Cara Mudah Melatih Anak Tidur Sendiri Tanpa Bikin Frustasi

16 September 2019, at 00:00
0
0
Cara Mudah Melatih Anak Tidur Sendiri Tanpa Bikin Frustasi

Seiring dengan perkembangan buah hati, akan tiba waktunya si kecil harus belajar untuk tidur sendiri terpisah dari orang tua.

Hal tersebut dilakukan bukan hanya untuk menumbuhkan kemandirian, akan tetapi juga untuk meningkatkan kualitas tidur anak.

Namun, melatih anak tidur sendiri bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya mengetahui beberapa tips di bawah ini.

1. Mulai Perlahan-lahan

anak anak
123rf.com

Melatih anak untuk tidur sendiri nggak bisa dilakukan dengan instan, harus perlahan-lahan. Dilansir dari Today’s Parent, hal tersebut dapat dimulai sejak usia enam bulan lho.

Sebaiknya kamu mempersiapkan si kecil untuk belajar tidur sendiri jauh sebelum ia melakukannya agar nggak kaget, salah satunya dengan tidur siang di tempat baru tersebut. Selain itu, usahakan untuk nggak menakut-nakuti anak dengan cerita seram untuk mendisiplinkan buah hati.

2. Ciptakan Kamar Anak yang Nyaman

anak kamar
pinterest.at

Selain memulai perlahan-lahan, kamu juga sebaiknya menciptakan kamar yang nyaman bagi buah hati agar ia merasa aman dan senang berada di ruangan tersebut.

Biarkan anak menyimpan berbagai mainan dan barang-barangnya di kamar tersebut agar timbul rasa memiliki supaya si kecil cepat betah dengan tempat tidur barunya.

3. Menemani Anak di Samping Tempat Tidurnya Hingga Terlelap

bayi tidur
hellosehat.com

Metode lain yang bisa kamu lakukan untuk melatih anak tidur sendiri adalah dengan menemaninya di kamar hingga terlelap, kemudian meninggalkannya. Setiap kali buah hati terbangun, kamu bisa menghampirinya dan menemani hingga tertidur lagi.

Walau pun demikian, cara ini biasanya membuat anak masih merasa takut dan ragu untuk tidur sendiri sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terbiasa.

Baca Juga: Cara Mudah yang Bisa Bunda Coba untuk Membuat Anak Usia Balita Tidur Nyenyak

4. Tegas dan Konsisten

anak tidur nyenyak
istockphoto.com

Salah satu yang nggak boleh dilewatkan saat melatih anak tidur sendiri adalah menjadi tegas dan konsisten. Usahakan untuk nggak membolehkan anak menyusup ke kamarmu saat ia terbangun dan ajak kembali ke kamarnya dengan lembut.

Pasalnya, nggak tegas dan konsisten akan membuat anak lebih susah untuk mandiri dan terbiasa tidur sendiri.

5. Mengatur Jadwal Tidur Anak

jadwal tidur anak
hellobacsi.com

Buah hati akan sulit tidur apabila jadwal biologisnya berantakan. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa anak tidur pada waktunya.

Jangan memaksakan si kecil tidur terlalu cepat dan buatlah jadwal yang tetap agar anak terbiasa dan lebih mudah terlelap.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips untuk melatih anak tidur sendiri yang bisa kamu lakukan. Si kecil sudah waktunya belum?

0 Comment