Cara Mengobati Radang Tenggorokan yang Sering Datang Saat Musim Pancaroba

28 April 2019, at 07:00
0
0
Cara Mengobati Radang Tenggorokan yang Sering Datang Saat Musim Pancaroba

Ada banyak masalah yang harus dihadapi saat musim pancaroba datang. Mulai dari penyesuaian pada suhu yang mendadak berubah, sampai mengatasi penyakit-penyakit yang mudah menyerang.

Salah satu gangguan kesehatan yang sering datang saat musim pancaroba adalah masalah tenggorokan atau yang lebih serius radang tenggorokan.

Meskipun terlihat sepele, namun sakit tenggorokan akan sangat mengganggu aktivitas. Oleh sebab itu, kamu harus tahu 8 cara meringankan masalah tersebut.

Baca Juga: Penyakit yang Sering Menyerang Saat Pergantian Musim

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

penuhi cairan tubuh
pexels.com/@daria

Salah satu cara mudah untuk meredakan radang tenggorokan adalah dengan memenuhi keburuhan cairan tubuh, yaitu dengan cara minum air putih.

Hal ini penting dilakukan agar tubuh dapat memproduksi air liur dan lendir yang cukup untuk membuat tenggorokan dalam keadaan tetap lembab.

2. Mandi Air Hangat

mandi air hangat
pexels.com/@gulinhares

Selain mengonsumsi banyak air putih, mandi dengan air hangat juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk meredakan radang tenggorokan.

Mandi dengan air hangat akan membuatmu menghirup udara yang lembab. Hal ini dapat meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan dan mengatasi hidung mampet.

3. Kumur Air Garam

kumur air garam
pexels.com/@kaboompics

Siapa sangka berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Masalah kesehatan tersebut dapat terasi karena air garam bisa membubuh bakteri.

Kamu bisa mengurangi pembengkakan dengan menjaga tenggorokan agar tetap bersih dari bakteri. Kumurlah dengan air garam setiap tiga jam atau lebih.

4. Minum Teh Lemon Madu

teh lemon madu
pexels.com/@valeriya

Teh hangat ditambah dengan lemon dan madu akan membuat tenggorokan terasa lebih nyaman. Nggak cuma itu, hal tersebut akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat terhadap virus dan bakteri penyebab masalah kesehatan tersebut.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Minum Teh Panas Bisa Sebabkan Kanker. Kok Bisa?

5. Mengonsumsi Bawang Putih

mengonsumsi bawang putih
pexels.com/@freeimages9

Siapa sih yang nggak tahu kalau bawang putih memiliki sejuta manfaat. Kandungan antioksidan tinggi yang ada di dalamnya juga bisa membantu mengobati radang tenggorokan lho.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengunyah sebutih bawang putih mentah sebagai obat anti inflamasi.

6. Kumur Air Kunyit

kumur air kunyit
well.org

Salah satu obat tradisional yang terkenal sebagai penyembuh radang tenggorokan adalah kunyit. Kumur dengan air perasannya dapat meredakan masalah kesehatan tersebut.

Hal ini karena kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron, dan zingiberen yang dapat berfungsi sebagai antioksdian dan antibakteri.

7. Kumur dengan Cuka Apel

kumur dengan cuka apel
pexels.com/@thatguycraig000

Nggak cuma bermanfaat untuk kecantikan saja, cuka apel ternyata juga memiliki khasiat pada kesehatan tubuh khususnya dalam menyembuhkan radang tenggorokan.

Meskipun baunya nggak sedap, tapi para peneliti menemukan banyak antimokroba yang dapat mengatasi infeksi pada tubuh.

8. Mengonsumsi Sup Ayam

sup ayam
pexels.com/@cook-eat-252900

Saat mengalami masalah tenggorokan, sup ayam memang merupakan salah satu makanan yang paling nikmat.

Selain enak, kandungan sodium di dalamnya berfungsi sebagai anti peradangan. Teksturnya yang memiliki banyak cairan juga mudah ditelan.

Nah, itu dia Sobat Qupas 8 cara mengobati radang tenggorokan yang sering menyerang di saat pancaroba seperti sekarang.

0 Comment