Cara Perawatan Wajah yang Tepat untuk Kulit Sensitif, Ternyata Mudah

23 January 2019, at 11:00
0
0
Cara Perawatan Wajah yang Tepat untuk Kulit Sensitif, Ternyata Mudah

Cara merawat wajah untuk kulit sensitif memang harus ekstra hati-hati. Sebab, kondisi ini sangat rentan terhadap jerawat atau reaksi tak wajar lainnya. Seperti kemerahan, gatal, hingga sensasi terbakar bila salah menggunakan produk kosmetik.

Umumnya, kulit sensitif jadi rentan terhadap iritasi karena fungsi penghalang kulit telah rusak. Penyebabnya pun beragam, mulai dari sinar matahari, produk kecantikan, perubahan hormonal, hingga stres.

Kalau kamu mengalami kondisi ini, yuk simak cara merawat wajah yang tepat untuk kulit sensitif berikut ini!

1. Minum air lemon

air lemon dan madu
emilykylenutrition.com

Sebagai langkah perawatan awal dan mudah dilakukan, pemilik kulit sensitif sebaiknya mulai membiasakan diri untuk minum air lemon setiap hari.

Menurut penelitian, buah kuning berasa masam ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang menyimpan segudang manfaat. Misalnya saja melawan radikal bebas, menghilangkan racun dari darah, serta membuat kulit lebih cerah dan terhindar dari masalah.

Supaya tak terlalu asam, kamu bisa menambahkan madu ke dalam segelas air lemon hangat dan minum setiap pagi.

2. Pilih produk perawatan khusus kulit sensitif

skincare untuk kulit sensitif
thegreenhubonline.com

Sebelum membeli makeup atau skincare, pilihlah yang dibuat khusus untuk kulit sensitif. Penting juga untuk selalu mencermati komposisi produk dan menghindari bahan yang keras.

Sebut saja alkohol, zat pewarna, dan pewangi. Bahan-bahan ini berpotensi memicu kerusakan pada kulit sensitif.

Atau sebagai alternatif lain, pilihlah produk makeup dan skincare yang dominan mengandung bahan alami. Seperti teh hijau, chamomile, lidah buaya, calendula, dan sebagainya.

3. Pilih produk berlabel hypoallergenic

produk skincare hypoallergenic
niche-beauty.com

Selain memilih makeup dan skincare khusus kulit sensitif, kamu bisa memakai yang berlabel hypoallergenic. Bila didefinisikan, produk tersebut sudah didesain agar tak menyebabkan reaksi alergi ataupun iritasi.

Produk berlabel hypoallergenic umumnya tak akan menggunakan zat kimia yang berpotensi menimbulkan reaksi tertentu. Sehingga dianggap cukup lembut, aman, dan tak akan mengiritasi kulit sensitif.

4. Melakukan tes skincare

cara tes skincare
amazonaws.com

Sebelum mencoba produk yang kamu beli pada wajah, ada baiknya melakukan tes skincare atau makeup terlebih dulu. Cara melakukan percobaan yang tepat adalah di belakang telinga atau di bagian dalam siku.

Keduanya memiliki banyak jaringan saraf dan dianggap yang paling sensitif. Bila area yang diolesi tak menunjukkan reaksi apapun, maka produk kosmetik tersebut aman untuk diaplikasikan ke wajah.

Cocok atau tidaknya sebuah produk pada kulit biasanya bisa dilihat dalam waktu 1-3 hari. Namun reaktivitas kulit seseorang bisa berbeda-beda.

Baca juga: Cara Mudah Tes Skincare dan Makeup untuk Mengetahui Aman atau Tidak bagi Kulit

5. Hindari gonta-ganti produk skincare

sering gonta ganti skincare
instagram.com/innisfreeofficial

Para wanita biasanya terpincut untuk mencoba produk skincare yang sedang tren dan banyak mendapat review positif. Bila kamu salah satunya, lebih baik hentikan kebiasaan ini.

Hobi gonta-ganti skincare adalah salah satu penyebab kulit menjadi sensitif. Sebab, hal ini bisa merusak pertahanan kulit wajah.

6. Pakai tabir surya setiap hari

menggunakan tabir surya
stylecraze.com

Tabir surya atau sunscreen adalah salah satu skincare wajib yang harus digunakan setiap hari. Apalagi bagi pemilik wajah sensitif yang lebih rentan terhadap kerusakan dibandingkan dengan jenis kulit lain.

Sebagai tips, pilihlah produk sunscreen dengan kandungan titanium dioksida dan zinc oxide. Sebab, dua bahan ini cukup aman digunakan oleh kulit sensitif.

7. Ganti produk makeup remover dengan susu

membersihkan wajah
stylecraze.com

Seperti yang diketahui, banyak produk makeup remover yang mengandung alkohol. Tapi bukan berarti pemilik kulit sensitif tak bisa membersihkan wajah.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa memanfaatkan susu sebagai pengganti produk makeup remover. Ya, susu murni dinilai memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu merawat kulit sensitif.

Cara membersihkan wajah dengan susu pun cukup mudah. Siapkan semangkuk kecil susu lalu tambahkan dengan satu sendok teh minyak esensial.

Setelah itu gunakan campuran tersebut untuk membersihkan wajah dengan bantuan kapas.

8. Bersihkan aplikator makeup secara rutin

brush makeup
thelist.com

Aplikator makeup seperti set brush dan beauty blender adalah salah satu tempat berkumpulnya bakteri. Sayangnya, masih banyak wanita yang sering mengabaikan kebersihannya.

Sisa makeup dan kuman yang menempel pada brush atau beauty blender sangat mungkin menimbulkan masalah pada wajah. Apalagi bagi kulit sensitif.

Untuk itu, biasakan untuk membersihkan peralatan makeup secara rutin. Hal ini bisa kamu masukkan ke dalam agenda perawatan kecantikan saat akhir pekan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit sensitif. Ternyata sangat mudah bukan?

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Play Store atau Apple App Store, sekarang juga!

0 Comment