Qupas Family

Cara Mudah untuk Mengenalkan Makna Natal pada Anak

25 December 2019, at 08:00
1
Cara Mudah untuk Mengenalkan Makna Natal pada Anak

Natal merupakan salah satu perayaan umat Kristiani yang selalu dinanti, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Perayaan yang meriah dan penuh dengan suka-cita menjadikan momen tersebut istimewa dan nggak terlupakan.

Bagi anak-anak, "bertemu Sinterklaus dan mendapatkan kado" mungkin mejadi salah satu hal yang paling melekat dari perayaan Natal.

Agar nggak cuma Sinterklaus dan kado saja yang melekat pada si kecil, berikut ini beberapa hal yang bisa orang tua lakukan untuk mengenalkan makna Natal. Apa saja ya?

1. Mengajak Anak ke Gereja

mengajak anak ke gereja
irishcatholic.com

Cara sederhana mengenalkan makna Natal pada anak yang pertama adalah mengajaknya pergi ke gereja. Sebagai orang tua, kamu mungkin sudah memahami bahwa beribadah adalah sebuah kewajiban, namun si kecil mungkin merasakannya sebagai sebuah beban.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika orang tua menjelaskan kepada anak bahwa beribadah adalah bagian dari Natal itu sendiri. Ibadah merupakan salah satu cara untuk berterima kasih kepada Tuhan.

2. Menjalankan Tradisi Tukar Kado

merayakan natal
pediaspeech.com

Selain mengajak anak ke gereja, menjalankan tradisi tukar kado juga merupakan salah satu cara seru untuk mengenalkan makna Natal kepada buah hati.

Cobalah untuk menceritakan kisah tiga orang majus yang memberikan hadiah untuk Yesus di hari kelahirannya. Hal tersebut akan membuat si kecil memahami korelasi antara Natal dan tradisi tukar kado.

3. Mengajak Anak Berbagi dengan Sesama

anak berbagi
salvationarmy.org.au

Tradisi tukar kado di hari Natal juga sekaligus mengajarkan pada anak untuk saling berbagi kepada sesamanya. Natal merupakan hari yang penuh kasih sayang sehingga hal tersebut juga harus dicurahkan kepada semua orang.

Misalnya, orang tua bisa mengajak anak untuk memilih baju-baju yang sudah nggak terpakai untuk disumbangkan ke panti asuhan.

Baca Juga: takut Anak Jadi Egois? Lakukan Cara Sederhana Ini untuk Mengajarinya Berbagi

4. Mengajak Anak Membaca Alkitab

anak membaca
revivingthesoul.com

Cara lain untuk mengenalkan makna Natal kepada anak adalah dengan membaca kisah kelahiran Yesus di Alkitab. Apabila membacanya dengan cara biasanya terkesan membosankan, kamu bisa mendongeng kepada si kecil.

Luangkan sedikit waktu untuk membaca kisah Yesus di Alkitab pada malam Natal agar si kecil memahami ceritanya.

5. Menghabiskan Malam Natal Bersama Keluarga Besar

perayaan natal
123rf.com

Menghabiskan malam Natal bersama keluarga besar juga merupakan salah satu cara tepat mengenalkan makna perayaan tersebut kepada buah hati.

Acara kumpul keluarga ini akan menghidupkan nilai-nilai Natal. Tekankan kepada buah hati bahwa Natal adalah waktu untuk keluarga.

Bagaimana Sobat Qupas, cukup mudah kan caranya? Yuk mulai tanamkan makna Natal pada buah hati sejak dini!