Cara Gendong Bayi Revalina S. Temat Dianggap Salah, Begini Lho yang Benar

02 February 2019, pada 09:00
2
1
Cara Gendong Bayi Revalina S. Temat Dianggap Salah, Begini Lho yang Benar

Beberapa waktu lalu, akun instagram artis cantik Revalina S. Teman ramai dengan komentar warganet. Sayangnya, bukan hal-hal baik yang dilontarkan melainkan kritikan terhadap cara gendong bayi yang dilakukan oleh selebriti tersebut.

Pasalnya, ia menggondong bayi dengan posisi kepala seperti masuk ke dalam kain. Banyak orang yang khawatir bayinya akan kesulitan bernapas. Netizen juga takut jika badan si buah hati terlalu menekuk ke dalam.

Bayi yang digendong dengan posisi tidak tetap memang bisa membahayakan kesehatannya. Lalu, bagaimana cara menggendong bayi yang benar?

1. Bahaya Cara Menggendong Bayi yang Salah

bahaya cara menggendong bayi yang salah
celebritybabyscoop.com

Posisi menggendong bayi harus diperhatikan dan tidak bisa sembarangan. Terutama kondisi sendi antara pinggul dan tulang paha bayi.

Apabila tidak tepat, hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan pada bayi yang disebut dengan hip dysplasia.

cara menggendong bayi yang salah
shutterstock.com

Masalah kesehatan ini berkaitan dengan ketidaknormalan bentuk persendian antara pinggul dengan ujung tulang paha si buah hati. Bagian ujung tulang paha akan bergeser dan akhirnya tidak pas dengan tulang pinggul.

Lebih parahnya lagi, kondisi ini sering kali tidak menyebabkan nyeri pada bayi sehingga rawan tidak diketahui. Karena tulang anak masih lunak, maka lebih berisiko terkena dislokasi.

Baca Juga: Ini Lho Bahayanya Memasangkan Perhiasan pada Anak

2. Usia 0-3 Bulan

cara menggendong bayi usia 0-3 bulan
go-dok.com

Biasanya, orang tua baru akan takut menggendong si buah hati yang baru lahir. Ini merupakan hal yang wajar karena kamu masih perlu belajar.

Cara menggendong bayi usia 0-3 bulan yang benar yaitu dengan mendekat ke bayi, lalu bungkukkan badan. Setelah itu selipkan satu tangan ke bagian leher untuk menyangganya.

Letakkan tangan di bagian belakang tubuh bayi untuk menopang punggung dan bokongnya.

cara menggendong bayi yang benar usia 0-3 bulan
perawatanbayi.com

Pastikan bahwa punggung, leher, dan kepala bagi diletakkan pada lipatan siku. Sehingga bagian belakang tubuh ditopang oleh tepak tangan. Lakukan hal ini secara perlahan agar bayi merasa nyaman.

Apabila menggunakan kain gendongan bayi, pastikan tubuhnya tersangga dengan baik. Periksa ulang apakah ia merasa nyaman atau tidak dengan posisinya.

3. Usia 3-6 Bulan

cara menggendong bayi usia 3-6 bulan
mommyasia.id

Cara menggendong bayi yang benar pada usia ini lebih mudah. Buah hati senang digendong dengan posisi duduk menghadap ke depan.

Hal ini karena ia sudah tidak betah lagi dibaringkan. Selain itu, ia juga sudah mampu duduk di pangkuan.

cara menggendong bayi yang benar usia 3-6 bulan
hellosehat.com

Apalagi pada usia 4, bayi sudah bisa digendong menghadap ke mana pun. Ketika memasuki 5 bulan, lebih baik menggunakan kain gendongan karena tubuhnya sudah semakin berat.

Cara menggendong bayi pada kondisi tersebut yaitu dengan mendudukkannya di pinggang atau di depan perut. Posisikan buah hati berhadapan denganmu dengan ditopang satu lengan.

Baca Juga: Hati-Hati, Ada Risiko di Balik Hangatnya Minyak Kayu Putih pada Anak

4. Usia 6 Bulan ke Atas

menggendong bayi usia 6 bulan ke atas
motherandbaby.co.id

Cara menggendong bayi yang benar pada usia di atas 6 bulan sudah tidak terlalu banyak aturan. Mengingat ototnya yang sudah kuat, sehingga banyak posisi menggendong yang bisa dilakukan.

Orang tua bisa menggendongnya dengan cara didudukkan di depan dada. Satu tangan melingkar di perut dan tangan lainnya menopang bokong.

cara menggendong bayi yang benar usia di atas 6 bulan
pexels.com/@olly

Mengendong bayi di punggung dengan alat gendong juga tidak masalah. Atau mendudukannya dengan posisi setengah berhadapan dimana satu tangan menopang bokong sedangkan tangan lainnya menopang pinggang juga bisa dilakukan.

5. Memilih Gendongan Bayi

gendong bayi memilih gedongan bayi
babystraatje.nl

Selain soal cara, pemilihan gendongan bayi juga berpengaruh pada kenyamanannya. Usahakan untuk menggunakan kain yang lebar sehingga kuat menahan beban si buah hati.

Selain nyaman untuknya, alat tersebut juga harus nyaman bagi orang tua.

memilih bahan yang nyaman untuk menggendong bayi
orami.co.id

Memilih kain yang halus namun kokoh perlu dipertimbangkan demi kenyamanan dan keamanan bayi. Lebih lanjut, carilah bahan yang mudah digunakan dan dibersihkan agar tidak membuatmu kesulitan.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menggendong bayi yang benar? Perhatikan baik-baik dan jangan sampai salah, ya!

Untuk info kesehatan lainnya, kamu bisa unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store secara gratis!

1 Komentar
Andhika Maheva Wicaksono
07/02 - 02:18
Wih pengetahuan banget ?