Cara Mudah Tes Skincare dan Makeup untuk Mengetahui Aman atau Tidak bagi Kulit

05 January 2019, pada 02:00
0
0
Cara Mudah Tes Skincare dan Makeup untuk Mengetahui Aman atau Tidak bagi Kulit

Tren makeup dan skincare memang sedang ramai belakangan ini. Berbagai brand kecantikan dari dalam maupun luar negeri pun tak henti mengeluarkan koleksi produk terbaru mereka.

Dengan klaim juga review dari beauty influencer ternama, para wanita akhirnya tergoda untuk memborong berbagai produk. Tapi sayangnya tak semua makeup dan skincare cocok untuk kulit kita.

perempuan membeli makeup
fastly.net

Maka dari itu, sebelum terburu-buru mencoba produk yang kamu beli pada wajah, ada baiknya melakukan tes skincare atau makeup terlebih dulu. Hal ini untuk mengetahui reaksinya pada kulitmu.

Sebab bila salah langkah dalam memilih produk, wajah mulusmu akan menjadi taruhannya. Alergi, jerawat, iritasi, hingga risiko yang cukup fatal seperti kanker kulit bisa menghantui.

tes skincare dan makeup di telinga
glowrecipe.wordpress.com

Dilansir dari akun instagram BPOM, cara menguji produk kosmetik apakah cocok untuk kulit kita adalah dengan melakukan percobaan di belakang telinga dan di bagian dalam siku. Area ini memiliki banyak jaringan saraf dan dianggap yang paling sensitif.

Bila area yang diolesi tak menunjukkan reaksi apapun, maka produk kosmetik tersebut aman. Tapi jika timbul kemerahan, gatal, melepuh, atau gejala lain, baiknya jangan diaplikasikan ke wajah.

Baca juga: Mau Wajah Lebih Mulus? Kebiasaan ini Sebaiknya Kamu Hindari dari Sekarang

Sedangkan dikutip dari detikcom, dr. Abraham Arimuko, Sp.KK menyebutkan bila cocok atau tidaknya sebuah produk pada kulit bisa dilihat dalam waktu 1-3 hari. Namun reaktivitas kulit seseorang bisa berbeda-beda.

alergi pada skincare
freepik.com

Ada yang langsung menunjukkan reaksi setelah beberapa menit di aplikasikan. Ada pula yang baru ketahuan efek sampingnya setelah satu minggu.

Selain tes makeup dengan cara tersebut, kamu bisa menguji kandungan berbahaya pada kosmetik dengan menggunakan perhiasan emas. Biasanya, produk yang mengandung merkuri akan berubah menjadi hitam setelah digosokkan pada emas.

melihat komposisi saat membeli produk kecantikan
purch.com

Sebagai langkah pencegahan, penting untuk selalu melihat komposisi produk sebelum membelinya dan mengetahui bahan apa yang aman maupun yang berbahaya untuk kulit.

Tak hanya merkuri, ada timbal, paraben, triclosan, petrolatum, dan hydroquinon yang perlu kamu hindari karena bisa berdampak buruk untuk kulit. Sedangkan pada lipstik, kehadiran pewarna merah K3, Rhodamin B dan Jingga K1 harus diwaspadai karena bisa menyebabkan kanker.

Nah, itulah cara mudah untuk menguji skincare dan makeup apakah aman untuk wajah atau tidak. Jadi jangan terburu-buru mencoba produk kosmetik meskipun sedang tren dan banyak mendapatkan review positif. Karena kondisi kulit setiap orang pasti berbeda.

0 Komentar