Cara Eksfoliasi Wajah yang Tepat Supaya Tak Merusak Kulit

31 January 2019, at 09:00
1
0
Cara Eksfoliasi Wajah yang Tepat Supaya Tak Merusak Kulit

Sel kulit mati yang menumpuk bisa membuat kulit terlihat kusam. Maka dari itu, salah satu perawatan yang tepat dilakukan agar wajah kembali halus dan glowing adalah dengan eksfoliasi.

Meski ritual ini punya banyak manfaat, tapi kamu perlu berhati-hati dalam melakukan eksfoliasi wajah. Sebab, berbagai kesalahan sepele justru bisa berisiko merusak kulit.

Nah supaya lebih aman, yuk simak dulu cara eksfoliasi wajah yang tepat supaya tak merusak kulit berikut ini.

1. Pilih eksfoliator yang sesuai dengan tipe kulit

memilih produk eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulit
vox-cdn.com

Ritual pengangkatan sel kulit mati bisa dilakukan dengan menggunakan produk peeling ataupun membuat scrub dari bahan alami. Tapi pastikan kandungan eksfoliator yang kamu pilih sesuai dengan tipe kulit.

Sebagai tips, bila kamu pemilik kulit kering dan sensitif, baiknya pilih produk eksfoliator dengan kandungan asam salisilat atau asam glikolat yang rendah.

Baca juga: Kulit Wajahmu Kusam? Atasi dengan Produk Peeling Gel Ini!

Sedangkan untuk kulit berminyak, bisa memilih produk eksfoliator dengan kadar asam salisilat yang lebih tinggi. Namun jangan lebih dari dua persen.

Profesor kesehatan kulit dari Tulane University of Medicine, dr. Marry P. Luppo mengatakan bahwa seseorang dengan kondisi kulit khusus seperti berjerawat baiknya lebih berhati-hati dan melakukan konsultasi ke dokter. Ini untuk menghindari berbagai efek tak diinginkan yang bisa mengikuti setelahnya.

2. Pilih eksfoliator dengan scrub berbahan lembut

memilih eksfoliator yang berbahan lembut
vox-cdn.com

Selain memilih yang sesuai dengan kondisi kulit, usahakan untuk memilih eksfoliator dengan scrub berbahan lembut.

Sebab, banyak yang masih mengira scrub dengan bahan kasar akan lebih efektif untuk mengangkat sel kulit mati. Padahal, eksfoliator tipe ini hanya akan membuat kulit wajah terlukan dan berisiko menyebabkan iritasi.

3. Bersihkan wajah terlebih dahulu

mencuci muka sebelum eksfoliasi wajah
lexingtonlaserspa.com

Sebelum melakukan eksfoliasi wajib hukumnya untuk membersihkan muka terlebih dahulu. Ini untuk mempersiapkan wajah supaya bebas dari kotoran dan bisa menyerap kandungan dari bahan yang digunakan secara lebih mendalam.

Pastikan juga untuk membasuh wajah menggunakan air hangat dan mengeringkannya dengan handuk berbahan lembut.

4. Lakukan eksfoliasi dengan benar

eksfoliasi wajah yang benar
amazonswatchmagazine.com

Setelah wajah dibersihkan, ritual eksfoliasi bisa langsung dimulai. Oleskan produk peeling atau scrub ke wajah dengan diiringi gerakan melingkar.

Lakukan hal ini selama beberapa menit dan secara merata ke seluruh wajah. Kemudian bilas memakai air hangat dan keringkan muka menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk lembut saja.

Baca juga: Selain Eksfoliasi Wajah, Kamu Bisa Cerahkan Kulit dengan Cara Ini!

5. Gunakan pelembab

memakai pelembab wajah
amazonswatchmagazine.com

Setelah proses pengangkatan sel kulit mati selesai, jangan terburu-buru untuk pergi. Masih ada beberapa hal penting yang harus kamu lakukan untuk menuntaskan ritual eskfoliasi.

Salah satunya adalah menutrisi kulit dengan menggunakan produk pelembab wajah favoritmu. Sebab, beberapa eksfoliator terkadang bisa membuat kulit terasa kering.

6. Gunakan sunscreen

menggunakan sunscreen
neimanmarcus.com

Sebenarnya, eksfoliasi wajah disarankan untuk dilakukan di malam hari. Sebab, ritual ini akan membuat lapisan kulit terluar terkelupas dan jadi lebih sensitif terhadap matahari.

Nah, apabila kamu melakukannya di siang hari, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen setelah pelembab wajah. Hal ini penting untuk mengatasi kemerahan dan mencegah sunburn.

Dan sebagai tips, pilihlah produk sunscreen terbaik yang sesuai dengan kulitmu dan minimal memiliki SPF 30.

7. Amati kondisi kulit wajah

mengamati kondisi wajah
essenceofl.com

Untuk memastikan apakah proses eksfoliasi yang kamu lakukan berjalan dengan aman, baiknya lakukan pengamatan terhadap kondisi kulit sebelum dan sesudah ritual.

Bila timbul reaksi yang tak wajar pada wajah, baiknya kurangi frekuensi eksfoliasi. Atau supaya lebih aman lagi, konsultasikan ke dokter kulit mengenai produk eksfoliator yang tepat untukmu.

8. Jangan lakukan eksfoliasi setiap hari

eksfoliasi wajah
akamaized.net

Banyak tak selalu berarti baik, seperti halnya eksfoliasi wajah. Ritual perawatan ini idealnya hanya boleh dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Melakukan eksfoliasi wajah setiap hari hanya akan membuat kulit wajah semakin tipis dan rentan terhadap iritasi.

Nah, itu tadi adalah cara melakukan eksfoliasi wajah yang benar supaya tak merusak kulit. Gimana, siap mencobanya sendiri?

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Play Store atau Apple App Store, sekarang juga!

0 Comment