Cakat Raya, 'Miniatur Indonesia' di Lampung yang Popularitasnya Kian Meredup

30 August 2019, at 15:00
0
0
Cakat Raya, 'Miniatur Indonesia' di Lampung yang Popularitasnya Kian Meredup

Lampung kian menggeliat, terutama di bidang pariwisatanya. Contohnya saja Pulau Tegal Mas yang belakangan ini semakin digandrungi para traveler.

Tapi sebenarnya di Lampung masih ada tempat wisata nggak kalah menarik untuk dikunjungi. Sayang, saat ini kepopulerannya kian meredup.

Yap! Sebut aja Cakat Raya, atau juga dikenal dengan nama Taman Wisata Cakat Raya. Tempat ini bisa dibilang adalah Indonesia versi mini. Ada hal-hal menarik yang bakal kamu temukan di sini. Apa saja tuh?

1. Lambang keberagaman Indonesia di Lampung

cakat raya
instagram.com/herikoico

Inilah lambang keberagaman Indonesia yang terletak di Lampung, tepatnya di Kabupaten Tulangbawang. Cakat raya menyajikan miniatur landmark terkenal dari berbagai daerah, seperti Candi Prambanan, Rumah Gadang, sampai Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali.

Ternyata bukan asal diciptakan, ternyata latar belakangan kenapa ada landmark-landmark populer itu karena di Kabupaten Tulangbawang bukan cuma didiami oleh suku asli Lampung aja. Wilayah ini juga jadi tempat tinggal suku-suku di Indonesia lain, mulai dari Jawa, Bali, Batak, Minangkabau, Sunda, dan masih banyak lagi.

2. Wisata gratis di Lampung

cakat raya tulang bawang
instagram.com/imanonaa

Cakat Raya juga punya daya tarik lain selain keberadaan landmark-landmark maupun rumah adat dari berbagai suku di Indonesia.

Siapa sangka, ternyata wisata di Lampung ini nggak ada tiket masuknya, lho. Jadi kamu nggak perlu menyediakan retribusi apapun saat masuk ke sini. Bahkan untuk membayar parkir pun gratis.

Tapi inilah yang jadi salah satu kelemahan Cakat Raya. Jadi kendaraan pribadi yang kamu bawa, mau nggak mau bisa diparkir di pinggir jalan.

Baca juga: Wisata ala Maldives Ada di Lampung, Lho!

3. Destinasi yang mudah dicari

cakat raya lampung
instagram.com/danel_mahendra

Secara administratif, wisata Cakat Raya berada di Jalan Lintas Sumatera, Menggala Timur, Kabupaten Tulangbawang. destinasi di Lampung ini mudah ditemukan. Apalagi ada petunjuk jalan yang terpasang di pinggir Jalan Lintas Timur.

Jaraknya pun cuma beberapa kilometer saja dari Jembatan Sungai Tulangbawang, sungai terbesari di Provinsi Lampung. Jalan yang bakal kamu lewati nantinya pun searah menuju Kota Bandar Lampung.

Karena merupakan jalan nasional, medannya cukup mulus. Bisa juga dilalui oleh berbagai kendaraan, mau roda dua sampai truk gandeng sekalipun.

4. Kenapa popularitas Cakat Raya kian meredup?

cakat raya tulang bawang lampung
instagram.com/imanonaa

Satu yang disayangkan dari tempat wisata di Lampung adalah popularitasnya yang kian meredup. Sepertinya hal ini karena kurang terawat.

Ada sekitar 2 bangunan yang roboh. Terdapat pula bangunan yang mulai rusak. Meski begitu, replika GWK, Candi Prambanan, dan beberapa rumah adat masih bisa layak dinikmati.

Semoga saja ke depannya Cakat Raya bisa berbenah ya? Jadi para traveler bakal punya alternatif wisata di Lampung kalau belum kesampaian mampir ke Pulau Tegal Mas yang lagi hits.

0 Comment