Cara Mengatasi Rasa Sakit Akibat Gigi Berlubang

01 December 2018, pada 00:00
1
0
Cara Mengatasi Rasa Sakit Akibat Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah salah satu konsekuensi dari malas menyikat gigi. Kondisi ini tercipta akibat tumpukan sisa makanan yang tak segera dibersihkan.

Tumpukan makanan ini akan diubah menjadi asam oleh bakteri yang mendiami mulut dan membentuk plak. Apabila hal ini dibiarkan, enamel gigi akhirnya terkikis dan membentuk gigi berlubang.

Gigi berlubang yang tak segera ditangani akan semakin membesar dan mempengaruhi saraf. Inilah yang yang membuat gigi terasa sakit saat mengonsumsi makanan tertentu.

Nah, supaya rasa sakit akibat gigi berlubang ini tak menghantuimu, sebaiknya cepat mengunjungi dokter. Biasanya tindakan yang dilakukan seperti beikut ini.

1. Penggunaan Fluoride

penggunaan fluoride
asterclinic.ae

Penanganan gigi berlubang yang dilakukan oleh dokter tergantung pada seberapa parah kondisinya. Bila masih sangat kecil atau tergolong permulaan, biasanya tindakan yang dilakukan adalah pemberian fluoride.

Fluoride yang bisa berbentuk cair, busa, jel, atau pernis ini akan membantu memulihkan enamel gigi. Untuk menutup gigi berlubang, fluoride akan digosokkan pada area yang bermasalah selama beberapa menit.

2. Menambal Gigi

ilustrasi menambal gigi berlubang
absolutedental.com

Apabila masalah gigi berlubang sudah melampaui tahap awal, biasanya akan timbul pembusukan gigi. Solusi untuk kasus ini adalah dengan menambalnya.

Disini dokter akan membuang bagian yang telah membusuk dengan cara dibor. Langkah selanjutnya, gigi akan ditambal memakai zat dari perak, emas, porselen, atau resin komposit supaya kembali tertutup sempurna.

3. Melakukan Prosedur Crown

ilustrasi melakukan prosedur crown
napidoktor.hu

Prosedur crown dilakukan untuk menggantikan seluruh mahkota gigi alami yang telah membusuk. Pada kondisi ini, kerusakan yang terjadi biasanya membuat gigi rapuh dan patah.

Bahan yang digunakan untuk membuat mahkota gigi palsu biasanya sama dengan zat untuk menambal gigi. Seperti emas, porselen, resin, dan porselen fusi logam.

4. Perawatan Saluran Akar

ilustrasi perawatan saluran akar gigi
wisdomteethswelling.net

Perawatan saluran akar dilakukan bila pembusukan sudah menyentuh bagian dalam gigi (pulpa) atau saraf yang sudah mati. Pada prosedur ini jaringan saraf atau setiap area yang telah membusuk akan dibuang.

Setelah dipastikan bersih, dokter akan merawat saluran akar dengan menambal atau memberikan mahkota baru supaya gigi kembali utuh.

Baca juga: Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

5. Mencabut Gigi

ilustrasi mencabut gigi
stillwaterdental.com

Bila berbagai penanganan di atas tak mungkin dilakukan lagi, tindakan terakhir yang dilakukan adalah mencabut gigi. Pada kondisi ini, gigi benar-benar tak bisa diselamatkan karena pembusukan sudah terlewat parah.

Bekas gigi yang dicabut tentunya akan meninggalkan ruang, supaya gigi lainnya tak bergeser, dokter biasanya akan menyarankan untuk membuat gigi implan.

Nah, itulah berbagai prosedur yang dilakukan dokter untuk mengatasi sakit gigi karena berlubang. Bila gigi sedang sakit, ahli medis biasanya tak bisa melakukan tindakan.

Untuk itu, kamu bisa meringankan rasa sakit dengan cara alami seperti berikut.

1. Menggunakan Minyak Cengkeh

minyak cengkeh
misterexportir.com

Kandungan minyak cengkeh memiliki sifat antiseptik dan anestesi. Maka dari itu, kamu bisa menggunakannya untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang.

Caranya cukup mudah, yakni tinggal menaruh kapas yang telah dicelupkan pada minyak cengkeh ke gigi yang sakit.

2. Berkumur Air Garam

ilustrasi wanita yang berkumur dengan air garam
altoastral.com.br

Cara untuk meredakan sakit gigi secara alami yang satu ini sudah dilakukan secara turun temurun. Berkumur dengan air garam dipercaya bisa mengurangi tegangan dan nyeri pada gigi yang berlubang.

3. Menggunakan Bawang Putih

bawang putih
sahabatnestle.co.id

Menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi juga termasuk cara tradisional yang telah dilakukan sejak lama. Bumbu masak ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang bisa membunuh bakteri penyebab infeksi.

Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan bawang putih hingga menjadi pasta. Setelah itu tempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang. Tahukah kamu, bila kerusakan pada gigi bisa terbentuk hanya 20 menit setelah makan?

Untuk itu, jangan malas untuk langsung menyikat gigi setelah makan ya. Sebab selain masalah gigi berlubang, jarang menyikat gigi bisa membuat susah memiliki keturunan lho.

0 Komentar