Cara Membuat Lulur Pemutih Badan dari Bahan Alami, Terbukti Berhasil

11 March 2019, at 03:06
0
0
Cara Membuat Lulur Pemutih Badan dari Bahan Alami, Terbukti Berhasil

Siapa sih yang tak menginginkan seluruh tubuhnya putih bersih secara merata? Untuk mendapatkannya, tak sedikit wanita yang rela merogoh kocek agak dalam hanya untuk mengunjungi rumah kecantikan.

Padahal lulur tradisional yang bisa diracik sendiri juga tak kalah ampuh untuk memutihkan badan secara alami lho. Bahan-bahannya pun mudah ditemui di rumah.

Sebelum pergi ke salon kecantikan, yuk simak dulu cara membuat lulur alami untuk memutihkan kulit tubuh berikut ini!

1. Kunyit

cara memutihkan kulit dengan kunyit
medicalnewstoday.com

Meski berwarna kuning, kunyit adalah rempah yang dikenal bisa mencerahkan kulit. Bahkan lulur tradisional dari bahan ini selalu jadi andalan keluarga keraton untuk menjaga kecantikan mereka.

Ini karena kandungan kurkumin merupakan zat antioksidan yang efektif untuk mengurangi produksi melanin dan mencegah perubahan warna kulit menjadi gelap.

Cara membuat lulur alami dari kunyit adalah dengan dihaluskan dan langsung membalurkannya ke area tubuh yang diinginkan. Diamkan sampai setengah kering lalu gosokkan secara perlahan.

Kamu bisa lakukan ritual ini 2-3 kali dalam seminggu untuk dapatkan kulit putih bersih dan bersinar.

2. Beras

cara memutihkan kulit dengan beras
foodrevolution.org

Beras memiliki kandungan vitamin B1 yang baik untuk mencerahkan kulit. Itulah mengapa, bahan pangan ini juga sering digunakan untuk meracik produk kecantikan.

Selain memutihkan, beras sangat bagus untuk mengusir kulit yang kering dan kusam. Cara membuat lulur beras pun sangat mudah.

Yakni buatlah pasta menggunakan beras yang telah ditumbuk. Kemudian aplikasikan ke seluruh tubuh dan iringi dengan gerakan pijatan lembut.

3. Kopi

kopi untuk luluir pemutih kulit
theinfusionista.com

Selanjutnya, ada cara memutihkan kulit tubuh secara alami dengan bantuan bubuk kopi. Selain nikmat untuk diminum, bahan ini bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati secara lembut.

Cara membuatnya, campurkan bubuk kopi dengan sedikit air hingga teksturnya seperti lulur. Setelah itu, langsung oleskan ke sekujur tubuh. Kamu bisa ulangi ritual ini seminggu sekali saja.

4. Kayu Manis

kayu manis untuk memutihkan kulit
stylecraze.com

Bahan dapur yang satu ini ternyata juga punya sederet manfaat ajaib bagi kecantikan. Bahkan di India, kayu manis telah digunakan sejak lama untuk membuat kulit jadi kinclong.

Kayu manis mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk secara lembut dan minim risiko iritasi. Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Kombinasikan kayu manis dengan salah satu jenis minyak esensial, bisa almond oil, olive oil, dan sebagainya. Setelah itu oleskan ke tubuh sembari diiringi pijatan secara perlahan.

Ritual ini akan menghilangkan kulit kusam dan membuat tubuhmu halus cerah. Dijamin kinclong!

Baca juga: Bukan Sekedar Bumbu Dapur, Kayu Manis Ternyata Banyak Manfaat untuk Wajah Lebih Kinclong

5. Bengkoang

bengkoang untuk lulur pemutih kulit
titipku.com

Khasiat bengkoang untuk memutihkan kulit secara alami sudah terkenal sejak dulu. Hal ini karena vitamin C dan B1 yang dikandungnya cukup tinggi.

Untuk memutihkan kulit secara merata, kamu bisa membuat lulur dengan cara menghaluskan bengkuang dengan blender. Beri tambahan minyak zaitun bila mau.

Setelah itu, lulur siap dioleskan ke seluruh tubuh dan tunggu hingga mengering.

6. Susu dan Jeruk Nipis

susu dan jeruk nipis untuk lulur pemutih kulit
amazonaws.com

Susu dan jeruk nipis adalah kolaborasi yang luar biasa bagus untuk memutihkan kulit. Bahkan perpaduannya juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan kulit yang belang.

Cara membuatnya pun sangat mudah, campurkan susu murni dengan kulit jeruk nipis yang telah diparut ataupun air perasannya. Setelah itu oleskan secara merata ke seluruh tubuh.

7. Gula dan Madu

gula dan madu untuk lulur pemutih kulit
handmadeproducts.co.in

Selain perpaduan susu murni dan jeruk nipis, kamu juga patut mencoba kombinasi gula dan madu. Dua bahan dapur ini juga dikenal menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk kulit.

Seperti contohnya gula yang akan berperan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati secara maksimal. Hasilnya, kulit yang kusam dijamin tak akan pernah terlihat lagi.

Cara memutihkan badan secara alami yang satu ini bisa kamu mulai dengan mencampur 3 sdm gula putih dan 5 sdm madu. Aduk hingga merata lalu balurkan ke seluruh tubuh.

8. Kulit Jeruk

kulit jeruk untuk cara memutihkan kulit
stylecraze.com

Pasti kamu pernah mendengar, kalau jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C. Lebih dari itu, kulitnya juga mengandung vitamin A, C, dan bahan lainnya yang sangat bagus untuk merawat kulit.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk juga sebagai lulur pemutih badan. Caranya, parut bagian luarnya lalu campurkan dengan oatmeal dan jenis minyak esensial seperti almond oil.

Aduk hingga menyatu sempurna lalu lulur siap diaplikasikan ke seluruh tubuh.

Nah, itulah 8 cara membuat lulur alami dari bahan-bahan yang sangat mudah di temukan di dapur. Gimana, siap mencobanya sendiri di rumah?

0 Comment