Cara Menyembuhkan Wajah yang Iritasi dan Mengelupas Akibat Over Eksfoliasi

04 October 2019, at 18:00
0
0
Cara Menyembuhkan Wajah yang Iritasi dan Mengelupas Akibat Over Eksfoliasi

Ritual eksfoliasi wajah memang bagus untuk menghilangkan kulit kusam. Tapi kalau dilakukan terlalu sering, baik physical ataupun chemical exfoliant justru bisa merusak lapisan pelindung kulit.

Akibatnya, wajahmu jadi iritasi, muncul kemerahan, dehidrasi, bahkan mengelupas, atau sering disebut dengan over eksfoliasi. Lebih parah lagi, over exfoliated skin terkadang juga terasa panas dan memicu tumbuhnya jerawat.

Nah, kalau sudah begini, kamu harus sangat hati-hati dalam merawat wajah. Biar kondisi tersebut nggak bertambah parah, 4 cara menyembuhkan kulit yang mengalami over eksfoliasi ini bisa dicoba!

1. Hentikan pemakaian produk exfoliator

memakai cleansing brush
falaporto.com.br

Kalau kamu sudah merasakan tanda-tanda kulit yang over exfoliated seperti muncul kemerahan, iritasi, terasa gatal, panas, timbul jerawat, ataupun mengelupas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan pemakaian produk exfoliator.

Exfoliator yang dimaksud termasuk chemical exfoliant seperti peeling gel, exfoliating toner, dan produk yang mengandung AHA, BHA, PHA, juga physical exfoliant seperti facial scrub dan cleansing brush.

2. Hidrasi wajah

memakai pelembab wajah
instagram.com/glowrecipe

Setelah menghentikan pemakaian produk eksoliator, perbaiki lapisan pelindung alami di wajahmu dengan cara mengembalikan kelembabannya. Skin barrier yang terhidrasi dengan baik akan kembali menguat dan mampu melindungi lapisan kulit dari berbagai faktor luar.

Perkuat kembali skin barrier-mu dengan cara menggunakan produk yang bersifat hydrating. Misalnya hydrating toner dan skincare lainnya yang mengandung kolagen, hyaluronic acid, glycerin, dan ceramide.

Baca juga: Menilik Kehebatan Ceramide, Bahan yang Sering Ditemukan dalam Skincare Kulit Kering

3. Hindari skincare yang mengandung alkohol

memakai toner wajah
instagram.com/innisfreeofficial

Over exfoliated skin tentunya sangat sensitif dan rentan. Untuk itu, kamu harus memakai produk skincare yang bebas dari parfum dan alkohol.

Selain itu, kamu bisa merawat kulit yang mengalami over eksfoliasi dengan skincare khusus kulit sensitif. Karena produk-produk tersebut biasanya lebih lembut, aman, ringan, dan minim risiko iritasi.

4. Selalu pakai sunscreen

memakai sunscreen
instagram.com/innisfreeofficial

Sudah tahu kan kalau kulit yang over exfoliated itu sangat sensitif? Nah, supaya nggak bertambah parah pastikan untuk selalu memakai sunscreen secara merata dan aplikasikan minimal 20 menit sebelum kamu keluar rumah.

Dan jangan lupa, pilih sunscreen terbaik yang sesuai dengan kulitmu. Karena ini bisa melindungi wajah dari paparan sinar UV yang berisiko membuat iritasi kulit semakin parah.

Nah, itulah langkah-langkah untuk meghilangkan iritasi kulit akibat over eksfoliasi. Selamat mencoba!

0 Comment