Chicken Tandoori dan 7 Makanan India yang ada di Indonesia, Favoritnya Para Raja

21 January 2019, at 19:00
0
0
Chicken Tandoori dan 7 Makanan India yang ada di Indonesia, Favoritnya Para Raja

Kalau bicara soal India pasti tidak akan lepas dari film dan para pemainnya yang punya rupa menawan. Di Indonesia sendiri, ada banyak film Bollywood yang ditampilkan saat weekend tiba atau hari libur besar.

Jalan ceritanya yang menyentuh hati dan aksi menari di sela-sela adegan menjadi sebuah alasan mengapa film India selalu digemari oleh hampir semua lapisan masyarakat Indonesia.

Di setiap film atau serial drama Bollywood selalu menampilkan kuliner yang ada di sana. Lewat adegan apik dari para pemainnya, masakan khas dan lezat ala India berhasil membuat siapapun tergoda ingin memakannya.

Seperti delapan menu masakan India yang cocok di lidah masyarakat Indonesia. Salah satu diantaranya jadi favortinya raja-raja India loh.

1. Laddoo

laddoo
instagram.com/samruddhaa

Kudapan khas India yang sering kali muncul saat disantap oleh pemeran film anak gendut. Terbuat dari tepung gandum yang kasar dan gula. Biasanya disajikan di sebuah perayaan keagamaan sebagai sajian.

Di situs jual beli online juga ada yang menjualnya dengan harga tujuh puluh ribu rupiah per tujuh bulatan ladoo. Tentu camilan kering ini bisa kamu pesan tanpa harus khawatir makanannya tidak enak.

2. Samosa

samosa
instagram.com/abowlbeyond

Rasa kulit dan isiannya yang hampir mirip dengan pastel ini, sering kali dijual menjadi frozen food di beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Indonesia. Bentuknya lingkaran biasanya berisikan suwiran daging ayam yang bercampur dengan kentang halus.

Camilan khas India ini juga bisa menjadi kudapan manis dengan memberi varian isi cokelat, vanilla, dan buah strawberry. Lalu diatasnya diberi siraman kental manis, jadi dessert nikmat dikala sore hari.

3. Naan

naan makanan india
instagram.com/lavidaleafy

Naan juga menjadi kudapan enak khas India yang tradisional. Terbuat dari tepung terigu dan ragi, cara memasaknya pun secara tradisional dengan menggunakan pemanggang seperti mansory oven.

Biasanya disajikan dengan ayam tandoori dan palak paneer. Rasa dari kudapan yang satu ini gurih rasa butter yang terasa dan irisan parsley di atasnya.

4. Chole Bhature

chole bhature
instagram.com/buzzfoodraipur

Masih pada kudapan India yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Ada sajian bubur kacang yang dimasak dengan racikan bumbu yang menjadikannya memiliki tekstur seperti yoghurt.

Untuk camilan bernama Bhature ini adalah roti yang berbentuk lebar dengan isian kosong. Digoreng dengan minyak yang melimpah dan menghasilkan tekstur yang renyah sempurna.

Baca juga : Delapan Restoran Asia di Ubud dengan Menu dari India hingga Indonesia

5. Briyani Rice 

briyani rice
instagram.com/briyani_lovers

Kalau tadi sederet menu camilan khas India yang enak disantap saat menonton serial drama Bollywood. Sekarang saatnya menikmati sajian menu berat biar kenyang.

Salah satunya ada sajian nasi briyani yang bisa dijumpai di daerah Sunan Ampel, Surabaya. Nasi yang dicampur dengan rasa rempah yang khas dan kaldu yang meresap ke dalam nasi. Dilengkapi juga dengan sayur-sayuran dan masakan daging kambing.

6. Chicken Tikka Masala

chicken tikka masala
instagram.com/bex.inthekitchen

Menu masakan India yang klasik dengan harum rempah yang semerbak, tercium sekali bau harumnya. Apalagi kalau kamu membuatnya sendiri di rumah.

Hanya dengan bumbu lengkap seperti ketumbar, jintan, bubuk kari, jahe dan kayu manis, membuat banyak orang gemar menyantapnya.

Di Indonesia sendiri, restoran India maupun Turki hampir semuanya menyediakan olahan ayam sebagai hidangan berat nan mengenyangkan.

7. Chicken Tandoori

ayam thandoori masakan india
instagram.com/hungrygirlintoronto

Menu yang satu ini memang sudah mendunia sekali. Bahkan di beberapa restoran menu tesebut menjadi menu andalan yang banyak di pesan. Rasa pedas dari rempah-rempahnya cukup menggoyang lidah.

Ada bumbu yoghurt sebagai bumbu tambahan, bukan hanya itu saja ada saus chutney yang juga menjadi bumbu kedua menu ayam bakar ini. Konon, masakan ini juga menjadi hidangan untuk jamuan makan malam para raja di India.

8. Indian Chicken Curry

indian chicken curry
instagram.com/sonalpatil_

Kalau jenis makanan yang satu ini, jelas semua orang pasti pernah mencobanya. Apalagi bisa dibeli dalam bentuk bumbu kari instan. Jadi, nggak perlu lagi repot menyiapkan berbagai bumbu rempah untuk memasaknya.

Agar terasa nikmat dan rasanya khas kamu juga bisa menambahkan potongan buah tomat merah. Rasa kecut dan segarnya tomat agar membuatmu ketagihan menyantapnya.

Menu makanan khas India yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia ini bisa kamu cicipi saat berada di sebuah restoran negeri Bollywood.

0 Comment