Qupas Beauty

Cara Mengatasi Jerawat Berdasarkan Jenisnya, Cystic Acne Hingga Whiteheads Pasti Hilang!

09 May 2020, at 07:00
Cara Mengatasi Jerawat Berdasarkan Jenisnya, Cystic Acne Hingga Whiteheads Pasti Hilang!

Tahu nggak sih, apa yang membuat cara menghilangkan jerawat dan bekasnya semakin susah? Ini karena jenis jerawat ternyata ada banyak dan masing-masing harus ditangani dengan bahan yang tepat.

Belum lagi, tingkat sensitifitas kulit wajah tiap orang juga berbeda lho. Itulah mengapa, terkadang skincare anti acne bisa cocok untuk temanmu tapi belum tentu bersahabat dengan jerawatmu.

Nah, biar wajahmu kembali mulus, simak dulu yuk cara menghilangkan jerawat berdasarkan jenisnya berikut ini!

1. Cara Menghilangkan Cystic Acne

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi (Foto: verywellhealth.com)
verywellhealth.com

Menyembuhkan Cystic Acne membutuhkan waktu yang sangat lama. Penyebabnya, jerawat ini mengakar jauh hingga ke dalam jaringan kulit.

Maka nggak heran kalau banyak yang menyarankan untuk langsung pergi ke dokter kulit demi mendapatkan penanganan yang tepat. Tapi, ada juga beberapa produk perawatan yang cukup membantu meringankan Cystic Acne.

Seperti contohnya skincare dengan kandungan benzoyl peroxide dan 1% hydrocortisone. 

2. Cara Menghilangkan Jerawat yang Meradang (Papules)

Cara Mencegah Jerawat (Foto: stylecraze.com)
stylecraze.com

Papules adalah jerawat yang bisa dikenali dari cirinya yang terasa sakit dan meradang. Biasanya terbentuk ketika bakteri, minyak, dan sel-sel kulit mati terjebak di dalam pori-pori.

Cara menghilangkan jerawat papules dengan cepat bisa kamu lakukan dengan skincare anti acne yang mengandung benzoyl peroxide, bahan-bahan anti bakteri dan anti-inflamasi.

3. Cara Menghilangkan Pustules

Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam (Foto: verywellhealth.com)
verywellhealth.com

Pustules terkadang bisa terlihat seperti whiteheads, tapi meradang. Karena pada dasarnya jerawat yang satu ini karakteristiknya hampir mirip dengan papules.

Meski terkadang sangat menggoda untuk dipencet, tapi cara menghilangkan jerawat pustules dalam semalam bisa kamu lakukan dengan bantuan skincare berbagan benzoyl peroxide, salicylic acid, sulfur, atau zinc.

Jadi jangan dipencet ya, karena bakteri yang ada di jerawatmu malah akan bertambah banyak dan kondisinya semakin buruk.

Baca juga: Selain Bopeng, Yuk Kenali 6 Tipe Bekas Jerawat dan Cara Menghilangkannya

4. Cara Menghilangkan Whiteheads

Cara Menghilangkan Jerawat Pria (Foto: flo.health)
flo.health

Meski ukurannya nggak sebesar cystic acne, papules, ataupun pustules, tapi whiteheads tetap mengganggu penampilan. Kabar baiknya, cara menghilangkan komedo putih ini sebenarnya nggak susah lho.

Kamu bisa menghilangkan whiteheads dengan skincare yang mengandung salicylic adic dan BHA. Tapi harus bersabar ya.

Karena salicylic acid biasanya akan membutuhkan waktu 4-6 minggu sampai hasilnya benar-benar terlihat nyata.

5. Cara Menghilangkan Blackheads

Cara Menghilangkan Komedo (Foto: meredithcorp.io)
meredithcorp.io

Udah tahu belum perbedaan whiteheads dan blackheads? Proses pembentukan keduanya memang cukup mirip, tapi komedo hitam tercipta akibat terpapar udara alias terjadi proses oksidasi.

Untuk menghilangkan blackheads, kuncinya harus rajin-rajin melakukan chemical exfoliation. Ini bisa kamu lakukan dengan bantuan exfoliator yang mengandung BHA.

6. Cara Menghilangkan di Kulit Sensitif

Cara Menghilangkan Jerawat Batu (Foto: epiphanydermatology.com)
epiphanydermatology.com

Kalau kamu pemilik kulit sensitif dan belum juga menemukan skincare anti acne yang cocok, ini hal yang wajar. Sebab, sebagian besar bahan-bahan penghilang jerawat memang nggak bersahabat dengan kulit sensitif.

Tapi jangan khawatir, ada bahan yang cukup lembut dan bisa kamu pakai untuk mengatasi jerawat di kulit sensitif kok. Misalnya seperti lactic acid dan tea tree oil.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jerawat berdasarkan jenisnya. Jadi, jangan sembarangan membeli skincare anti acne ya, teliti juga bahan-bahan di dalamnya.