Cara Hilangkan Kerutan dengan Bahan Alami, Jadi Awet Muda

21 December 2018, pada 02:00
2
0
Cara Hilangkan Kerutan dengan Bahan Alami, Jadi Awet Muda

Kerutan dan garis halus adalah salah satu tanda penuaan yang pasti dialami semua orang. Tapi hal ini akan menjadi masalah serius bila sudah muncul di usia 20-an.

Ya, berdasarkan riset dari salah satu brand kecantikan, tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus ternyata sudah bisa muncul sejak usia 20-an. Apakah kamu mengalaminya?

Nah, sebelum membeli produk anti aging, sebaiknya coba hilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami terlebih dahulu. Selain aman, bahannya juga murah dan mudah untuk ditemukan. Seperti berikut ini.

1. Teh Hijau

teh hijau
dietsouq.ae

Teh hijau dikenal sebagai tanaman dengan segudang manfaat bagi kesehatan juga kecantikan. Selain untuk mengusir jerawat dan kantung mata, kamu pun bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan kerutan di wajah.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Medical College of Georgia, mengonsumsi teh hijau ternyata bisa mengeluarkan racun, menyamarkan noda, dan meningkatkan elastisitas kulit supaya terhindar dari kerutan.

Selain itu, kandungan polifenol pada teh hijau bisa menetralisir radikal bebas penyebab kerusakan di kulit. Sehingga dengan mengonsumsinya secara rutin tanpa tambahan gula, wajah akan lebih bersih, segar, dan terhindar dari masalah penuaan.

2. Minyak Zaitun

minyak zaitun
mdvip.com

Minyak zaitun juga termasuk bahan alami yang besar manfaatnya untuk menjaga kecantikan wajah. Sebagai sumber antioksidan seperti vitamin A dan E, minyak zaitun ampuh untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada struktur kulit.

Cara memanfaatkan bahan alami ini adalah dengan mengoleskannya ke kulit yang bermasalah disertai pijatan lembut selama beberapa menit. Setelah itu diamkan supaya minyak meresap sempurna dan bekerja untuk melembabkan, memperbaiki, dan meregenerasi kulit.

3. Jahe

minuman jahe
cloudfront.net

Suka minum jahe untuk menghangatkan badan? Kamu patut berbahagia, karena rempah-rempah ini tinggi akan kandungan zat antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan.

Lebih dari itu, jahe juga bisa mencegah rusaknya elastin, salah satu penyebab munculnya kerutan dan garis halus pada wajah. Kamu bisa minum jahe secara rutin dan menambahkannya dengan madu bila mau.

4. Pisang

pisang
uniban.com

Selain berkhasiat untuk membuat rambut jadi lebih lembut, kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam buah pisang juga ampuh untuk melawan kerutan.

Caranya pun cukup mudah, haluskan dua buah pisang hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah hingga merata dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Baca juga: Sekian Bahan Alami untuk Memutihkan Warna Kulit yang Belang

5. Wortel

wortel
care2.com

Sudah jadi pengetahuan umum kalau wortel kaya akan vitamin A. Kandungannya ini ternyata juga bagus untuk merangsang produksi kolagen agar tekstur kulit tidak cepat kendur.

Untuk menghilangkan kerutan, haluskan buah wortel dengan blender dan tambahkan madu ke dalamnya. Gunakan campuran ini sebagai masker wajah setiap pagi dan malam.

6. Lemon

lemon
jonbarron.org

Pernah membuat infused water menggunakan lemon? Bila pernah, mungkin setelah ini kamu juga harus coba memanfaatkan buah ini untuk mengusir kerutan dengan cara mengoleskannya langsung ke wajah.

Sebab, air lemon ternyata kaya akan astringent yang ampuh memudarkan noda, garis halus, kerutan, dan berbagai tanda penuaan lainnya lho.

7. Nanas

nanas
independent.co.uk

Buah yang memiliki 'mahkota' ini terkadang kurang disukai karena bisa meninggalkan sensasi gatal di lidah. Tapi bukan berarti kamu harus menghindarinya, karena nanas sangat baik untuk mengusir keriput.

Nanas punya kandungan antioksidan, serat, vitamin, dan enzim yang akan melembabkan, mengangkat sel kulit mati, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Cara memanfaatkannya, gosokkan buah nanas yang telah dikupas bersih ke wajah. Biarkan selama kurang lebih 20 menit hinga kering dan bilas dengan air.

8. Lidah Buaya

lidah buaya
organicfacts.net

Tanaman ini sering dijadikan bahan baku produk kecantikan karena menyimpan sejuta manfaat. Termasuk dalam mengatasi berbagai masalah penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus.

Khasiat lidah buaya tersebut didapatkan dari kandungan asam malat, antioksidan, termasuk beta karoten, vitamin C dan E yang akan meningkatkan elastisitas kulit. Kalau mau kerutan di wajah hilang, cukup oleskan gel-nya ke kulit yang bermasalah.

Tunggu selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Nah itulah cara menghilangkan kerutan di wajah dengan memanfaatkan bahan alami. Trik yang satu ini tentunya patut dicoba terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk perawatan.

0 Komentar