Qupas Beauty

Cara Mengatasi Maskne, Jerawat yang Timbul Karena Terlalu Lama Memakai Masker

03 August 2020, at 06:00
Cara Mengatasi Maskne, Jerawat yang Timbul Karena Terlalu Lama Memakai Masker

Penyebaran virus corona yang semakin masif membuat semua orang terpaksa harus bersahabat dengan masker. Sayangnya, menutup sebagian wajah seharian juga memicu masalah baru bagi kulit. Salah satunya timbul jerawat atau yang kemudian disebut 'maskne'.

'Maskne' atau jerawat yang timbul karena pemakaian masker biasanya muncul di bagian pipi, hidung, serta dagu. Kalau kamu juga mengalami masalah ini, Qupas akan berikan tips untuk mengatasinya.

Dikutip dari theklog.co, berikut ini 4 cara menghilangkan jerawat di pipi dan dagu karena maskne berdasarkan jenis kulitmu.

1. Kulit Berminyak

Cara Menghilangkan Jerawat di Kulit Berminyak (Foto: shopify.com)
shopify.com

Memaksimalkan pemakaian produk masker bisa jadi cara ampuh untuk menghilangkan sekaligus mencegah maskne di kulit berminyak. Terutama di kulit yang tertutup seperti pipi dan dagu.

Sebab, pipi dan dagu yang tertutup masker seharian lebih berisiko jadi sarang bakteri. Untuk itu, mengaplikasikan clay mask, kemudian face mask berbahan vitamin C, overnight hydrating masks, juga sheet mask di malam hari sangat direkomendasikan guna mencegah timbulnya 'maskne'.

Baca juga: Tips Makeup Tahan Lama di Era New Normal, Biar Nggak Nempel ke Masker

2. Kulit Normal-Kombinasi

Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kombinasi (Foto: skincareraves.com)
skincareraves.com

Untuk memerangi jerawat yang timbul karena penggunaan masker, pemilik kulit normal-kombinasi bisa memakai gentle skincare. Kamu juga hanya perlu fokus pada produk yang sifatnya mengeksfoliasi dan melembapkan.

Sebagai contoh, cukup aplikasikan dua atau tiga skincare setelah membersihkan wajah. Produk ini bisa terdiri dari exfoliating toner, dan pelembap atau serum yang tinggi kandungan hyaluronic acid-nya.

3. Kulit Kombinasi-Sensitif

Cara Menghilangkan Jerawat di Kulit Sensitif (Foto: shopify.com)
shopify.com

Kulit sensitif pasti langsung bereaksi dengan lamanya pemakaian masker penutup wajah. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah menggunakan skincare yang bersifat menenangkan.

Pilihlah skincare untuk kulit sensitif yang dominan mengandung bahan alami. Seperti teh hijau, chamomile, lidah buaya, calendula, dan sebagainya.

Bahan-bahan tersebut memiliki sifat anti-infamasi yang dikenal baik menenangkan kulit.

4. Kulit Kering

Mengatasi Jerawat di Kulit Kering (Foto: popsugar.com)
popsugar.com

Seperti tipe kulit lainnya, pemilik kulit kering juga nggak luput dari incaran 'maskne'. Kabar baiknya, penanganannya terbilang lebih mudah.

Selain mengaplikasikan skincare routine malam dan pagi seperti biasanya, cobalah berikan pijatan pada wajah saat membersihkannya dengan oil cleanser. Cara ini bisa melancarkan peredaran darah dan mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Nah, itulah cara mengatasi 'maskne' berdasarkan jenis kulitmu. Kalau kamu punya tips lainnya, bisa dibagikan di kolom komentar ya!