instagram.com/sabri.paulipu

Bisa dibilang kalau Bumi Perkemahan Pleseran cocok buat para petualang sejati. Tempatnya masih alami, dan akses untuk menuju ke destinasi di Tawangmangu ini lumayan sulit.

Kondisi jalannya memang sudah di cor. Tapi cuma cukup untuk dilewati satu mobil saja. Di sepanjang jalan, kamu bakal menemui beberapa kata-kata motivasi, seperti "Semangat Hor, Genah Tekan (Semangat, pasti sampai)."

2. Tempat Ngecamp Seru di Tawangmangu

bumi perkemahan pleseran
instagram.com/wicaksono_ridwan

Kurang seru rasanya kalau cuma mampir sebentar ke buper di Tawangmangu ini. Oleh karena itu, nggak ada salahnya untuk cobain sensasi nginap di Pleseran. Bayarnya cuma sekitar Rp10 ribuan kok.

Kalau kebetulan nggak bawa perlengkapan sendiri, ada daftar penyewaan perlengkapan camping kok. Misalnya saja seperti:

  • Sewa tenda plus matras berkapasitas 4 orang: Biayanya sekira Rp60 ribu
  • Kayu Bakar: Sekira Rp40 ribu (per ikat besar) dan Rp20 ribu (per ikat kecil)

Memang nggak sempat kemah? Kamu bisa cuma liburan sebentar di wisata Tawangmangu ini. Tiket masuknya cuma Rp5 ribu saja.

3. Fasilitas Bumi Perkemahan Pleseran

tempat camping di tawangmangu
instagram.com/buper_pleseran

Buper Pleseran bukan cuma menyediakan camping ground saja. Di sini, ada beberapa fasilitas umum yang bisa kamu nikmati, seperti gazebo, musala, toilet, sampai warung makanan. Lengkap kan?

Belum lagi buat para milenial, sejumlah spot foto siap memanjakanmu. Gardu pandang untuk melihat pemandangan di sekitar, ayunan, sarang burung, harley raksasa, taman bunga, dan masih banyak lagi bisa kamu temukan di objek wisata di Tawangmangu ini.

Baca juga: Cantiknya The Lawu Park, Wisata Karanganyar Andalan dengan Konsep Unik

4. Telogo Asmoro di Buper Pleseran

buper pleseran tawangmangu
instagram.com/kechue

Kalau camping ground biasanya cuma dikelilingi hutan atau spot foto instagenik, beda lagi sama bumi perkemahan ini. Soalnya kamu bisa menemukan telaga atau wilayah perairan di sini.

Namanya Telogo Asmoro. Penampilannya seperti infinity pool yang belakangan ini lagi hype, tapi versi alami. Seru, kan?

5. Cara ke Buper Pleseran

buper pleseran
instagram.com/bayutri26

Lokasi Buper Pleseran ada di Nglurah, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Letak tempat wisata ini nggak jauh dari Terminal Tawangmangu. Jaraknya pun cuma sekitar 2 km ke arah timur.

Dari terminal, sekitar 300 meter kamu bakal menemukan Wisma Kartini. Beloklah ke kanan sampai masuk gang perkampungan. Di sinilah kamu bakal melewati jalan menurun dan menanjak. Sabar saja ya kalau liburan ke buper ini.

Buat para petualang sejati, Buper Pleseran Tawangmangu recommended untuk masu daftar wisata. Tempatnya masih alami, tapi fasilitas yang tersedia tetap oke. Tiket masuk dan biaya campingnya juga murah. So, tunggu apa lagi?

0 Comment