Cara Tepat Menangani Anak Tantrum Menurut Para Pakar, Jangan Panik Dulu Ya!

09 November 2019, at 17:00
0
0
Cara Tepat Menangani Anak Tantrum Menurut Para Pakar, Jangan Panik Dulu Ya!

Menghadapi anak tantrum memang nggak selalu mudah, apalagi kalau hal tersebut terjadi di tempat umum. Pasalnya, hal tersebut bisa saja mengganggu orang lain serta menguji kesabaran orang tua.

Sebelumnya, orang tua perlu paham bahwa tantrum merupakan hal wajar yang dialami oleh anak usia prasekolah yaitu 2 sampai 3 tahun. Hal tersbeut terjadi karena pada usia tersebut anak belum mampu mengungkapkan perasaannya dengan cara yang lebih tepat.

Kondisi tersebut seringkali membuat orang tua kebingungan. Lantas, bagaimana sih cara tepat menghadapi anak tantrum yang disarankan oleh para ahli? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

Apa yang seharusnya orangtua lakukan untuk menghadapi anak tantrum? Psikolog Anak dan Remaja, Monica Sulistiawati mengungkapkan beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua.

Cara Menghadapi Anak Tantrum

 

Menurut Psikolog Anak dan Remaja, Monica Sulistiawati, tantrum atau emosi sebenarnya merupakan cara buah hati untuk mengungkapkan perasaannya pada orang tua. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya menunggu sampai anak tenang dan memberinya kesempatan untuk berekspresi.

Ajak anak untuk menarik napas terlebih dahulu sehingga detak jantung menjadi lebih teratur atau stabil dan buah hati menjadi lebih tenang.

 

Pada saat itulah, orang tua boleh memberikan pengertian kepada anaknya. Menunggu anak tenang merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar si kecil mampu berpikir lebih positif, bisa mencerna stimulus dari luar, dan mampu mengungkapkan apa yang sebenarnya diinginkan.

Tanyakan kepada anak secara lembut tentang apa yang membuatnya marah. Secara nggak langsung, hal tersebut juga bisa membantu anak mengendalikan emosi.

Baca Juga: 

Bolehkah Orang Tua Menuruti Setiap Permintaan Saat Anak Tantrum?

 

Beberapa orang mungkin lelah atau malu untuk meladeni anak yang sedang tantrum di tempat umum. Oleh sebab itu, mereka memilih jalan pintas dengan cara menuruti segala permintaannya. Akan tetapi, bolehkah hal tersebut dilakukan?

Menurut Monica, hal seperti itu sebaiknya dihindari oleh orang tua. Pasalnya, menuruti segala keinginan anak yang sedang tantrum akan membuatnya salah paham dan berpikir bahwa marah dan emosi merupakan cara yang tepat untuk mengungkapkan perasaan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang cara penanganan anak tantrum. Bantulah anak untuk mengendalikan diri dan menguasai emosinya, ya!

0 Comment