Qupas Beauty

Cara Layering Bahan Aktif Skincare Biar Nggak Bikin Wajah Iritasi

22 July 2020, at 06:00
Cara Layering Bahan Aktif Skincare Biar Nggak Bikin Wajah Iritasi

Baik pagi atau malam, kamu pasti memakai beberapa lapis skincare di wajah. Berbagai macam produk perawatan seperti toner, serum, hingga pelembap tentunya harus diaplikasikan sesuai urutan yang tepat supaya sukses bikin kulit sehat dan glowing.

Selain urutannya, kamu juga wajib memerhatikan masing-masing kandungan skincare yang mau diaplikasikan. Sebab, ada beberapa bahan aktif yang nggak bisa dipakai secara bersamaan lho.

Bahan aktif seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid) misalnya, kalau ditumpuk dengan kandungan skincare tertentu, terkadang bisa memicu iritasi dan bikin kulit sensitif.

Untuk itu, simak cara layering bahan aktif skincare berikut ini yuk. Biar nggak salah dan malah bikin wajahmu iritasi.

1. AHA dan BHA

Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan (Foto: instagram.com/somebymi)
instagram.com/somebymi

Menggabungkan pemakaian AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) termasuk pilihan yang aman. Bahkan sangat direkomendasikan bagi pemilik kulit berjerawat.

AHA seperti glycolic acid bisa membantu mengeksfoliasi kulit dan mengurangi tampilan wajah kusam. Sedangkan BHA seperti salicylic acid efektif dalam mengurangi produksi sebum.

Bahkan banyak juga produk yang komposisinya terdiri dari gabungan AHA dan BHA. Tapi kamu wajib hati-hati, karena kombinasi keduanya terkadang terasa cukup 'keras' bagi sebagian kulit, khususnya kulit sensitif.

2. Hyaluronic Acid dan AHA/BHA

Cara Layering Skincare (Foto: facebook.com/BathandBodyWorksOfKenya)
facebook.com/BathandBodyWorksOfKenya

Hyaluronic acid dikenal sebagai bahan yang mampu menghidrasi kulit. Menggabungkannya dengan AHA/BHA juga bisa jadi pilihan tepat.

Sebab, meskipun nama hyaluronic acid punya embel-embel 'acid', bahan ini bukan eksfoliator. Malahan, kehadirannya sangat dibutuhkan setelah pemakaian AHA/BHA supaya wajah senantiasa lembap dan terhindar dari risiko iritasi.

3. Retinol dan Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid Boleh Dicampur dengan Retinol (Foto: instagram.com/glowrecipe)
instagram.com/glowrecipe

Retinol termasuk salah satu bahan aktif yang paling ampuh menghilangkan hiperpigmentasi dan tanda-tanda penuaan. Meski khasiatnya luar biasa, tapi efek sampingnya juga banyak.

Pada kulit kering dan sensitif, retinol bisa membuat kulit semakin kering bahkan mengelupas. Maka dari itu, pemakaian retinol sangat disarankan untuk selalu diikuti produk yang super melembapkan seperti hyaluronic acid.

Baca juga: Mengenal Retinol, Bahan Skincare Anti Aging yang Sekarang Bisa Diminum

4. Hydroxy Acid dan Retinol

AHA BHA Tidak Boleh Dicampur dengan Retinol (Foto: sokoglam.com)
sokoglam.com

Hydroxy acid (AHA/BHA) dan retinol adalah bahan aktif yang sama-sama powerful. Jadi jangan pernah menggabungkan pemakaian keduanya ya, karena bisa menimbulkan iritasi yang cukup serius.

Selain itu, jangan pernah layering retinol dengan vitamin C. Meski begitu, kamu masih bisa menggunakan ketiganya kok, asal dengan bijak.

Misalnya aplikasikan vitamin C di pagi hari dan retinol untuk malam hari. Bisa juga memakai retinol tiga kali seminggu dan hydroxy acid dua kali seminggu di waktu berbeda.

5. Benzoyl Peroxide dan Salicylic Acid

Salicylic Acid Tidak Boleh Dicampur dengan Benzoyl Peroxide (Foto: beautybay.com)
beautybay.com

Benzoyl peroxide dan salicylic acid merupakan dua bahan yang sama-sama ampuh melawan jerawat. Eits, tapi jangan sampai kamu memakainya secara bersamaan ya.

Kalau dipakai berbarengan, benzoyl peroxide dan salicylic acid bisa bikin kulit super kering dan iritasi. Selain itu, menggabungkan kedua bahan ini dengan retinol juga bukan pilihan bijak, karena bisa menimbulkan reaksi yang sama.

6. Niacinamide dan Vitamin C

Niacinamide Bagus Digabung dengan Vitamin C (Foto: lifestyleasia.com)
lifestyleasia.com

Ada mitos yang mengatakan kalau layering niacinamide dengan vitamin C nggak diperkenankan. Padahal, keduanya bisa dipakai bersamaan lho.

Meskipun keduanya sama-sama mempunyai efek whitening, reaksi kimia yang terbentuk berlangsung lambat dan nggak menimbulkan dampak buruk untuk kulit.

Itulah beberapa aturan layering skincare yang harus kamu perhatikan. Jangan sembarangan memakai dua bahan aktif secara bersamaan ya!