Qupas Family

Cara Mudah Ajarkan Anak Mengatur Waktu yang Perlu Orang Tua Ketahui, Yuk Mulai Sejak Dini!

05 January 2020, at 08:00
1
Cara Mudah Ajarkan Anak Mengatur Waktu yang Perlu Orang Tua Ketahui, Yuk Mulai Sejak Dini!

Beberapa orang tua mungkin bertanya-tanya, pentingkah mengajarkan kemampuan mengatur waktu kepada anak sejak dini? Pada kenyataanya, hal tersebut memang perlu dilakukan supaya si kecil lebih mudah meraih kesuksesan lho.

Pasalnya, kegiatan yang teratur akan membantu mempermudah orang tua dalam hal mengasuh anak dan membuat si kecil lebih lancar belajar. Apalagi kalau anak sudah memasuki usia sekolah, manajemen waktu merupakan hal yang penting.

Saat buah hati sudah bisa mengatur waktu sesuai dengan kegiatannya, maka ia juga akan mulai mengenal dan membuat prioritas dan menyelesaikan apa yang telah direncanakan. Lantas, bagaimana sih cara mudah ajarkan anak mengatur waktu? Nih, Qupas punya tips untukmu!

1. Menjadi Contoh yang Baik untuk Anak

perkembangan anak
thestorypedia.com

Salah satu cara membuat anak belajar mengatur waktu adalah dengan menjadi contoh yang baik. Si kecil secara nggak langsung akan tumbuh menjadi pribadi yang disiplin apabila lingkungan terdekatnya, yaitu keluarga, menerapkan manajemen waktu yang baik.

Orang tua bisa mencontohkan dari hal-hal kecil, seperti jadwal makan yang konsisten, tidur dan bangun tepat waktu, dan lain sebagainya.

2. Mulai Sejak Dini

anak mengatur waktu
nancymohrbacher.com

Selain memberikan contoh, memulai sejak dini juga merupakan kunci sukses mengajarkan anak untuk mengatur waktu dengan baik.

Berikan anak-anak tanggung jawab yang sesuai dengan usianya dan biarkan si kecil mencoba menyelesaikannya. Hal tersebut akan membuat buah hati belajar untuk membagi waktu dan bertanggung jawab atas tugasnya.

Jangan lupa untuk memberikan bantuan berupa arahan apabila dibutuhkan, ya!

Baca juga: 7 Cara Mudah Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini

3. Siapkan Perangkat Management Time yang Menarik

anak belajar mengatur waktu
thestorypedia.com

Sebuah survei yang dilakukan oleh Intel Canada menyebutkan bahwa 87 persen anak mengaku bahwa keterampilan mengatur waktu merupakan hal yang sangat penting. Untuk mendukungnya, diperlukan beberapa alat atau perangkat yang memadai.

Nggak hanya itu, perangkat manajemen waktu juga seharusnya dibuat menarik agar si kecil terdorong untuk mengikutinya. Misalnya dengan menggunakan time planner yang warna-warni, lucu, atau memiliki gambar karakter kesukaan anak.

4. Sederhanakan Jadwal

mengatur waktu
istockphoto.com

Tips mengajarkan anak mengatur waktu lainnya adalah dengan menyederhanakan jadwal. Orang tua sebaiknya bertindak sebagai pembimbing dan nggak terlalu ikut menentukan kegiatan apa saja yang harus si kecil lakukan.

Tentukan beberapa kegiatan dan jadwal wajib dan biarkan si kecil memilih dan mengatur sendiri kegiatan apa dan kapan akan melakukannya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengajarkan anak mengatur waktu sejak dini.