Cantiknya Taman Bunga di Gumuk Pasir, Wisata Jogja Bak Oase di Tengah Gurun

15 May 2019, at 16:00
0
0
Cantiknya Taman Bunga di Gumuk Pasir, Wisata Jogja Bak Oase di Tengah Gurun

Gumuk Pasir Parangkusumo bisa dibilang jadi salah satu wisata Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Selain instagenik, kita juga bisa lihat fenomena alam yang unik di sini.

Bahkan di sekitar padang pasir yang terletak di sepanjang muara Sungai Opak sampai Pantai Parangtritis itu ada taman bunga, seolah jadi oase di tengah gurun.

Nah, buat kamu yang masih asing dengan Gumuk Pasir Parangkusumo atau bahkan taman bunga yang ada di sana, Qupas akan memberikan informasi singkatnya. Simak yuk!

Baca juga: Taman Bunga Celosia di Jogja Ini Bakal Bikin Kamu Malas Pulang!

1. Asal-usul Gumuk Pasir Parangkusumo

gumuk pasir parangkusumo jogja
instagram.com/sonydansetiadi

Nggak terbentuk secara tiba-tiba, gumuk pasir yang terletak di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis ini berasal dari material abu vulkanik Gunung Merapi.

Selanjutnya material tersebut terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo, dan deretan sungai di  Jogja yang menuju ke Pantai Parangtritis.

gumuk pasir parangkusumo
instagram.com/kumalala_sr

Material yang terombang-ambing oleh ombak ini kemudian terkikis sampai akhirnya menjadi butiran lebih halus dan lama-kelamaan mengendap menjadi sebuah gumuk.

Karena Gumuk Pasir adalah salah satu contoh fenomena alam yang unik, area ini bukan cuma dijadikan tempat wisata saja, lho. Ternyata wisata di Jogja ini juga dijadikan sebagai objek penelitian oleh para ilmuwan.

2. Coba sand boarding di Gumuk Pasir

ski pasir gumuk pasir
instagram.com/aditaprianto

Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri adalah salah satu wisata terkenal di Jogja. Hal ini nggak terlepas dari kegiatan yang dilakukan oleh suatu komunitas di sana, seperti sand boarding alias ski pasir.

Kamu pun bisa ikutan coba main sand boarding dengan menyewa peralatannya. Harganya sekitar Rp200.000,00 per orang dengan durasi 2 jam.

Terlepas dari kegiatan seru yang bisa dilakukan, pemandangan di padang pasir di Jogja ini juga sampai memikat orang-orang yang berkarier di industri perfilaman. Ternyata tempat ini sempat digunakan sebagai lokasi syuting salah satu film Indonesia, yaitu "Wanita Berkalung Sorban". Kamu pernah nonton?

Baca juga: Keindahan Pantai Walakiri, Wisata di Sumba Timur yang Pernah Jadi Tempat Syuting Film

3. Taman bunga di Gumuk Pasir Jogja

taman gumuk pasir
instagram.com/alexa_jogja

Satu lagi nih yang menarik dari Gumuk Pasir Jogja, yaitu adanya taman bunga yang berbentuk hati. Area ini sering disebut sebagai spot Taman Love 1000 Bunga.

Jumlah bunga yang ditanam memang nggak sampai seribu. Tapi kamu seolah bisa melihat ribuan tanaman warna warni di tengah padang pasir. Ditata sedemikian rupa, area ini juga nggak sering dijadikan latar untuk berpose.

Siapa saja yang ingin foto-foto di taman bunga Jogja ini, maka perlu menyediakan budget sekitar Rp5.000,00 saja. Murah kan?

4. Cara ke Gumuk Pasir Parangkusumo

taman bunga gumuk pasir
instagram.com/cinjuliw_

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri ada di Jalan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Bantul. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 29,7 kilometer dengan waktu tempuh selama kurang lebih 48 menit berkendara.

Untuk bisa sampai ke Gumuk Pasir, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu ke arah Kecamatan Kretek melalui Jalan Parangtritis.

taman gumuk pasir bantul
instagram.com/robiniajura

Nah, itu dia ulasan singkat soal Gumuk Pasir Parangkusumo. Gimana, tertarik untuk hunting foto di tempat yang dulu pernah jadi lokasi syuting film hits Indonesia ini?

TIps buat kamu yang memang punya rencana liburan ke sana, datangnya pas cuaca cerah ya! Hindari berkunjung ke Gumuk Pasir saat musim penghujan, soalnya keindahannya bakal berkurang.

0 Comment