Ciri-Ciri Perempuan yang Kurang Subur, Ayo Segera Periksa!

03 March 2019, at 12:00
0
0
Ciri-Ciri Perempuan yang Kurang Subur, Ayo Segera Periksa!

Menjadi seorang ibu yang mampu melahirkan merupakan impian banyak wanita. Tubuh perempuan memang sudah diciptakan sedemikian rupa untuk menghasilkan keturunan.

Mulai dari adanya hormon-hormon tertentu, hingga organ tubuh seperti rahim dan payudara.

Akan tetapi, terdapat beberapa wanita yang mengalami gangguan keseburan atau infertilitas. Mengalami masalah kesehatan ini bukan berarti mandul, namun diperlukan tindakan medis apabila ingin memiliki anak.

Baca Juga: Bukan Hanya Mandul, Berikut Ini Hal yang Membuatmu Sulit Punya Anak

Berikut ini ciri-ciri perempuan kurang subur yang harus kamu ketahui. Apabila mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

1. Siklus Mentruasi Tidak Teratur

ciri perempuan kurang subur menstruasi tidak teratur
shutterstock.com

Bersyukurlah apabila kamu memiliki siklus menstruasi yang teratur. Periode haid yang dianggap normal adalah sekitar 21 sampai 35 hari.

Jika seorang perempuan tidak menstruasi atau memiliki jadwal haid yang tidak teratur, bisa jadi ia mengalami masalah kesuburan.

Para peneliti mengaitkan amenorrhea (ketiadaan menstruasi) dengan PCSO (Ploicystuc Ovary Sindrome) atau gangguan fungsi ovarium dalam menghasilkan sel telur pada kondisi tersebut.

2. Sangat Sakit Saat Menstruasi

ciri perempuan kurang subur sakit saat menstruasi
merries.co.id

Pada umumnya, rasa sakit saat mestruasi merupakan hal yang wajar dialami. Akan tetapi, tingkatan sakit yang tak tertahankan dan terus menerus bisa menjadi tanda ketidaksuburan.

Sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan atau Obgyn jika hal ini sering terjadi padamu. Penanganan yang tepat yang cepat oleh ahlinya akan membuatmu lebih baik.

3. Berat Terlalu Gemuk atau Kurus

ciri perempuan kurang subur berat badan tidak ideal
1health.id

Barat badan yang belbeih atau kurang dari semestinya bisa memiliki kecenderungan kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Hal ini berhubungan dengan prioritas reproduksi yang masih di bawah sistem metabolisme.

Terlalu kurus atau gendut menandakan bahwa metabolisme kurang baik. Sehingga, menghasilkan keturunan bukan menjadi prioritas tubuh.

4. Gangguan Penglihatan

ciri perempuan kurang subur gangguan penglihatan
hakimoptical.ca

Apabila peglihatan tepimu buram, mengalami kebingungan, jadwal menstruasi berantakan, maka hal tersebut merupakan gejala prolactinoma. Masalah kesehatan tersebut merupakan jenis tumor nonkanker yang ada di kelenjar pitutari.

Hal ini dapat berpengaruh pada kesuburan seseorang karena kelenjar pituari merupakan pembuat hormon perangsang folikel yang mengatur ovarium dan produksi sel telur.

Baca Juga: Gak Perlu Lasik, Hal Sederhana Ini Bisa Kurangi Minusmu

5. Banyak Bulu di Tubuh

ciri perempuan kurang subur banyak bulu
shutterstock.com

Siapa sangka, ternyata memiliki banyak bulu di tubuh bisa menjadi salah satu tanda ketidaksuburan.

Jika terdapat terlalu banyak bulu di wajah atau bagian tubuh lainnya, bisa jadi kamu memiliki sindrom ovarium polisistik.

6. Memiliki Saudara yang Sulit Punya Keturunan

ciri perempuan kurang subur punya saudara yang sulit
besthealthmag.ca

Kamu perlu waspada apabila terdapat seseorang dalam keluarga yang kesulitan untuk memiliki momongan.

Meskipun tidak langsung, hal ini merupakan salah satu ciri perempuan yang sulit medapatkan keturunan.

Walapun tidak selalu demikian, namun bisa jadi ada masalah hormon yang dialami oleh banyak orang dalam satu keluarga.

7. Memiliki Jerawat Hormonal yang Tidak Sembuh-Sembuh Meski Telah Diobati

ciri perempuan kurang subur berjerawat
productnation.co

Jerawat biasanya mucul karena faktor-faktor tertentu, misalnya ketika akan mestruasi, tidak cocok dengan skincare, terpapar bantal atau ponsel yang kotor dan lain sebagainya.

Apabila selalu muncul dan letak jerawat sama, bisa jadi ada masalah hormonal dalam dirimu. Apalagi jika sudah mencoba mengobatinya namun tidak bisa.

8. Rambut Menipis

ciri perempuan kurang subur rambut menipis
shutterstock.com

Rambut menipis atau rontok bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu memiliki kemungkinan beberapa penyakit, termasuk tiroid.

Gangguan hormon ini tanpa disadari juga memengaruhi kesuburan dengan mengatur pematangan sel telur.

Nah, itu dia 8 ciri perempuan susah hamil yang harus kamu waspadai. Memang tidak semua yang mengalami tanda tersebut kesulitan mendapatkan momongan. Akan tetapi tidak ada salahnya juga berjaga-jaga dan memeriksakan diri.

0 Comment