Cantiknya Situ Lembang, Wisata di Bandung Barat yang Nggak Bisa Dikunjungi Sembarang Orang

13 April 2019, at 09:00
0
0
Cantiknya Situ Lembang, Wisata di Bandung Barat yang Nggak Bisa Dikunjungi Sembarang Orang

Pernah dengar soal Situ Lembang? Mungkin sebagian besar orang belum banyak yang tahu soal tempat wisata di Bandung Barat ini.

Soalnya destinasi ini bisa dibilang tertutup untuk masyarakat umum karena alasan tertentu. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa masuk ke sini sama sekali kok.

Lalu apa sih alasan tempat ini nggak bisa dimasuki sembarang orang dan apa daya tarik dari Situ Lembang? Biar nggak penasaran, langsung saja simak ulasan Qupas di bawah ini yuk!

Baca juga: Wisata di Lembang Ini Punya Labirin yang Instagenik!

1. Bukan Wisata Baru di Bandung Barat

situ lembang bandung
instagram.com/oki_lutfi

Kenalkan, danau cantik ini adalah Situ Lembang yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya di tahun 1912. Jadi tempat ini bukan destinasi baru di Bandung Barat.

Selain menjadi mata air untuk PDAM, Situ Lembang ternyata juga menjadi penampungan air terbesar di kawasan Bandung Utara atau masuk wilayah Kabupaten Bandung Barat.

2. Danau di Bandung Barat yang Sejuk

situ lembang
instagram.com/kakadedi

Situ Lembang berada di antara kaki Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang. Bahkan letaknya sendiri ada di ketinggian sekitar 1.567 mdpl.

Jadi bukan hal yang mengherankan kalau saat berada di kawasan danau ini kamu akan merasakan udara sejuk.

3. Tempat Latihan Militer

danau situ lembang bandung
instagram.com/rahmiazumi

Danau di Bandung Barat sekarang sudah dijadikan sebagai tempat latihan militer oleh Komando Pasukan Khusus (Kopasus) TNI AD. Karena hal inilah Situ Lembang nggak lagi bebas dikunjungi setiap waktu.

Aksesnya ditutup kalau kawasan Situ Lembang digunakan latihan militer sampai area ini steril lagi. Soalnya sampah yang ditemukan bisa berupa granat yang gagal meledak saat dilempar.

4. Kawasan yang Dilindungi

pusat latihan kopasus situ lembang
instagram.com/insangifari__

Situ Lembang merupakan daerah resapan air yang kemudian dijadikan tempat penampungan air terbesar. Bahkan juga dimanfaatkan sebagai sumber air bersih bagi masyarakat dan sekitarnya.

Nggak heran kalau tempat ini harus selalu terjaga dari sampah. Belum lagi aksesnya yang dibatasi membuat Situ Lembang terjaga keasrian dan  kebersihannya.

5. Fasilitas di Situ Lembang

situ lembang bandung barat
instagram.com/rihandaulah

Sebelum aksesnya dibatasi, danau seluas 68 hektar ini cocok dijadikan tempat untuk melepas penat. Kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas seru di sini, seperti olahraga air seperti dayung sampai memancing ikan.

Untuk kamu yang sudah datang ke sini tapi dilarang masuk oleh petugas, jangan khawatir. Soalnya masih ada wisata dekat Situ Lembang yang bisa kamu kunjungi, yaitu Curug Tilu. Destinasi ini masih terbuka untuk umum dan kamu cuma perlu menitipkan kartu identitas pada petugas.

Baca juga: Ini Nih Air Terjun di Bandung yang Bikin Mata Seger

6. Cara untuk Memasuki Situ Lembang

danau situ lembang
instagram.com/roros24_

Kawasan wisata Lembang ini akan ditutup saat para pasukan Kopasus berlatih simulasi perang di danau Situ Lembang saja. Jadi kamu bisa masuk ke destinasi tersebut kalau sudah tahu jadwal latihan mereka.

Satu lagi, kamu juga perlu mendapatkan izin dari petugas yang ada di sana, yaitu Pusdikpassus Batujajar.

7. Lokasi Situ Lembang

wisata situ lembang
instagram.com/hybridcorner

Lokasi Situ Lembang ini ada di Desa Kertawangi/Parongpong, Kecamatan Cisarua-Lembang. Wisata alam ini terletak di kawasan Gunung Burangrang di Kabupaten Bandung Barat.

8. Tiket Masuk Situ Lembang

wisata situ lembang bandung
instagram.com/yatnoselam

Berdasarkan informasi yang beredar, tiket masuk untuk ke Situ Lembang ini sekitar Rp10.000,00. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB, kecuali saat ada latihan militer.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Situ Lembang di Bandung Barat? Tapi sebelum ke sana, pastikan dulu kamu sudah tahu jadwal latihan para pasukan Kopasus dan dapat izin dari petugas, ya!

0 Comment