Catat! Ini Bahaya Menahan Kentut bagi Kesehatan, Yakin Masih Ingin Mengulanginya?

03 February 2019, at 07:00
0
0
Catat! Ini Bahaya Menahan Kentut bagi Kesehatan, Yakin Masih Ingin Mengulanginya?

Kentut merupakan kondisi keluarnya gas melalui anus yang disebabkan oleh adanya akumulasi zat tersebut di dalam perut. Udara yang terjebak tersebut bisa berasal dari berbagai sumber. Kondisi ini biasanya diawali dengan rasa mulas atau kembung di perut.

Dengan berbagai alasan, banyak orang yang lebih memilih untuk menahan kentut. Terlebih lagi apabila hal itu terjadi di tempat umum. Rasa malu dan anggapan tidak sopanlah yang biasanya menyebabkan mereka melakukan hal tersebut.

Padahal, menahan kentut berbahaya bagi tubuh. Berikut ini merupakan risiko yang bisa terjadi pada dirimu apabila menahan kentut.

1. Wasir

bahaya menahan kentut wasir
id.theasianparent.com

Bahaya menahan kentut yang pertama sungguh tidak terduga. Melakukan hal tersebut agar tidak malu justru bisa membuatmu terkena wasir.

Masalah kesehatan ini muncul akibat adanya gerakan berlebihan pada organ dubur pada saat menahan gas untuk tidak keluar.

menahan kentut berbahaya wasir
doktersehat.com

Otot-otot dubur akan menegang dan memicu pelebaran pembuluh darah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya benjolan di dinding anus yang biasanya disebut ambeien atau wasir.

2. Keracunan Gas

bahaya menahan kentut keracunan gas
lifeadvancer.com

Siapa sangka, menahan kentut bisa membuatmu keracunan gas. Ketika seseorang berusaha menahan zat tersebut untuk keluar, maka akan terjadi tekanan parsial dalam rongga usus.

Hal ini membuat tekanan tersebut lebih tinggi daripada tekanan parsial darah.

menahan kentut berbahaya keracunan gas
doktersehat.com

Kondisi ini meningkatkan risiko masuknya gas ke dalam pembuluh darah yang terdapat di dinding usus. Jika hal tersebut terjadi, maka zat tersebut akan beredar ke seluruh tubuh dan menyebabkan keracunan.

Baca Juga: Jangan Malu, Menangis Ternyata Berguna bagi Kesehatanmu

3. Infeksi Diverticulosis

bahaya menahan kentut infeksi diverticulosis
intoposts.com

Menahan kentut juga dapat menyebabkan infeksi diverticulosis. Masalah kesehatan ini terjadi ketika terdapat pembentukan kantung-kantung kecil atau divertikula pada lapisan usus besar.

Divertikula terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada titik-titik lemah dari dinding usus oleh gas, limbah, atau cairan.

menahan kentut berbahaya membuat infeksi
doktersehat.com

Bahaya menahan kentut yang satu ini tidak bisa disepelekan. Jika terserang, kamu akan mengalami sakit parah pada bagian perut, demam, mual, atau perubahan pada kebiasaan buang air besar.

4. Peritonitis

bahaya menahan kentut peritonitis
orami.co.id

Peritonitis merupakan peradangan peritoneum atau jaringan yang melapisi dinding dalam perut. Bagian ini mencakup sebagian besar organ. Biasanya masalah kesehatan ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

menahan kentut bahaya

Menahan kentut dapat memicu adanya masalah tersebut. Apabila terserang, kamu bisa mengalami kesakitan di perut. Bahkan, bisa juga muncul lubang di dalamnya karena gangguan ini.

Setelah mengetahui bahaya menahan kentut, sekarang masih mau melakukannya? Meskipun memalukan, gas yang ada dalam perut memang sudah sepatutnya untuk dilepaskan.

Baca Juga: Awas! Jangan Sering-Sering Mencium Bau Gas atau Bensin Jika Tak Ingin Terkena Penyakit

Apabila sedang berada di tempat umum, sebaiknya carilah tempat yang sepi agar tidak merasa malu atau mengganggu orang lainnya.

Untuk mendapatkan info kesehatan lebih banyak lagi, silakan unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga!

0 Comment