Cara Tepat Menyimpan Parfum Agar Aromanya Tahan Lebih Lama

27 December 2018, at 11:00
1
0
Cara Tepat Menyimpan Parfum Agar Aromanya Tahan Lebih Lama

Menyimpan parfum kesayangan tentu tak boleh sembarangan. Bila dibiarkan di tempat yang salah, warna dan aromanya bisa cepat berubah.

Kalau sudah begini, tandanya parfum kamu sudah rusak. Padahal bila disimpan dengan benar, minyak wangi bisa bertahan dua hingga tiga tahun.

Nah, supaya aroma dan isi parfum bisa tahan lama, Qupas akan bagikan cara tepat untuk menyimpannya. Seperti berikut ini.

1. Hindarkan Parfum dari Paparan Sinar Matahari

hindarkan parfum dari paparan sinar matahari
madebymood.com

Supaya wanginya lebih awet, jauhkan parfum dari dekat jendela. Karena kemungkinan besar bisa terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Suhu panas dari sinar matahari akan menambah tingkat keasaman parfum. Hal inilah yang kemudian merusak molekul di dalamnya dan mengubah wangi parfum.

2. Jangan Simpan Parfum di Kamar Mandi

menyimpan parfum di kamar mandi
eauyesny.com

Untuk memudahkan pemakaiannya, sebagian orang senang untuk menyimpan parfum di kamar mandi. Kalau kamu juga melakukan hal ini, sebaiknya segera pindahkan ya.

Sebab, kamar mandi termasuk ruangan yang lembab dan menjadi sarang bakteri. Bahan utama parfum kemungkinan besar akan terpengaruh dan membuatnya jadi cepat rusak.

3. Simpan Parfum di Tempat Sejuk dan Gelap

menyimpan parfum di tempat sejuk dan gelap
independent.co.uk

Kamu mungkin bertanya-tanya, lalu di manakah tempat yang tepat untuk menyimpan parfum? Mengutip dari cnnindonesia.com, dua ahli parfum Jan Fockenbrock dan Caroline Ivanica menyarankan untuk meletakkan minyak wangi di tempat yang dingin dan gelap.

Ivanica juga menambahkan, suhu yang ideal untuk parfum sekitar lima derajat celcius. Dan salah satu tempat penyimpanan yang tepat adalah di dalam kulkas.

Selain itu, kamu bisa menempatkan parfum di dalam kabinet atau laci dengan suhu ruangan yang sedikit dingin.

4. Tutup Botol Parfum dengan Rapat

menutup botol parfum dengan rapat
stregisboutique.com

Karena terburu-buru, banyak orang yang tidak menutup botol parfumnya dengan rapat. Hal ini terlihat sepele, tapi nyatanya berdampak besar bagi ketahanan produk lho.

Botol yang tak ditutup dengan rapat akan membuat isinya terekspos dengan udara. Hal ini akan memicu proses oksidasi yang bisa mengubah wangi parfum.

Baca juga: Kiat untuk Merawat Kulit Agar Tetap Cantik dan Sehat Saat Musim Hujan

5. Hindarkan dari Suhu yang Berubah-ubah

memakai parfum di luar rumah
jaimexie.com

Khawatir akan bau badan, kamu jadi suka membawa parfum ketika keluar rumah? Sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Sebab, perubahan suhu di luar rumah yang ekstrim bisa merusak aroma parfum.

Selain itu, hindari untuk meninggalkan minyak wangi kesayanganmu di dalam mobil. Karena suhu panasnya juga pasti akan membuat wangi parfum jadi cepat berubah.

6. Jangan Pindahkan Parfum dari Botolnya

memindahkan parfum ke botol kecil
boisdejasmin.com

Beberapa wanita terkadang tergoda untuk memindahkan parfumnya ke botol yang lebih lucu dan cantik. Ada pula yang menuangkannya ke wadah yang lebih kecil supaya praktis saat dibawa bepergian.

Padahal hal ini justru akan merusak parfum, karena isinya pasti terpapar dengan udara luar dan wanginya bisa berubah dengan lebih cepat.

7. Hindari Mengocok Parfum

jangan mengocok parfum
pressassociation.io

Kamu termasuk orang yang suka mengocok parfum sebelum memakainya? Bila iya, kamu bisa menghentikan kebiasaan ini dari sekarang.

Perlu diketahui, parfum bukan larutan yang menghasilkan endapan. Mengocok isinya hanya akan membuat risiko kerusakan parfum jadi lebih besar.

8. Simpan di dalam Box Aslinya

parfum di dalam box
blogspot.com

Bila parfum yang kamu beli dikemas dalam box, sebaiknya kembalikan minyak wangimu ke tempatnya ini setelah selesai memakainya.

Hal ini bisa jadi trik sederhana untuk menghindarkan parfum favoritmu dari paparan sinar matahari dan membuat wanginya lebih tahan lama.

Nah, itulah beberapa cara yang tepat untuk menyimpan parfum agar wanginya bisa awet dan bertahan lebih lama. Gimana, selama ini kamu sudah meletakkannya di tempat yang benar atau belum?

0 Comment