Qupas Family

Catat! 6 Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Dasar untuk Anak

06 January 2020, at 10:00
3
Catat! 6 Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Dasar untuk Anak

Tahun ajaran baru memang masih beberapa bulan lagi. Akan tetapi, beberapa sekolah sudah mulai membuka pendaftaran siswa baru lho!

Meskipun demikian, Ayah dan Bunda sebaiknya nggak terburu-buru untuk menentukan di mana si kecil harus menempuh pendidikan dasar. Pasalnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan. Apa saja ya?

1. Akses dan Jarak dengan Rumah

memilih sekolah anak
cahsd.org

Kualitas memang menjadi pertimbangan besar dalam memilih sekolah dasar (SD) untuk anak. Akan tetapi, orang tua harus realistis dengan memperhatikan akses serta jarak sekolah dari rumah.

Akses yang sulit maupun jarak yang terlalu jauh akan membuat si kecil kesulitan dan cukup merepotkan. Maka dari itu, pilihlah sekolah yang aksesnya mudah dan jaraknya nggak terlalu jauh dari rumah ya!

2. Kemampuan Finansial

kemampuan finansial
pexels.com/@kunitsky

Selain akses dan jarak, kemampuan finansial juga merupakan salah satu unsur penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih sekolah untuk anak.

Memang benar sih, orang tua harus memberikan yang terbaik untuk buah hati. Siapa juga yang nggak ingin anaknya sekolah di tempat fovorit yang punya fasilitas terbaik? Akan tetapi, jangan sampai memaksakan kemampuan ya! Apalagi kalau hanya untuk menjaga gengsi.

3. Fasilitas dan Infrastruktur

sekolah dasar
pexels.com/@pixabay

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih sekolah dasar untuk anak adalah fasilitas dan infrastruktur. Pastikan keduanya cukup dan memadahi untuk menunjang perkembangan buah hati.

Nggak perlu megah dan mewah, asalkan cukup untuk mengembangkan kemampuan motorik, kofnitif, sosial, serta emosi anak pun sudah terbilang cukup kok. Pastikan juga sekolah tersebut memiliki sarana kebersihan yang baik dan taman bermain yang aman dan nyaman.

Baca juga: Kenali Macam-macam Gaya Belajar Anak Agar Bisa Diarahkan dengan Tepat

4. Budaya dan Lingkungan Sekolah

lingkungan sekolah anak
pexels.com/@pragyanbezbo

Orang tua juga sebaiknya mempertimbangkan budaya dan lingkungan sekolah sebelum menentukan di mana si kecil harus menempuh pendidikan sekolah dasar.

Perhatikan bagaimana cara guru memperlakukan murid, interaksi antar siswa, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting karena dapat menjadi salah satu faktor pembentuk karakter anak dan mempengaruhi kondisi psikologisnya.

5. Kesesuaian Kurikulum Sekolah dengan Model Pendidikan Keluarga

anak sekolah
playfulnotes.com

Masing-masing sekolah pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Hal tersebut membuat nggak semua sekolah cocok dengan model pendidikan dalam keluarga.

Maka dari itu, salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih sekolah untuk anak adalah kesesuaian kurikulum atau model pendidikannya dengan yang sudah diterapkan di rumah.

Itu dia Sobat Qupas beberapa tips memilih sekolah dasar untuk anak. Jadi, kamu sudah punya berapa kandidat?