Cara Mudah yang Bisa Bunda Coba untuk Membuat Anak Usia Balita Tidur Nyenyak

27 July 2019, at 12:00
0
0
Cara Mudah yang Bisa Bunda Coba untuk Membuat Anak Usia Balita Tidur Nyenyak

Membuat balita tidur nyenyak menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Pasalnya, kebanyakan anak pada usia tersebut anak menjadi sangat aktif, bahkan di malam hari.

Anak mungkin akan menangis dan rewel di jam-jam yang seharusnya merupakan waktu istirahat bagi orang tua. Nggak hanya itu, akan banyak pekerjaan yang terabaikan apabila hal tersebut terjadi terus-menerus.

Sudah melakukan berbagai cara untuk membuat si kecil tidur lebih cepat termasuk membacakan dongeng dan lain sebagainya namun nggak berhasil. Bunda atau Ayah pernah atau sedang mengalami hal seperti ini nggak?

Baca Juga: 4 Tips Agar Bayi Tidak Terkena Kematian Mendadak Saat Tidur

Ada banyak orang tua yang mengeluhkan hal serupa. Oleh sebab itu, dilakukan banyak penelitian untuk mencari metode mudah agar anak dapat tidur nyenyak dengan cepat.

memabaca dongeng
hacerfamilia.com

Salah satunya adalah sebuah studi yang dilakukan oleh tim di Flinders University, Australia. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal Sleep Medicine tersebut memperlajari 21 anak yang berusia satu sampai empat tahun.

Anak-anak yang terlibat dalam penelitian tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu yang mengalami kesulitan tidur, tidur normal, dan keduanya.

Para peneliti memberikan perhatian khusus pada lamanya waktu yang dibutuhkan anak untuk tertidur, bangun lagi, dan banyaknya amarah yang terjadi sebelum tidur.

bayi tantrum
firststepbaltimore.com

Bertujuan untuk mengevaluasi kemanjuran teknik sleep fading yang bertujuan untuk mengurangi gangguan tidur pada anak usia balita, studi ini menyebutkan bahwa dibutuhkan kesabaran dan waktu yang lebih untuk membuat buah hati tidur dengan cepat.

Baca Juga: Jangan Biarkan Bayi Tidur di Car Seat Terlalu Lama, Akibatnya bisa Fatal!

Teknik sleep fading sendiri menerapkan konsep yang menyebutkan jika balita nggak lelah, maka akan lebih sulit untuk membuatnya tidur nyenyak. Oleh sebab itu, orang tua harus memilih waktu yang konsisten.

Misalnya apabila Ayah dan Bunda ingin akan bangun lebih pagi, cobalah untuk menunda waktu tidur anak selama 15 menit di hari pertama dalam percobaan yang dilakukan tujuh hari.

tidur nyenyak
shutterstock.com

Pada hari-hari terakhir apabila si kecil masih membutuhkan waktu yang lama untuk tidur maka mundurkan lagi waktu tidurnya selama 15 menit. Lakukan setiap hari selama beberapa malam maka si kecil akan tidur nyenyak dengan sendirinya nantinya.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa cara itu cukup efektif karena watu tidur anak yang memudar ternyata bisa membantu anak tidur dan bangun dengan lebih cepat. Hal tersebut juga membuat risiko tantrum atau mengamuk berkurang.

Jadi bagaimana Sobat Qupas ingin mencobanya nggak? Akan tetapi hal tersebut tetap membutuhkan kesabaran ya!

0 Comment