Cinta Kebersihan, Warga Jepang Sampai Bereskan Sampah di 3 Negara ini

29 August 2018, at 08:14
0
0
Cinta Kebersihan, Warga Jepang Sampai Bereskan Sampah di 3 Negara ini

Budaya orang Indonesia dalam menjaga kebersihan rupanya masih perlu di sosialisaikan kembali. Bukan hanya di negeranya sendiri, bahkan ketika di negara lain mereka juga terkesan mengabaikan kebersihan. Berbanding terbalik dengan budaya orang Jepang yang mengutamakan kebersihan. 

Satu hal yang patut kita contoh dari budaya orang Jepang yakni memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kebersihan. Perilaku bersih dalam hidup sudah orang ditanamkan pada orang Jepang sejak mereka masih kecil. Inilah potret bukti bahwa orang Jepang selalu menerapkan kebersihan dimanapun mereka berada, bikin kagum!

Baca Juga: Malangnya Pejalan Kaki di Indonesia, dari Ditabrak sampai Dipukuli Pengendara Bermotor

1. Jamaah haji asal Jepang

facebook.com/AmbuUthie
Beginilah kondisi Muzdalifah setelah para jamaah haji dari berbagai negara berkumpul. Banyak sampah berserakan yang di dominasi oleh sampah botol dan plastik. Mereka mengabaikan kebersihan yang seharusnya dijaga di tanah suci. 
facebook.com/AmbuUthie

Sebuah akun facebook bernama Ambu Uthie mengunggah potret jamaah Jepang yang rela mengumpulkan sampah tersebut menjadi satu. Tampak karpet tersebut bersih kembali. Banyak netizen yang memuji perilaku jamaah asal Jepang tersebut. Bahkan tak sedikit yang mendoakan jamaah tersebut menjadi haji mabrur. "Semoga mareka mendpat haji yg mabrur..... dan insyaallah mrk pasti akn mendpt phla yg ckup besar dari Allah...."ujar akun Menanti Senja.

2. Perilaku Warga Jepang di Asian Games 2018

twitter.com/motikatrok
Perhelatan Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta juga menarik perhatian. Hal ini dikarenakan sebuah akun twitter @motikatrok mengunggah postingan salah satu warga Jepang yang secara sukarela memunguti puntung rokok di bawah pohon. Bahkan tanpa sedikitpun merasa kotor, ia dengan perlahan membuang puntung rokok tersebut. 
twitter.com/motikatrok
Bahkan anak kecil pun juga tampak membuang sampah botol plastik ke tempatnya. "Mungutin puntung rokok yang berserakan di bawah pohon, dan membuangnya ke tempat sampah..Mereka ini tamu dari negeri tetangga...Apa kita ga malu ya?" tulis @motikatrok . Sebuah tamparan keras buat kita yang selama ini membuang sampah dengan sembarangan. 

3. Suporter Jepang di Piala Dunia 2018

twitter.com/GlobalEdmonton
Kemeriahan Piala Dunia 2018 di Rusia juga tak luput dari perhatian publik. Banyaknya suporter dari berbagai negara yang memenuhi tribun tentu membuat kondisi lapangan menjadi kotor karena bekas makanan maupun botol. 
thebangladeshtoday.com
Setelah pertandingan usai, terlihat beberapa suporter Jepang yang memungut sampah dan memasukkannya ke dalam kantong plastik. Mereka bahkan bergotong royong saling membersihkan sampah yang berada di sekitar tribun. Sebuah kerjasama yang membuat warga dair berbagai negara memuji tindakan mereka ini.
Sebuah pelajaran yang bisa kita contoh dari budaya orang Kepang yang selalu menjaga kebersihan dimanapun mereka berada. Semoga Indonesia juga bisa menerapkan hal seperti ini dimanapun berada ya sobat Qupas!
 
 
0 Comment