Qupas Travel

Coban Putri, Wisata di Malang Raya yang Konon Jadi Pemandian Rahasia Ken Dedes

04 April 2020, at 05:00
Coban Putri, Wisata di Malang Raya yang Konon Jadi Pemandian Rahasia Ken Dedes

Malang Raya yang mencakup Kota Batu, Kota Malang, dan Kabupaten Malang seolah selalu memberikan kesegaran tersendiri. Khususnya dalam hal pariwisata.

Seperti kita ketahui, tempat wisata di kawasan Malang Raya kerap diburu traveler. Termasuk di daerah Batu. Meski begitu, ternyata masih ada saja destinasi yang jarang dikenal.

Coban Putri di Baru misalnya. Simak deh ulasan berikut ini kalau kamu penasaran sama air terjun satu ini!

1. Alternatif wisata selain Coban Rais

Coban Putri Batu (Foto: instagram.com/inga_wanderlust)
instagram.com/inga_wanderlust

Bisa dibilang air terjun ini adalah salah satu wisata alternatif selain Coban Rais. Jarak keduanya cuma sekitar 2 kilometer. Bahkan sebelum sampai di Coban Rais, pintu gerbang pertama yang akan kamu temui adalah Coban Putri. 

Menariknya lagi, destinasi ini disebut-sebut sebagai 'anak' dari Coban Rais, lho. Entah apa alasan pastinya. Mungkin karena jarak kedua wisata tersebut berdekatan.

2. Air terjun di Batu yang instagenik

Coban Putri (Foto: instagram.com/khakim_sr)
instagram.com/khakim_sr

Berada di sini, kamu akan disuguhi dengan 2 aliran air terjun yang tingginya sekitar 35 meter. Nggak heran kalau Coban Putri juga dikenal dengan nama 'Air Terjun Kembar'. Terlihat pula air yang tertampung, sehingga tampak seperti membentuk kolam alami.

Selain itu, terdapat pula ayunan, jembatan bambu, hingga taman bunga yang membuat tempat wisata di Batu ini semakin cantik dan instagenik.

3. Wisata murah di Batu

Coban Putri Oro Oro Ombo (Foto: instagram.com/nabilatussa)
instagram.com/nabilatussa

Coban Putri nggak membuatmu bokek setelah liburan. Pasalnya, kamu cuma perlu bayar tiket masuk Rp10 ribu saja.

Tarif tersebut beda lagi kalau kamu bawa kendaraan pribadi. Karena kamu perlu menyediakan budget sekitar Rp5 ribu lagi untuk biaya parkir alat transportasimu.

Baca juga: Bumi Kitiran, Wisata Batu ala Belanda yang Pesonanya Bikin Gagal Move On

4. Mitos Coban Putri

Ayunan Coban Putri (Foto: instagram.com/dinalvania)
instagram.com/dinalvania

Layaknya tempat wisata di Indonesia yang lainnya, Coban Putri pun nggak luput dari cerita mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat sekitar.

Dinamakan Coban Putri karena dulu saat zaman kerajaan Singosari, air terjun tersebut konon sering menjadi tempat persinggahan Ken Dedes, permaisuri Ken Arok, raja Singosari.

5. Cara ke Coban Putri

Jembatan Bambu Coban Putri (Foto: instagram.com/umar_el_u_)
instagram.com/umar_el_u_

Lokasi Coban Putri sendiri ada di Oro-Oro Ombo, Kota Batu. Dari Kota Malang, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu ke arah Batu Night Spectacular (BNS) atau Predator Fun Park. Lanjutkan perjalanan sampai kamu menemukan petunjuk yang mengarahkan ke Coban Putri dan Coban Rais.

Sampai di parkiran, kamu masih perlu jalan kaki ke area wisata. Nggak perlu khawatir, karena jaraknya dekat, yaitu cuma sekitar 100 meter.

Well, itulah ulasan tentang Coban Putri yang bisa jadi alternatif tempat liburan kalau kamu belum sempat ke Coban Rais. Kamu bisa mengunjungi salah satu wisata di Malang Raya ini setelah pandemi virus corona benar-benar selesai. Sabar dulu, ya!