Cocok untuk Bekal Makan Siang, 4 Resep Belut Enak Ini Bikinnya Nggak Pakai Lama

23 November 2019, at 09:00
0
0
Cocok untuk Bekal Makan Siang, 4 Resep Belut Enak Ini Bikinnya Nggak Pakai Lama

Hewan yang memiliki bentuk seperti ular ini memang membuat sebagian orang merasa geli dan takut untuk menyantapnya. Eits, tapi kamu tahu nggak sih kalau belut memiliki sejuta manfaat untuk tubuh?

Harga belut memang cenderung lebih mahal dibandingkan ikan lainnya, namun kandungan nutrisi di dalamnya sebanding kok dengan apa yang kamu bayar. Total kalori yang ada di dalamnya saja mencapai 303 kkal.

Yakin nih nggak mau mencobanya? Nih, Qupas punya banyak resep masakan yang menjadikan belut sebagai bahan utamanya. Simak yuk, apa saja ya?

1. Resep Belut Kecap Pedas

resep belut kecap pedas
quickeasycook.com

Salah satu cita rasa yang pas banget di lidah masyarakat Indonesia adalah perpaduan rasa pedas manis. Nah cara mengolah belut ini bisa kamu lakukan di rumah, siapa tahu bisa jadi menu favorit.

Bahan yang diperlukan:

  • 250 gram belut ukuran sedang
  • 4 butir bawang merang
  • 2 siung bawang putih
  • ½ bawang bombay
  • 3 buah bawang merah besar keriting
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuatnya:

  • Bersihkan belut dan pisahkan kepala dengan badannya.
  • Buang kepalanya dan bersihkan isi perut belut. Potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  • Selanjutnya, siapkan minyak goreng panas dengan api kompor sedang. Lalu goreng belut yang sudah dibersihkan.
  • Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan. Setelah itu, panaskan kembali satu sendok makan minyak goreng.
  • Tumis ulekkan bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, garam, dan gula secukupnya.
  • Setelah itu, tambahkan irisan bawang bombay. Aduk-aduk hingga aromanya tercium harum.
  • Masukkan belut dan tuang kecap manis, kecap asin, dan saus tiram.
  • Aduk-aduk dan koreksi rasa. Kalau sudah terasa enak, tuangkan ke dalam mangkuk berisikan nasi putih.

2. Resep Belut Sambal Petai

resep belut sambal petai
instagram.com/mildarenikitchen

Buat bekal ke kantor yang spesial, nggak ada salahnya lho untuk memasak belut dengan bumbu sambal petai yang pedas. Bikin melek mata seharian deh!

Bahan yang diperlukan:

  • 500 gram belut
  • 1 papan petai
  • 1 buah jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan halus:

  • 10 butir cabai merah keriting
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah berukuran sedang
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuatnya:

  • Cuci belut dan bersihkan isi perutnya. Setelah itu, buang kepalanya.
  • Beri perasan air jeruk nipis yang sudah disiapkan. Tunggu selama 10 menit.
  • Setelah itu, panaskan minyak goreng dan tunggu hingga panas. Masukkan belut ke dalamnya.
  • Sambil menunggu belut matang, ulek semua bahan halus.
  • Tambahkan gula dan garam secukupnya. Beri satu sendok teh minyak goreng panas.
  • Setelah itu, tambahkan belut dan penyet. Sajikan juga dengan nasi putih.

Baca juga: 5 Resep Masakan Rumahan untuk Bekal Merantau biar Hidupmu Irit!

3. Resep Sop Belut

resep sop belut enak
eatsmarter.com

Nggak hanya lezat dimasak dengan cara digoreng, resep belut enak ini juga bisa disajikan berkuah menjadi sup favoritmu!

Bahan yang diperlukan:

  • 250 gram daging belut
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 buah wortel, potong sesuai selera
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang seledri
  • 1 ruas jahe
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuatnya:

  • Cuci bersih belut dan isi perutnya. Setelah itu, lumuri dengan garam dan air perasan jeruk nipis. Diamkan sebentar selama 5 menit.
  • Tumis bawang putih dan jahe. Tuang air secukupnya dan masukkan belut yang sudah direndam dengan perasan jeruk nipis.
  • Masukkan potong wortel, irisan daun bawang, tomat, irisan seledri.
  • Koreksi rasa dan tambahakan gula atau garam kalau rasanya kurang pas.
  • Tuang ke dalam mangkuk dan sajikan deh!

4. Resep Semur Belut

resep semur belut
whattocooktoday.com

Resep belut yang satu ini bisa kamu sajikan untuk bekal makan siang, gunakan termos untuk menyimpan kuah semur agar hangat.

Bahan yang diperlukan:

  • 500 gram belut
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 3 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cabai merah besar
  • 2 biji kemiri
  • 10 cabai rawit
  • 1 blok kaldu jamur
  • 3 sdm kecap manis

Cara membuatnya:

  • Peras air jeruk nipis dan tuang ke dalam wadah berisikan belut.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, biji kemiri, dan cabai rawit.
  • Lalu tumis sebentar. Masukkan daun salam, daun jeruk, dan batang serai.
  • Aduk-aduk sebentar dan tambahkan kaldu jamur.
  • Tumis dan masukkan potongan belut yang sudah direndam dengan perasan jeruk nipis
  • Tambahkan air mineral dan kecap manis.
  • Aduk hingga mendidih. Beri irisan daun bawang dan bawang goreng.

Dari keempat menu masakan belut di atas, manakah yang ingin kamu masak untuk bekalmu besok?

0 Comment