Cara Terbaik Memakai Cleansing Brush, Biar Wajahmu Nggak Rusak

12 August 2019, at 18:00
0
0
Cara Terbaik Memakai Cleansing Brush, Biar Wajahmu Nggak Rusak

Bukan cuma produk facial scrub, sekarang ini juga ada physical exfoliator dalam bentuk beauty tools. Biasanya dikenal dengan nama facial cleansing brush atau brush cuci muka.

Manfaat yang dibawa cleansing brush pun sangat banyak. Mulai dari mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori, hingga membuat proses penyerapan skincare lebih maksimal.

facial cleansing brush
wereviews.com

Sayangnya, masih banyak yang belum tahu tata cara memakai facial brush yang benar. Akhirnya malah iritasi kulit yang didapat.

Nah, supaya kamu nggak mengalami hal yang sama, simak dulu yuk tips memakai facial cleansing brush yang aman berikut ini!

1. Kenali jenis cleansing brush

jenis cleansing brush
onebauer.media

Kamu mungkin sudah tahu, facial brush punya banyak jenis. Ada yang bisa berputar secara otomatis alias elektrik, ada juga yang manual dan harus digerakkan sendiri.

Teksturnya pun bermacam-macam. Mulai dari cleansing brush berbahan sintetis mirip seperti sikat, bulu halus, hingga silicone cleansing brush.

2. Memilih cleansing brush

jenis facial brush
instagram.com/minisoindo

Memilih cleansing brush tentu jadi langkah awal yang penting. Karena kalau sampai salah, kulit wajahmu bisa iritasi.

Kalau kulitmu termasuk tipis dan sensitif, baiknya memilih facial brush dengan bulu yang halus dan lembut. Sedangkan kulit yang cenderung tebal dan kasar bisa memakai cleansing brush berbahan sintetis seperti sikat dan silikon.

3. Bersihkan makeup dulu

membersihkan makeup di wajah
instagram.com/cosrx

Meski pada akhirnya cleansing brush akan mengangkat segala kotoran dari wajah, tapi jangan lupa untuk membebaskan muka dari makeup terlebih dulu.

Kamu bisa melakukan ritual double cleansing atau triple cleansing untuk membersihkan wajah. Tergantung dari seberapa 'berat' makeup yang dipakai.

Baca juga: Triple Cleansing Jadi Cara Membersihkan Wajah yang Disarankan Ahli Kecantikan? Ini Alasannya!

4. Pakai facial foam

cara memakai cleansing brush
trustorereview.com

Cara memakai facial cleansing brush yang benar adalah dengan membasahinya terlebih dulu. Selain itu, jangan lupa aplikasikan facial foam supaya wajahmu nggak iritasi.

Dan yang terpenting lagi, gerakkan cleansing brush ke arah atas. Karena kalau kebalik, wajahmu bisa lebih cepat muncul kerutan lho.

5. Hindari eksfoliator berbahan scrub

facial scrub
instagram.com/lorealskin

Banyak yang bertanya-tanya, disamping memakai cleansing brush, boleh nggak sih pakai facial scrub juga? Sebaiknya jangan ya.

Karena cleansing brush sudah dianggap efektif dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Penggunaan facial scrub secara bersamaan dikhawatirkan hanya akan membuat wajahmu over exfoliating dan memicu iritasi.

6. Jangan dipakai tiap hari

memakai facial brush
flawlessend.com

Setelah memakai facial brush, wajah memang terasa benar-benar bersih. Tapi yang perlu kamu ingat, physical exfoliator ini jangan digunakan setiap hari ya.

Memakai cleansing brush setiap hari, terutama yang berbahan sintetis bisa membuat kulitmu lecet, semakin kering, dan iritasi. Penggunaan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu sudah cukup kok untuk bikin wajahmu semakin glowing.

Bahkan ada juga yang hanya bisa memakai cleansing brush seminggu sekali. Hal ini tergantung pada tingkat sensitivitas kulitmu.

7. Ganti cleansing brush secara berkala

facial cleansing brush
instagram.com/theklog

Supaya aman di wajah, cleansing brush harus dibersihkan 2-3 kali dalam seminggu menggunakan cairan antibakteri. Tapi selain itu, kamu juga harus menggantinya secara rutin meski penampilannya terlihat masih bagus dan nyaman di muka.

Masa pensiun facial cleansing brush umumnya adalah 3 bulan. Setelah waktu yang ditentukan ini, kamu harus menggantinya dengan yang baru supaya wajahmu aman dan terhindar dari berbagai masalah.

Baca juga: Meskipun Masih Bagus, 6 Perlengkapan Kecantikan Ini Harus Diganti Secara Rutin

Nah, itulah beragam informasi seputar cleansing brush. Mulai dari manfaat hingga tips aman ketika menggunakannya.

Yang perlu diingat juga, jangan ragu untuk menghentikan pemakaian ya kalau sudah muncul tanda-tanda iritasi di wajahmu.

0 Comment