Bus Citros Cirebon Diluncurkan, Ini Rute Tempat Wisata yang Akan Dilewati

27 February 2019, at 09:00
0
0
Bus Citros Cirebon Diluncurkan, Ini Rute Tempat Wisata yang Akan Dilewati

Kabar gembira bagi warga Cirebon maupun para traveler yang ingin mampir ke salah satu wilayah di Jawa Barat ini.

Sebab ada Bus Citros yang siap membawamu keliling tempat wisata di Cirebon maupun landmark populer di wilayah ini dengan tarif murah.

Citros atau Cirebon Tourism on Bus yang sudah diluncurkan di Keraton Kasepuhan pada Sabtu, 23 Februari 2019 lalu ini pun punya daya tarik tersendiri.

Baca juga: Liburan ke Cirebon? Nginap di Hotel Dekat Stasiun Ini Saja, yuk!

Apa saja itu? Lalu dimana saja rute tempat wisata yang akan dilewati oleh kendaraan satu ini? Biar nggak penasaran, yuk langsung intip info dari Qupas berikut.

1. Apa itu Bus Citros?

bus citros
instagram.com/pena_cirebon

Cirebon Tourism on Bus atau Citros atau merupakan kendaraan kendaraan bantuan wisata. Alat transportasi ini baru saja resmi diluncurkan pada Sabtu, 23 Februari 2019 lalu di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Peluncuran bus wisata ini diresmikan langsung oleh sejumlah pemerintah daerah, yakni:

  • Iwa Karniwa selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat
  • Eti Herawati selaku Wakil Wali Kota Cirebon
  • PRA. Arief Natadiningrat selaku Sultan Sepuh XIV
  • Dedi Taufik selaku Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat

Meski sudah diluncurkan, Karsono, Wakil Ketua Organda Kota Cirebon menyebut bahwa bus wisata Citros rencananya mulai beroperasi pada awal Maret 2019.

2. Tujuan Diluncurkan Bus Citros

bus citros cirebon
instagram.com/cirebonheritage

Peluncuran Citros ini merupakan salah satu implementasi visi misi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang mengusung Jabar Juara. Jadi bukan karena ikut-ikutan daerah lain.

Seperti diketahui, pariwisata selama ini memang merupakan salah satu jalan tercepat untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Jadi dengan keberadaan Citros, kemungkinan akan meningkatkan sarana pariwisata, seperti kota lain, misalnya Badros (Bandung Tour in Bus) atau Suroboyo Bus.

3. Rute Tempat Wisata yang Dilewati

bus pariwisata citros
instagram.com/cirebonheritage

Karsono juga menjelaskan bahwa bus Citros akan mengambil rute dari Gunung Jati, selanjutnya ke Kota Tua, Keraton Kesepuhan, Keraton Kacirebonan, Gua Sunyaragi.

Selain itu, bus wisata ini juga akan melewati Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Kartini, Jalan Siliwangi, Stasiun Kejaksan dan akhirnya mengarah ke Batik Trusmi.

Mau tahu seperti apa serunya jalan-jalan ke tempat wisata Cirebon dengan menggunakan transportasi keren ini? Simak dulu penjelasannya di bawah ini, ya!

a. Batik Trusmi

batik trusmi cirebon
instagram.com/btbatiktrusmi

Tempat ini merupakan pusat grosir batik di Cirebon. Di sini juga terdapat toko terbesar seluas 1,5 hektar milik Sally Giovanny.

Menariknya lagi, Selain belanja, pengunjung juga bisa kulineran di sekitar tempat ini.

Jam buka: 09.00-17.00 WIB

Tiket masuk Batik Trusmi: Rp15.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

b. Kota Tua Cirebon

kota tua cirebon
saegaleri.com

Kawasan Kota Tua Cirebon ini ada di Kecamatan Lemahwungkuk. Area ini memungkinkanmu untuk bisa mampir ke beberapa tempat bersejarah, seperti:

  • Gedung Bank Mandiri
  • Klenteng Dewi Welas Asih
  • Gedung Bank Indonesia Cirebon yang sampai sekarang masih digunakan
  • Gedung BAT (British American Tobaco) dan lain sebagainya

Jam buka: -

Tiket masuk Kota Tua Cirebon: -

c. Goa Sunyaragi

goa sunyaragi
instagram.com/renataforastoncirebon

Kompleks gua ini menyuguhkan arsitektur seni bercita rasa tinggi pada zamannya dulu, yakni sekitar abad pertengahan.

Nama "Sunyaragi" berasal dari kata "sunya" yang artinya adalah sepi dan "ragi" yang berarti raga. Keduanya adalah bahasa Sanskerta.

Tujuan utama didirikannya gua ini ternyata sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Baca juga: Eksotis! Gua di Indonesia Ini Didalamnya Terdapat Pura

Selain bisa menikmati keindahan dan belajar sejarah, kamu juga bisa menikmati beragam wahana menarik. Misalnya saja seperti flying fox, sepeda gantung dan ayunan.

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.30 WIB

Tiket masuk Gua Sunyaragi: Rp10.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

d. Keraton Kasepuhan

keraton kasepuhan cirebon
instagram.com/tomatwisata

Keraton Kasepuhan adalah ikon Cirebon sekaligus menjadi tonggak sejarah Kota Udang ini. Jadi bisa dibilang tempat ini wajib kamu kunjungi.

Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1529 ini terdiri dari berbagai macam bangunan, yakni seperti:

  • Siti Hinggil: Bangunan paling terdepan yang menyambut pengunjung
  • Malang Semirang: Bangunan utama tanpa atap di dalam Siti Hinggil
  • Gapura bergaya Majapahit
  • Gedung museum: Ada kereta keraton dan benda-benda pusaka
  • Keraton Pangkuwati: bangunan pertama yang dibangun Pangeran Cakrabuana selaku Kuwu, sebutan bagi pemerintah yang turut menyebarkan Islam di Cirebon

Baca juga: Pecinta Wisata Klasik Wajib Mampir ke Destinasi di Indonesia Ini!

Hal menarik lain dari destinasi wisata Cirebon ini adalah pengunjung bisa melihat dan merasakan petilasan peninggalan Pangeran Cakrabuana dan Sunan Gunung Jati. Bahkan setiap tahunnya, ada beragam acara tradisi yang diadakan setiap tahun.

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB

Tiket masuk Keraton Kasepuhan: Senin-Jumat (Pelajar: Rp10.000,00 dan umum: Rp15.000,00); Sabtu, Minggu dan hari libur (Pelajar: Rp15.000,00 dan umum: Rp20.000,00) (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

e. Keraton Kacirebonan

keraton kacirebonan
instagram.com/raynardthanpontoh

Keraton Kacirebonan merupakan bangunan yang didirikan atas prakarsa Pangeran Muhamad Haerudhin, Putra Mahkota Sultan Kanoman ke-IV yang melakukan perlawanan terhadap pemerintahan kolonial Belanda.

Keraton termuda ini dibangun sekitar tahun 1800 M. Di sini, terdapat benda-benda peninggalan sejarah, seperti keris, wayang, perlengkapan perang, gamelan dan lain sebagainya.

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket masuk Keraton Kacirebonan: Rp15.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

rute bus citros
instagram.com/disparbudjabar

Menurut Kartono, penumpang yang ingin berkeliling dengan bus wisata Citros bisa naik di halte-halte khusus dan tentunya sudah disiapkan terlebih dahulu.

Namun, apabila belum ada halte, maka penumpang bisa naik atau turun di titik-titik destinasi wisata Cirebon yang telah ditentukan.

4. Tarif Naik Bus Citros

tarif tiket bus citros cirebon
instagram.com/cirebonheritage

Bus dengan kapasitas penumpang mencapai 20 orang ini akan beroperasi pada pukul 09.00-17.00 WIB. Tapi bisa juga sampai malam ketika akhir pekan.

Ingin tahu jadwal bekerangkatannya? Kamu bisa cek langsung melalui aplikasi dimiliki Pemerintah Daerah Kota Cirebon, Wistakon.

Untuk tarif naik bus wisata satu ini, penumpang hanya akan dikenai biaya senilai Rp5.000,00. Soal fasilitas, transportasi ini dilengkapi dengan GPS. Bahkan rencananya akan dilengkapi dengan mini bar, mini distro, oleh-oleh khas Cirebon, serta akan dipandu oleh guide.

Baca juga: Ada di Indonesia! Alat Transportasi Canggih Ini Bikin Kamu Seolah Liburan Ke Jepang

Gimana, tertarik untuk naik bus Citros Cirebon? Sabar saja dulu, karena tinggal beberapa hari lagi, kamu bisa menikmati transportasi yang punya fasilitas jempolan ini.

0 Comment