Cukup 5 Langkah, Ini Cara Mencuci Brush Makeup Supaya Bulunya Nggak Mudah Rontok

25 April 2019, at 11:00
0
0
Cukup 5 Langkah, Ini Cara Mencuci Brush Makeup Supaya Bulunya Nggak Mudah Rontok

Mengaplikasikan makeup dengan bantuan aplikator seperti brush memang hasilnya lebih oke. Tapi, kamu juga harus ingat untuk membersihkannya secara rutin.

Brush makeup yang dipakai setiap hari setidaknya harus dibersihkan minimal sekali dalam seminggu. Kalau nggak, bakteri bisa bersarang di dalamnya dan akan menimbulkan masalah mulai dari jerawat, iritasi, hingga yang paling parah, kebutaan.

Nggak mau kan kalau sampai mengalaminya? Untuk itu, Qupas akan kasih tau cara membersihkan brush makeup yang mudah dan gampang diikuti di rumah. Yuk langsung simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Siapkan peralatan untuk membersihkan brush makeup

cara membersihkan brush makeup
faviana.com

Sebelum terburu-buru membasahi brush makeup dengan air, baiknya siapkan beberapa peralatan yang akan digunakan. Seperti:

  • Mangkuk kecil
  • Sabun khusus kuas makeup atau shampo bayi
  • Air hangat
  • Handuk yang lembut

Sebagai catatan, usahakan untuk memakai sabun khusus kuas makeup atau shampo bayi. Karena kedua cairan pembersih ini dianggap yang paling lembut dan nggak akan merusak bulu yang ada di brush.

2. Basahi brush makeup

cara membersihkan kuas makeup
thecrazyorganizedblog.com

Kalau semua peralatan sudah siap, tuangkan air hangat ke dalam mangkuk, lalu teteskan shampo bayi secukupnya. Kamu juga boleh menambahkan minyak zaitun lho.

Minyak zaitun akan berfungsi sebagai kondisioner supaya bulunya tetap lembut dan nyaman di wajah. Setelah jadi larutan, celupkan kuasmu ke dalamnya.

Baca juga: Cara Merawat Beauty Blender Agar Tak Mudah Jamuran dan Tetap Aman untuk Wajah

3. Bersihkan brush makeup

memebersihkan brush makeup
theeverygirl.com

Oh ya, kamu nggak perlu merendam kuas ke dalam larutan shampo ya. Karena hal ini hanya akan menghilangkan lem perekat dan membuat bulunya mudah rontok.

Cukup celupkan selama beberapa detik lalu bersihkan kuas makeup dengan cara memutarnya di atas telapak tangan. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai semua sisa produk seperti foundation ataupun blush on yang menempel di brush hilang.

4. Bilas brush makeup sampai bersih

mencuci brush makeup
imgix.net

Setelah brush terbebas dari sisa makeup, saatnya untuk membilas dengan air hingga bersih kemudian peras kuasnya pelan-pelan.

Jangan lupa untuk bentuk kembali bulu brush makeup seperti sedia kala sebelum kering. Karena proses pencucian tadi bisa mengubah bentuknya.

5. Keringkan brush makeup

cara mengeringkan kuas makeup
asliceofstyle.com

Mengeringkan brush jadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Karena kalau tahap ini sampai terlewat, sisa air yang ada bisa menyusup ke dalam lem dan membuat bulunya mudah rontok.

Untuk itu, jangan langsung menaruh kembali brush yang kamu cuci ke tempat penyimpanannya. Diamkan kuas di atas handuk dan diamkan seharian penuh sampai benar-benar kering.

Baca juga: 4 Cara Mencuci Beauty Blender Biar Awet Dipakai Berkali-kali

Mengeringkan brush memakai hair dryer juga kurang disarankan. Karena cara ini justru bisa memperpendek usia aplikator makeup kesayanganmu.

Nah, itulah cara membersihkan kuas makeup dengan langkah yang sangat mudah dan pastinya bisa membuat bulunya nggak mudah rontok. Selamat mencoba!

0 Comment