Qupas Family

Cara Mengajarkan Nilai Persahabatan pada Anak, Tanamkan Sejak Dini Ya Bunda!

30 December 2019, at 06:00
Cara Mengajarkan Nilai Persahabatan pada Anak, Tanamkan Sejak Dini Ya Bunda!

Menjadi orang tua merupakan sebuah tanggung jawab besar. Bukan hanya bertugas untuk membesarkannya saja, namun orang tua berperan besar dalam hal pembentukan karakter buah hati.

Ada banyak hal yang perlu ditanamkan kepada buah hati sejak dini, salah satunya adalah nilai persahabatan. Meskipun demikian, orang tua seringkali mengalami kesulitan dalam proses pengajaran nilai-nilai tersebut.

Akan tetapi, kamu nggak perlu khawatir. Dilansir dari laman Wikihow, berikut ini beberapa hal yang bisa orang tua lakukan untuk mengajarkan nilai persahabatan kepada si kecil. Yuk diterapkan!

1. Jadilah Sahabat Anak

ibu dan anak
pinterest.com

Sebagai orang tua, kamu pasti tahu bahwa anak-anak merupakan peniru ulung. Apapun yang dilihat dan didengar dari lingkungan sekitar akan memengaruhi sifat si kecil.

Maka dari itu, memberikan contoh dan menjadi sahabat yang baik bagi anak adalah salah satu cara yang tepat untuk menanamkan nilai persahabatan.

2. Biarkan Anak Bersosialisasi

nilai persahabatan
aptparenting.com

Selain memberikan contoh dengan menjadi sahabat yang baik bagi buah hati, orang tua juga perlu memberikan kesempatan si kecil untuk bersosialisasi dan membantunya apabila mengalami kesulitan.

Biarkan buah hati berinteraksi dengan teman-teman sebaya, ajak si kecil untuk mengenal anak-anak lain di lingungan rumah, dan ajarkan bagaimana cara yang tepat untuk menyapa dan memperlakukan mereka.

3. Ajarkan Cara Mengatur Emosi dan Berempati

nilai persahabatan
pbs.org

Mengajarkan anak cara mengatur emosi dan berempati juga merupakan salah satu proses yang perlu dilakukan untuk menanamkan nilai persahabatan pada buah hati.

Saat menjalin persahabatan dengan anak lain, buah hati pasti akan mengalami konflik-konflik seperti perbedaan pendapat dan lain sebagainya. Maka dari itu, penting sekali untuk mengajarkan anak mengatur emosi, berempati, serta cara menghadapi situasi seperti itu.

Baca Juga: Panduan Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Baik Versi Harvard University

4. Menanamkan Nilai Kejujuran

persahabatan
thepragmaticparent.com

Cara mengajarkan nilai persahabatan lainnya adalah dengan menanamkan nilai kejujuran. Hal tersebut akan membantu si kecil dalam hal menghindari serta mengatasi masalah yang terjadi dalam hubungan persahabatan.

Selain itu, kejujuran memang merupakan sifat baik yang wajib ditanamkan kepada buah hati sejak dini.

5. Tunjukkan Contoh Persahabatan Melalui Media Lain

anak menonton tv
pinterest.com

Selain itu, orang tua juga bisa memberikan contoh persahabatan melalui media lain seperti membacakan dongeng, menonton film, atau acara televisi yang disukai oleh anak.

Dalam hal ini, peranan orang tua sangat penting untuk membimbing dan mengawasi buah hati saat memilih dongeng atau tontonan yang sesuai dengan usianya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menanamkan nilai persahabatan kepada si kecil. Mudah, kan?