Cara Pacaran Aman dan Menyenangkan Agar Pahala Nggak Berkurang Selama Bulan Ramadhan

09 May 2019, at 09:00
1
0
Cara Pacaran Aman dan Menyenangkan Agar Pahala Nggak Berkurang Selama Bulan Ramadhan

Saat menjalankan ibadah puasa, kamu nggak sekadar menahan lapar dan haus saja akan tetapi juga berbagai hal yang dapat mengurangi pahala ibadah tersebut.

Tanpa disadari, ada banyak hal bisa bikin rasa lapar dan hausmu itu sia-sia belaka lho. Bergosip atau berpacaran merupakan yang paling sering dilakukan.

Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap pacaran dengan aman dan menyenangkan selama menunaikan ibadan puasa.

Baca Juga: Kerugian Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Bergosip di Bulan Puasa, Hati-Hati Ya!

1. Buat Perjanjian dengan Pasangan

buat perjanjian dengan pasangan
pexels.com/@freestocks

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghindari hal-hal yang mengurangi nilai puasamu adalah membuat perjanjian dengan pacar.

Meskipun sudah sangat dekat, namun kalian tetaplah sepasang kekasih yang bukan muhrim. Oleh sebab itu, tetap harus ada jarak diantara kamu dan pasangan.

membuat perjanjian dengan pasangan
pexels.com/@tirachard-kumtanom-11257

Buatlah perjanjian tentang bagaimana harus bersikap terhadap di hadapan masing-masing selama bulan puasa dan berkomitmen untuk saling mengerti dan nggak melanggarnya.

Dengan demikian, kamu dan pasangan akan terhindar dari hal-hal yang terkesan biasa namun sebenarnya bisa merusak amalan puasa seperti berduaan, bergandengan tangan, dan lain sebagainya.

2. Jangan Berduaan

jangan berduaan
pexels.com/@buro-millennial-636760

Bulan puasa nggak membuatmu dan pacar harus menghindari pertemuan, kok. Asalkan jangan berduaan supaya nggak diganggu setan!

Mengajak sahabat untuk jalan-jalan bersama merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan. Nggak cuma menghindari berduaan, kalian juga bisa saling mengingatkan agar nggak berbuat kelewatan.

Kamu dan pacar juga bisa menghabiskan waktu bersama di rumah dengan ditemani oleh keluarga. Hal ini akan membuat kalian nggak sempat bermesraan sekaligus mendekatkan diri dengan calon mertua.

3. Fokus Beribadah

memfokuskan diri pada beribadah
pexels.com/@rawpixel

Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah. Tentu saja kamu nggak ingin melewatkan kesempatan tersebut begitu saja kan?

Oleh sebab itu, fokuskanlah diri untuk beribadah. Kamu dan pasangan bisa sama-sama memperbaiki dan memantaskan diri sebelum menuju jenjang yang lebih serius lagi.

Baca Juga: Pola Pikir Ini Tandakan Kamu Belum Siap Pacaran, Masih Harus Belajar!

4. Lakukan Kegiatan Positif Bersama

lakukan kegiatan positif bersama
pexels.com/@rawpixel

Kamu dan pasangan juga bisa berkencan aman dengan melakukan kegiatan positif bersama, lho. Mengikuti pengajian merupakan salah satu contohnya.

Nggak cuma itu, kalian juga bisa bersedekah dengan uang yang dikumpulkan bersama-sama kepada orang-orang yang membutuhkan.

5. Bertemu Setelah Berbuka

bertemu setelah berbuka
pexels.com/@rawpixel

Kalau mau yang aman, kamu dan pasangan bisa bertemu setelah berbuka. Meskipun demikian, tetap nggak boleh macam-macam karena kamu dan ia belum memiliki ikatan ya!

Paling nggak, bertemu setelah berbuka akan mengurangi kekhawatiranmu dan kemungkinan besar nggak mengurangi pahala puasamu.

6. Menghindari Kontak Fisik

menghindari kontak fisik
pexels.com/@mark-neal-201020

Hal yang paling sering dilakukan dan mungkin mengurangi pahala puasa adalah kontak fisik yang kamu lakukan dengan pacar.

Meskipun biasanya hal-hal seperti bergandengan tangan kamu anggap sepele, namun hal ini bisa jadi membuat lapar dan hausmu sia-sia saja lho.

7. Hindari Bertemu Terlalu Sering

jangan bertemu terlalu sering
pexels.com/@donghuangmingde

Selain 6 hal di atas, kamu juga sebaiknya menghindari untuk bertemu terlalu sering dengan pasangan.

Menjalin hubungan nggak selalu harus menghabiskan waktu bersama setiap saat kan? Manfaatkan momen Ramadhan ini untuk lebih dekat bersama keluarga, namun juga tetap berhubungan dengan pacar.

Nah, itu dia Sobat Qupas tips pacaran aman dan menyenangkan di bulan puasa yang bisa kamu lakukan. Pokoknya hindari berduaan dan bermersaan, kamu bisa dihasut setan!

0 Comment