Cantiknya Padang Mangateh, New Zealand Versi Kearifan Lokal di Tanah Minang

13 September 2019, at 11:00
0
0
Cantiknya Padang Mangateh, New Zealand Versi Kearifan Lokal di Tanah Minang

Padang Mangateh. Itulah sebutan bagi sebuah wisata peternakan di Tanah Minang, tepatnya di Provinsi Sumatera Barat.

Destinasi ini bukan peternakan biasa. Kamu pun nggak hanya bisa melihat hewan ternak saja. Hamparan rumput bak New Zealand atau Selandia Baru juga bakal tersaji di hadapanmu.

Jadi nggak perlu jauh-jauh sampai ke luar negeri buat menikmati suasana ala New Zealand. Cukup mampir di Padang Mangateh yang juga punya sejumlah fakta menarik berikut ini.

1. Destinasi 'warisan' Kompeni

padang mangateh minang
instagram.com/rancakbana_

Siapa sangka, ternyata tempat wisata yang juga dikenal dengan sebutan Padang Mengatas ini adalah salah satu peninggalan para penjajah. Sejatinya, ini juga merupakan lokasi yang khusus dibuat untuk peternakan dengan nama Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Pakan Ternak Padang Mengatas (BPTU-HPT).

Destinasi wisata di Sumatera Barat ini pun sudah ada sebelum Indonesia merdeka, tepatnya tahun 1916. Dulu, Pemerintah Hindia Belanda lebih memilih menernakkan kuda daripada sapi. Sapi pun mulai diternakkan mulai tahun 1936.

Banyak kisah yang terjadi pada peternakan ini, dari hampir tutup karena situasi, sampai Dr. Mohammad Hatta membenahi Padang Mangateh pada tahun 1950. Beliau menjadikan area ini sebagai Stasiun Peternakan Pemerintah, yaitu ITT (Induk Taman Ternak) Padang mengatas dari tahun 1951-1953.

bptu padang mangateh
instagram.com/hhafizhatul

ITT Padang Mengatas pun sempat menjadi peternakan terbesar se-Asia Tenggara pada tahun 1955. Saat itu, hewan yang diternakkan ada kuda, sapi, kambing, sampai ayam.

Seiring waktu berjalan, peternakan ini sempat terlupakan. Bahkan sempat berubah jadi lokasi basis PRRI, lalu Balai Pembibitan Ternak-Hijauan Makanan Ternak (BPT-HMT). Sampai pada 16 April 2002 lalu kembali berubah jadi Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Sapi Potong Padang Mengatas.

2. Harus booking dulu kalau ke Padang Mangateh

padang mangateh
instagram.com/kiddrock85

Mengingat Padang Mangateh adalah BPTU-HPT, maka bisa dibilang nggak boleh asal datang kalau pengen liburan ke sini. Mau sekadar mampir atau menginap di wilayah ini, kamu harus booking secara online dulu.

Tapi tenang, BPTU Padang Mengatas sudah menyediakan surat izin masuk secara online kok. Dan pastinya sudah praktis. Tinggal kunjungi website BPTU Padang Mengatas, lalu pilih 'Formulir', dan isi sesuai petunjuk.

Baca juga: Ada di Indonesia, Taman Bunga di Sumbar Ini Akan Membuatmu Seolah Liburan ke Jepang

3. Apa yang bisa dilakukan di Padang Mangateh?

padang mengatas
instagram.com/imamfebii

Jangankan melihat sapi-sapi ternak berkeliaran secara bebas. Kamu juga bisa menikmati indahnya panorama alam di sekitar destinasi yang terletak di kaki Gunung Sago ini.

Saat cuaca cerah, kamu pun bisa melihat Kota Payakumbuh. Bahkan di pagi maupun sore, ada sunrise dan sunset memukau yang siap memanjakan matamu.

padang mangateh payakumbuh
instagram.com/febri_alatas

Pemandangan cantik dengan hamparan rumput hijau di atas lahan seluas kurang lebih 280 hektar ini seolah siap melepas penatmu. Meski tanpa spot selfie khas wisata kekinian, tapi Padang Mangateh tetap instagenik kok.

Belum puas kalau cuma liburan beberapa jam? Tenang, kamu bisa menginap di sekitar BPTU ini. Paginya, coba jogging di sekitar peternakan. Ada jalan lurus yang membelah padang rumput Padang Mangateh ini yang bisa kamu gunakan untuk trek lari.

4. Cara ke Padang Mangateh

bptu padang mengatas
instagram.com/paramiswari

Lokasi Padang Mangateh atau Padang Mengatas ada di Mungo, Luak, Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk bisa ke lokasi, kamu harus punya izin dulu.

Kamu bisa mengarahkan kendaraanmu ke arah Batang Tabik dengan patokan tugu Adi Pura di Pasar Payakumbuh. Dari sini, lanjutkan perjalanan lewat Jembatan Rapatan Ibu (Pasar Ibuah). Nggak jauh dari sini, kamu bakal menemukan Labuah Silang. Lurus saja ke arah Batang Tabik.

padang mengatas sumatera barat
instagram.com/hadie.rinaldy

Sampai di Pemandian Batang Tabik, berarti destinasi tujuanmu sudah dekat.Tepat di sebelah kanan, ada simpang Puskesmas Mungo. Belok saja dan kamu bakal sampai di Padang Mangateh.

Gimana, tertarik mampir ke Padang Mangateh? Jangan lupa siapkan outfit dan kamera terbaikmu saat ke wisata Sumatera Barat ini, supaya dapat foto-foto yang bagus.

0 Comment