Cegah Pikun dengan 6 Makanan Ajaib yang Sering Kamu Temui Sehari-hari Ini

23 June 2019, at 07:00
0
0
Cegah Pikun dengan 6 Makanan Ajaib yang Sering Kamu Temui Sehari-hari Ini

Penurunan daya ingat yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia memang merupakan hal yang wajar. Apabila terus memburuk, hal tersebut dapat berujung pada munculnya penyakit demensia, penurunan fungsi kognitif pada otak, atau bahkan alzheimer.

Meskipun terkesan menakutkan, penurunan daya ingat atau kondisi yang awam disebut pikun tersebut tetap bisa dicegah dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang benar kok.

Mumpung masih muda dan belum mengalaminya, berikut ini 6 makanan sehari-hari yang dapat menyelamatkanmu dari kepikunan. Catat ya!

Baca Juga: Perempuan Harus Tahu! Ternyata Memandangi Laki-Laki Tampan Baik untuk Otak Lho!

1. Kopi

kopi
pexels.com/id-id/@rawpixel

Siapa pun pasti sudah tahu kalau minuman pahit yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya yaitu baik untuk fungsi kognitif termasuk daya ingat otak.

Kafein dalam kopi juga dapat mengurangi risiko gangguan kognitif menjadi demensia lho. Studi menunjukkan bahwa minuman tersebut memberikan manfaat bagi memori secara keseluruhan.

Meskipun demikian, kamu tetap nggak boleh mengonsumsinya terlalu banyak karena segala hal yang berlebihan dapat berdampak negatif bagi tubuh.

2. Ikan

ikan
pexels.com/id-id/@rawpixel

Makanan ajaib kedua yang dapat meningkatkan daya ingat adalah ikan. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan omega 3 yang terdapat dalam beberapa jenis ikan termasuk salmon, tuna, dan sarden.

Itulah mengapa minyak ikan banyak direkomendasikan untuk menjadi penunjang nutrisi yang dapat mencerdaskan anak.

3. Kayu Manis

manfaat kayu manis
pexels.com/id-id/@pixabay

Tahu nggak sih, kayu manis ternyata juga termasuk dalam makanan yang bisa menyelematkanmu dari kepikunan lho.

Pasalnya, kayu manis bisa meningkatkan kemampuan otak untuk membersihkan diri dari penumpukan protein yang katanya menjadi salah satu penyebab alzheimer.

kayu manis
pexels.com/id-id/@ngo-tr-ng-an-837314

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan daya ingat, bahkan hanya sekadar dengan mencium baunya saja.

Nggak hanya itu, kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya juga baik untuk kesehatan otak dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: 6 Kegiatan Nggak Terduga yang Bisa Mencerdaskan Otakmu!

4. Kacang

kacang
pexels.com/id-id/@david-disponett-1118410

Kamu juga bisa mengurangi risiko penurunan daya ingat dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Pasalnya, penelitian membuktikan bahwa makanan tersebut dapat meningkatkan ingatan pada orang dengan fungsi kognitif normal.

Selain itu, kacang juga terbukti dapat meningkatkan daya ingat pada penderita alzheimer lho!

5. Buah Beri

buah beri
pexels.com/id-id/@fotios-photos

Buah beri yang terdiri dari berbagai jenis seperti stroberi dan blueberry ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan otak.

Dilansir dari Very Well Health, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah beri dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif sampai 2,5 tahun pada orang tua.

6. Sayuran Hijau

sayuran hijau
pexels.com/id-id/@mdsnmdsnmdsn

Siapa sih yang nggak tahu kalau sayuran hijau dapat menjadi solusi tepat untuk menjaga kesehatan tubuh? Kandungan vitamin dan lain sebagainya juga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak lho.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kadar folat dan vitamin B9 dalam sayuran hijau dapat mengurangi risiko pikun dan demensia.

Nah, mumpung masih muda kamu harus mengonsumsi 6 makanan sehat di atas agar ingatan tetap kuat saat tua nanti. Jangan tunggu sampai terlambat, ayo mulai pola hidup sehat dan menu makan yang seimbang mulai sekarang.

0 Comment