Cara Menyudahi Hubungan yang Hambar agar Tidak Semakin Mengenaskan

09 January 2019, at 01:00
0
0
Cara Menyudahi Hubungan yang Hambar agar Tidak Semakin Mengenaskan

Ketika menjalin hubungan cinta, kamu pasti tahu bahwa kisah yang terjalin tersebut akan bermuara pada dua pilihan. Yang pertama yaitu perpisahan, atau pilihan lainnya yaitu penyatuan dalam pernikahan.

Jika kamu menjalin hubungan yang sangat lama dengan seseorang, terkadang rasa jenuh hadir di antara kalian. Ada juga jalinan asmara yang terasa sangat hambar dan sudah tidak nyaman lagi untuk dilanjutkan.

Meskipun kamu masih mencintainya, ada kemungkinan kamu ingin mengakhiri hubungan tersebut karena sudah tidak ada harapan. Begini cara menyudahinya agar tidak semakin mengenaskan.

1. Yakinkan Diri

yakinkan diri
pexels.com/@renato-mu-448562

Banyak orang yang merasa ingin mengakhiri hubungan asmaranya. Tetapi masih bingung dan belum yakin dengan perasaannya. Sebaiknya kamu meyakinkan diri terlebih dahulu.

Apakah hubunganmu sudah benar-benar harus diakhiri dan kamu tidak akan menyesal jika melakukannya?

Memutuskan sebelum kamu yakin akan membuat kisah cinta kalian yang sudah hambar semakin buruk. Sebaiknya pikirkan lah dengan matang terlebih dahulu sebelum membuat keputusan. Kamu juga bisa meminta pendapat pada orang-orang dekat, kok.

2. Waktu yang Tepat

waktu yang tepat
pexels.com/@zun1412

Menyudahi hubungan memang bisa dilakukan kapan saja. Apalagi jika dalam hubungan tersebut memang sedang terdapat konflik. Berbeda cerita dengan mengakhirinya karena terasa hambar, kamu harus memilih waktu yang tepat.

Kamu harus tahu apa yang sedang dihadapi oleh pasangan. Jangan meminta putus padanya ketika dia sedang menghadapi banyak masalah karena itu akan memperburuk keadaan.

3. Secara Langsung dan Pribadi

secara langsung dan pribadi
pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571

Selain harus memilih waktu yang tepat, kamu juga harus mengakhiri hubungan secara langsung dan pribadi. Hindari menyampaikan apa maksudmu melalui telepon atau bahkan pesan singkat karena kamu ingin menyudahinya secara baik-baik.

Berbicaralah secara langsung dan ketika kalian hanya berdua saja karena itu akan lebih nyaman bagi pasangan.

4. Katakan Sejujurnya

katakan sejujurnya
pexels.com/@minan1398

Apapun alasannya, kebohongan bukan lah hal yang baik untuk dilakukan. Termasuk untuk membuat alasan ketika mengakhiri hubungan dengan seseorang. Kamu harus mengatakan yang sebenarnya, bahwa hubungan kalian sudah hambar dan tidak bisa dilanjutkan.

Jangan mengarang cerita yang justru akan membuat dia sakit hati dan tidak mudah menerima keputusanmu.

Baca Juga: 5 Hubungan Asmara Ini Lebih Menyedihkan daripada LDR

5. Alasan yang Tepat

alasan yang tepat
pexels.com/@burst

Hampir sama dengan mengatakan yang sejujurnya, kamu harus membuat alasan yang tepat tanpa perlu dibuat-buat. Alasan yang tidak masuk akal akan membuatnya berpikir dan justru mencurigaimu.

Jika sudah bosan dan tidak nyaman, katakan saja apa adanya.

6. Jelaskan dengan Baik

jelaskan dengan baik
pexels.com/@freestocks

Selain harus mengatakan secara langsung, personal, jujur, dan tepat, kamu juga harus menjelaskan alasanmu dengan baik.

Mungkin pasanganmu akan marah dan emosi karena merasa hubungan kalian baik-baik saja. Itu merupakan respon yang wajar ketika diputuskan oleh pasangan.

Pada kondisi ini, kamu tidak boleh terpancing emosi, ya. Tetap harus menjelasakan dengan sabar dan halus.

7. Berikan Waktu

berikan waktu
pexels.com/@tessseymourphotography

Setelah diputuskan, wajar jika dia tidak ingin menemuimu, atau bahkan seketika membencimu. Kamu harus memaklumi hal tersebut dan memberinya waktu. Biarkan dia menuntaskan kesedihanya dan jangan pernah menganggapnya berlebihan.

Kamu mungkin tidak tahu betapa berartinya hubungan kalian untuknya.

8. Tetap Berteman tapi Biarkan Dia yang Memutuskan

tetap berteman
pexels.com/@sherlocked124578

Meskipun kamu ingin tetap berteman, tetapi tunggu lah sampai dia yang menghubungimu terlebih dahulu. Kamu tidak akan pernah tahu butuh berapa lama bagi seseorang untuk melupakan atau move on darimu.

Sehingga lebih baik untuk menunggunya sembuh dari patah hati. Jangan lupa juga untuk mengatakan padanya bahwa kamu ingin tetap berteman.

Itu dia 8 cara yang tepat untuk mengakhiri hubunganmu yang sudah terasa hambar. Hubungan yang diawali dengan sesuatu yang baik seharusnya bisa diakhiri dengan baik-baik saja juga, kan? Tinggalkan lah kesan baik pada orang yang pernah mewarnai hari-harimu.

0 Comment