Qupas Family

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dengan Mudah dan Aman

03 January 2020, at 10:00
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dengan Mudah dan Aman

Memasuki musim hujan, ada banyak masalah kesehatan yang siap menyerang. Perubahan cuaca dari panas ke dingin membuat anak rentan terkena batuk dan pilek.

Meskipun merupakan penyakit umum, namun batuk dan pilek bisa menyebabkan rasa nggak nyaman lho, apalagi untuk bayi. Kondisi hidung yang tersebut ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan lainnya lho.

Maka dari itu, penumpukan cairan ingus pada si kecil seharusnya nggak dibiarkan. Berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan aman yang bisa Bunda lakukan.

1. Gunakan Saline

saline
pulmohealth.com

Saline merupakan obat semprot atau tetes hidung yang juga sering disebut sebagai nasal spray. Obat ini dapat mengurangi produksi lendir dan aman digunakan untuk bayi dan anak-anak.

Untuk penggunaannya, kamu bisa membaringkan si kecil. Kemudian, dongakkan sedikit kepala anak dan semprotkan atau teteskan obat sebanyak 2 kali pada masing-masing lubang hidung buah hati. Setelah kurang lebih 1 menit, lendir akan keluar dan bayi akan batuk atau bersin.

2. Menggunakan Bulb Syringe

bulb syringe
babycenter.com

Selain menggunakan obat saline, Bunda juga bisa menggunakan bulb syringe atau penyedot ingung yang memang dibuat khusus untuk bayi.

Pertama-tama, baringkan bayi menghadap ke atas. Tekan bagian pompa udara alat dan tahan sebelum dimasukkan ke hidung bayi. Masukkan secara lembut dan nggak perlu terlalu dalam.

Setelah itu, lepaskan perlahan-lahan pompanya hingga menyedot ingus si kecil. Bersihkan alat, kemudian ulangi untuk lubang hidung yang satunya.

3. Menepuk Punggung Bayi

kesehatan bayi
alamy.de

Bayi yang hidungnya tersumbat biasanya akan merasa nggak nyaman sehingga lebih sering rewel dan menangis. Untuk membuat si kecil lebih tenang, kamu bisa menepuk-nepuk punggung bayi secara halus dan perlahan.

Tengkurapkan buah hati kemudian tepuk-tepuk halus punggungnya. Hal tersebut akan membuatnya lebih nyaman sekaligus membantu mengatasi sumbatan pada hidungnya.

Baca Juga: Nggak Boleh Sembarangan, Ini Panduan Tidur untuk Bayi Baru Lahir yang Aman

4. Gunakan Mesin Pelembab Udara

pelembab udara
medicalnewstoday.com

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi lainnya adalah dengan menggunakan mesin pelembab udara atau yang biasanya disebut sebagai humidifier. Hal tersebut akan membuat udara di ruangan lebih hangat dan lembab sehingga lendir lebih mudah keluar dan nggak mengeras di dalam hidung.

Apabila nggak punya mesin pelembab udara, kamu bisa memanfaatkan air hangat biasanya yang ditempatkan pada sebuah wadah.

5. Bersihkan Lendir yang Mengeras

anak sakit
babyartikel.de

Biasanya, produksi ingus yang cukup banyak akan membuat lendir keluar dan menempel atau mengeras di area luar hidung. Apabila nggak rajin dibersihkan, kondisi tersebut akan membuat buah hati semakin sulit bernapas.

Oleh sebab itu, rajin membersihkan lendir yang mengaras juga merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Jangan lupa untuk menggunakan tisu atau kapas halus yang dibasahi dengan air hangat agar bayi merasa nyaman.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara aman mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Cukup mudah kan?