Cara Sederhana untuk Menghilangkan Wajah Kusam Agar Kembali Cerah Bercahaya

22 January 2019, at 18:00
0
0
Cara Sederhana untuk Menghilangkan Wajah Kusam Agar Kembali Cerah Bercahaya

Tampilan kulit yang kusam bisa membuat wajah terlihat lebih tua dan mengurangi rasa percaya diri. Hingga pada akhirnya, banyak wanita yang rela berinvestasi pada skincare mahal untuk menghilangkannya.

Tapi tahukah kamu, wajah kusam bisa disebabkan oleh banyak hal dan tak cukup diatasi dengan produk perawatan saja.

Nah untuk itu, kali ini Qupas telah merangkum cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan wajah kusam supaya kembali cerah bercahaya. Yuk simak langsung!

1. Lindungi wajah dengan tabir surya

wanita memakai produk perawatan wajah
skincancer.org

Salah satu penyebab wajah jadi terlihat kusam adalah paparan sinar matahari. Maka dari itu, jangan pernah melewatkan penggunaan suncreen atau tabir surya.

Setidaknya gunakan produk suncreen dengan kandungan SPF 30, termasuk saat musim hujan. Sebab, meskipun mendung dan matahari sepertinya sedang bersembunyi, sinar UV ternyata tetap bisa menembus awan.

Apabila kamu beraktivitas di bawah terik sinar matahari dalam waktu yang lama, usahakan untuk mengaplikasikan ulang tabir surya setiap dua jam sekali .

2. Pilih skincare yang tepat

wanita memilih produk perawatan
myconsciencemychoice.com

Produk perawatan memang bisa melindungi sekaligus merawat wajah kusam. Asalkan kamu memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit.

Sebab, pemilihan produk yang kurang tepat justru berisiko membuat kulit semakin berminyak atau kering dan wajah akan terlihat tambah kusam.

Dan yang perlu diingat, jangan terburu-buru untuk mengganti produk perawatan. Karena skincare tak mungkin bekerja secara instan.

Produk apapun pasti memerlukan waktu sebelum menunjukkan hasil yang nyata. Jadi, tunggulah setidaknya selama satu bulan untuk melihat apakah skincare yang kamu pilih bisa mengatasi wajah kusam atau tidak.

3. Mencuci wajah dengan air hangat

wanita sedang mencuci wajah
beyondwords.life

Ada hal yang harus diperhatikan oleh pemilik wajah kusam saat mencuci muka. Yakni hindari air yang terlalu dingin atau panas.

Sebab, air yang terlalu panas atau dingin bisa menghilangkan minyak alami pada wajah dan membuat kulit terlalu kering. Sebaiknya selalu cuci muka dengan menggunakan air hangat.

4. Masker wajah dengan bahan alami

wanita memakai masker wajah alami
ijugaad.com

Supaya perawatanmu lebih maksimal, lengkapi dengan penggunaan masker dari bahan alami. Ritual ini bisa kamu lakukan saat libur akhir pekan.

Sebagai contoh, kamu bisa memanfaatkan pisang, madu, mentimun, susu, alpukat, dan bengkoang. Kandungan vitamin dalam bahan-bahan alami tersebut sangat bagus untuk menutrisi kulit dan mengusir tampilan wajah kusam.

Baca juga: Libur Akhir Pekan, Ini Perawatan Kecantikan Mudah yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

5. Mencukupi waktu tidur harian

wanita sedang tidur
dailyfamily.ng

Selain mengundang kantung mata, kurang tidur juga bisa membuat wajah terlihat lebih kusam. Maka dari itu, kurangi kebiasaan begadangmu dari sekarang.

Waktu tidur yang berkualitas selama 8 jam sehari bisa membantu mengoptimalkan proses regenerasi kulit. Dengan begitu, wajah akan tampak lebih segar dan terhindar dari kekusaman.

6. Perhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh

wanita sedang makan salad
flatabsfitness.com

Selain perawatan dari luar, memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh juga penting untuk mengusir masalah kulit kusam.

Sebagai tips, perbanyak konsumsi buah dan sayur serta makanan yang kaya akan asam lemak omega 3. Seperti kacang-kacangan, alpukat, dan ikan.

Kemudian hindari minuman beralkohol dan rokok. Tak hanya merusak kesehatan, keduanya bisa memperparah kondisi kulit kusam dan mempercepat terjadinya penuaan.

7. Perbanyak konsumsi air putih

wanita sedang minum air putih
healthline.com

Meski minuman berwarna dan berasa seperti kopi atau teh bisa menghilangkan dahaga, tapi pastikan juga kamu tak lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh.

Dengan mengonsumsi 8 gelas air putih sehari, kulit akan terjaga kelembabannya. Dan secara otomatis, wajahmu juga pasti terlihat lebih cerah, jauh dari kesan kusam.

8. Rajin berolahraga

wanita sedang berolahraga
cloudfront.net

Nah, tips yang terakhir ini juga tak kalah ampuh untuk mengatasi kulit kusam. Ya, kamu harus rajin berolahraga.

Tak hanya manfaat kesehatan fisik, olahraga akan menstimulasi darah supaya lebih lancar. Imbasnya, wajah bisa tampak lebih cerah dan memancarkan rona alaminya.

Itu dia, beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan wajah kusam supaya kembali cerah bercahaya. Gimana, ternyata mudah dan sangat sederhana bukan?

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Play Store atau Apple App Store, sekarang juga!

0 Comment