Cara Merawat Beauty Blender Agar Tak Mudah Jamuran dan Tetap Aman untuk Wajah

09 March 2019, at 03:30
0
0
Cara Merawat Beauty Blender Agar Tak Mudah Jamuran dan Tetap Aman untuk Wajah

Selain brush, beauty blender jadi aplikator makeup pujaan yang harus ada di keseharian beauty enthusiast. Sponge berbentuk menyerupai telur ini memang terbukti membuat hasil riasan semakin paripurna.

Terbuat dari bahan yang tak menyerap makeup, beauty blender bisa digunakan untuk meratakan foundation, contour, highlighter, hingga skincare seperti pelembab dan serum.

Setiap harinya, beauty blender akan bersinggungan dengan berbagai produk makeup ataupun skincare yang umumnya basah. Karenanya, masalah baru pun muncul.

Banyak wanita yang menjumpai beauty blender miliknya mudah jamuran. Kamu juga mengalaminya?

beauty blender jamuran
instagram.com/lisapans

Meski terlihat sepele, beauty blender juga harus kamu perhatikan betul-betul perawatannya. Ada beberapa pantangan yang tak boleh dilakukan agar sponge makeup kesayanganmu awet.

Baca juga: Bahan Aktif Skincare yang Pantang Digunakan Bersamaan, Efeknya Lumayan Ngeri

Yang pertama, jangan pernah menyimpannya di kontainer kedap udara. Mengapa? Karena sudah dipastikan oksigen dan cahaya tak bisa masuk.

Inilah yang menyebabkan beauty blender jamuran. Sebaiknya simpan aplikator makeup ini di tempat yang memiliki lubang.

cara menyimpan beauty blender
instagram.com

Kamu juga bisa membeli tempat khusus untuk menyimpan beauty blender yang dijual di pasaran bila mau.

Selain cara menyimpan beauty blender, kesalahan yang juga umum dilakukan dan membuatnya cepat jamuran adalah saat pemakaian. Bila kamu masih suka menggunakan sponge makeup dalam keadaan kering, sebaiknya kurangi kebiasaan ini.

Sebab, memakai beauty blender dalam keadaan kering ternyata membuat produk makeup seperti foundation atau pelembab wajah andalanmu akan lebih banyak terserap ke dalam sponge.

basahi beauty blender sebelum memakainya
instagram.com/realtechniques_id

Maka dari itu, usahakan untuk selalu membasahi beauty blender terlebih dulu. Hal ini sebagai upaya pencegahan agar produk tak masuk ke dalam sponge dan mengundang bakteri untuk bersarang yang menimbulkan jamur.

Beauty blender hack yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah, mengeringkannya sebelum disimpan. Baiknya taruh sponge makeup yang baru saja digunakan pada kontainer plastik dalam keadaan terbuka.

Setelah kering, baru pindahkan ke tempat penyimpanannya. Kemudian yang tak kalah penting adalah, jangan pernah malas untuk membersihkan beauty blender kesayanganmu secara rutin.

brush makeup kotor
instagram.com/expressionistieks

Sebab, sisa makeup, debu, dan berbagai kotoran lainnya yang menumpuk akan membuat beauty blender cepat rusak dan menimbulkan masalah kulit. Sebut saja yang paling mudah adalah jerawat.

Kamu bisa melakukan perawatan pada berbagai peralatan kecantikan seperti makeup brush dan beauty blender saat weekend.

cara membersihkan beauty blender
shopify.com

Caranya, rendam beauty blender ke dalam larutan shampo bayi. Setelah itu bilas hingga bersih, lalu keringkan.

Tapi ladies, meski spons imut ini bisa dibersihkan berulangkali, namun kamu juga harus rutin menggantinya dengan yang baru ya.

Idealnya, beauty blender wajib diganti setiap 3-5 bulan sekali. Hal ini untuk menghindari berbagai bakteri maupun jamur yang menumpuk dan bisa mengancam kecantikan wajahmu.

0 Comment