Cantiknya Gereja Gothic Sayidan, Landmark Jogja ala Kastil Negeri Dongeng

05 March 2019, at 04:00
0
0
Cantiknya Gereja Gothic Sayidan, Landmark Jogja ala Kastil Negeri Dongeng

Jogja memang punya daya tarik tersendiri. Banyak bangunan klasik berjajar di wilayah. Terutama di kawasan Gondomanan yang merupakan kecamatan di Kota Jogja.

Salah satunya saja seperti Gereja Gothic Sayidan yang memiliki desain mencolok dari bangunan-bangunan lainnya. Bahkan penampilan tempat ini layaknya kastil di Eropa.

Selain bentuk bangunannya, ternyata ada fakta menarik dari wisata Jogja yang klasik ini. Apa saja itu? Biar nggak penasaran, yuk langsung simak ulasan Qupas di bawah ini!

Baca juga: Wisata Jogja Ini Punya Bangunan Super Klasik, Nyesel Banget kalau Nggak Mampir!

1. Bangunan Misterius Tapi Instagenik

gereja sayidan
instagram.com/ihsanudn

Gereja Gothic Sayidan bisa dikatakan adalah salah satu bangunan misterius. Gedung yang diduga merupakan gereja ini punya desain baik kastil bergaya Eropa. Nggak heran kalau banyak orang yang penasaran begitu melihatnya.

Dulu bangunan ini tampak horor karena cat di dindingnya mulai terkelupas. Bahkan lumut dan jamur terlihat membekas di beberapa bagian gedung yang menandakan bahwa usianya sudah cukup tua.

gereja gothic sayidan
instagram.com/ridwan_arfani

Namun kini semua bayangan tersebut perlahan sirna karena Gereja Sayidan sudah ada perbaikan. Dindingnya pun sudah dicat ulang.

Layaknya kerajaan di negeri dongeng, landmark di Jogja ini sangat pas untuk dijadikan sebagai latar fotomu.

2. Merupakan Hunian Warga Tionghoa yang Jadi Bangsawan

gereja gothic jogja
instagram.com/mega.kotto01

Gereja Gothic sendiri merupakan sebutan masyarakat lantaran bentuknya seperti tempat ibadah umat Kristiani maupun Katolik. Padahal tempat ini sebenarnya merupakan hunian yang sudah lama diabaikan.

Awalnya, gedung ini dibangun pada 1979 dalam bentuk rumah konvensional. Tapi selanjutnya ada perbaikan ulang di tahun 1986 hingga penampilannya seperti sekarang ini.

sayidan jogja
instagram.com/rifsus_

Pemiliknya adalah warga keturunan Tionghoa bernama Esther Widyo Wanandyo. Ia adalah istri dari R. Petrus Haryono, seorang pengrajin batik yang masih memiliki relasi dengan Keraton Yogyakarta.

Ternyata, keempat anak dari pasangan tersebut pun juga punya nama besar di Jogja. Salah satunya adalah KRT Daud Wiryo Hadinagoro. Ia adalah pemilik brand batik yang pemasarannya sampai ke Milan dan Singapura.

Baca juga: Mampir ke Wisata Jogja yang Punya Nilai Sejarah Ini Yuk!

3. Cagar Budaya dengan Nilai Seni Tinggi

gereja sayidan jogja
instagram.com/melo_dhiandra

Menurut beberapa informasi yang beredar, Gereja Gothic Sayidan telah ditetapkan sebagai cagar budaya di Jogja pada tahun 2000, meski pada kenyataannya usia bangunan ini belum terlalu tua.

Bahkan ternyata salah satu landmark di Jogja ini juga disebut sebagai rumah produksi batik yang digunakan oleh Nelson Mandela.

gereja gothic
instagram.com/zfryntka_

Konon setelah R. Petrus Haryono wafat, Esther dan keempat anaknya merawat hunian tersebut. Mereka pun menjalankan bisnis konveksi batik yang telah diekspor hingga ke luar negeri.

Setelah Esther meninggal, sang putra bungsu, KRT Thomas Haryonagoro mulai mengelola tempat ini. Tapi kemudian ia juga meninggalkan bangunan ini dan memindahkan koleksi batik ke Museum Ullen Sentalu.

4. Lokasi dan Tiket Masuk Gereja Gothic Sayidan

gereja gothic sayidan jogja
instagram.com/tia_syeria

Lokasi Gereja Gothic Sayidan sendiri berada di Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Jogja. Letaknya berada di belakangan Ruko Gondomanan atau di samping bangunan Bah Petruk Baru.

Akses menuju ke gedung ini bisa melalui gang yang berada di sebelah Bah Petruk Baru. Lorong tersebut juga merupakan jalan menuju perkampungan wisata Sayidan dan tempat tinggal penduduk.

Kondisi gang yang gelap memang tampak seram. Namun hal tersebut berkurang karena di dinding lorong ini ada ada grafiti atau mural karya para seniman Jogja.

sayidan yogyakarta
instagram.com/gionadia96

Cukup menyediakan dana sekitar Rp2.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu), kamu sudah bisa hunting foto di sekitar Gereja Sayidan.

Tarif tersebut pun bukanlah tiket masuk Gereja Gothic, melainkan untuk biaya parkir kendaraan bermotor. Murah banget kan?

Nah, setelah mengetahui info tentang Gereja Gothic Sayidan, kamu berminat untuk mampir saat liburan ke Jogja? Mumpung sekarang bangunannya sudah nggak seseram dulu lagi, lho.

Sambil keliling Kota Gudeg dan menanti hari lain untuk mengunjungi wisata Jogja yang lain, lumayan juga kan untuk berpose di tempat yang unik dan klasik ini?

0 Comment