Cuaca Nggak Menentu Sebabkan Panas Dalam? Atasi dengan 5 Obat Alami Ini

28 October 2019, at 10:00
0
0
Cuaca Nggak Menentu Sebabkan Panas Dalam? Atasi dengan 5 Obat Alami Ini

Cuaca yang nggak menentu seperti yang terjadi akhir-akhir ini berpotensi kuat menyebabkan panas dalam. Kondisi yang dalam dunia medis bukanlah sebuah penyakit ini merujuk pada gejala-gejala seperti sariawan, bibir kering, sakit tenggorokan, lemas, dan sembelit.

Meskipun terlihat sepele, namun panas dalam cukup merepotkan dan mengganggu kegiatan sehari-hari lho. Oleh sebab itu, kamu perlu mengobatinya dengan cepat.

Berikut ini beberapa obat alami panas dalam yang bisa kamu gunakan selain mengonsumsi lebih banyak air putih.

1. Air Garam

obat panas dalam
doktersehat.com

Berkumur dengan larutan air garam dapat membantu meredakan panas dalam, terutama untuk sakit tenggorokan dan sariawan. Siapkan segalas air putih hangat dan larutkan satu sendok teh garam ke dalamnya.

Berkumurlah selama 20 sampai 30 detik sambil mendongak atau mengenai area yang sakit. Lakukan kegiatan tersebut setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang maksimal.

2. Madu

madu
pexels.com/@valeriya

Selain air garam, kamu juga bisa memanfaatkan madu sebagai obat alami panas dalam. Hal tersebut bahkan sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian lho.

Kamu bisa mencampurkan madu dengan berbagai minuman seperti teh atau air hangat untuk meredakan masalah tenggorokan. Selain itu, bahan alami yang satu ini juga bisa membantu melembabkan bibir kering dan percah-pecah.

3. Ampas Teh Celup

ampas teh
pexels.com/@skitterphoto

Gejala panas dalam seperti sariawan juga dapat diobati dengan ampas teh celup. Bahan alami yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mengompres area yang sakit atau luka.

Pasalnya, daun teh diketahui efektif melawan peradangan sekaligus meredakan nyeri. Kamu bisa mengompres sariawan selama 15 sampai 20 menit tiga kali sehari.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Minum Teh Panas Bisa Sebabkan Kanker Kerongkongan. Benarkah?

4. Ramuan Air Jahe, Madu dan Lemon

obat alami
lohas.news

Obat alami panas dalam yang satu ini mungkin sudah cukup familier bagi banyak orang. Sejak dulu, jahe dan madu memang terkenal dapat melegakan sakit tenggorokan karena kandungan antibakteri di dalamnya.

Untuk membuat ramuan ini, kamu menyeduh jahe dengan setengah gelas air hangat, lalu ditambahkan dengan satu sendok teh madu dan perasan lemon secukupunya.

5. Sayur dan Buah

makan sehat
pexels.com/@oleg-magni

Mengonsumsi sayur dan buah juga dapat meredakan panas dalam karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan kandungan serat, vitamin, serta mineral dapat membantu meredakan masalah pencernaan.

Jadi, itu dia Sobat Qupas beberapa obat alami panas dalam yang bisa kamu bikin sendiri. Nggak sulit, kan?

0 Comment