Qupas Travel

Cuma 7 Ribuan, Kamu Sudah Bisa Nyebur di Kolam Tengah Sawahnya Wisata Pagubugan Banyumas

23 February 2020, at 06:00
Cuma 7 Ribuan, Kamu Sudah Bisa Nyebur di Kolam Tengah Sawahnya Wisata Pagubugan Banyumas

Kolam renang yang selama ini kita tahu, umumnya berada di dalam maupun luar ruangan. Itupun masih dibatasi dengan pagar atau tembok. Tapi, segala ekspektasi tersebut bakal buyar setalah kamu mampir di wisata Banyumas ini.

Yap! Wisata Pagubugan namanya. Berada di Desa Melung, kamu bisa berenang di kolam renang yang letaknya di tengah sawah terasering. Scroll down yuk, biar kebih tahu tentang tempat wisata satu ini!

1. Wisata baru di Banyumas

Kolam Renang Wisata Pagubugan (Foto: instagram.com/msofyanaffandy)
instagram.com/msofyanaffandy

Wisata Banyumas yang terletak di salah satu desat kawasan kaki Gunung Slamet Jawa Tengah ini bisa dibilang masih baru. Tepatnya sekitar tahun 2019, warga dan pemerintah setempat berupaya untuk meningkatkan perekonomian wilayah tersebut dengan mengembangkan potensi wisata alam.

Untuk mewujudkannya, area persawahan pun disulap menjadi wisata alam. Kemudian tepat sekitar Januari 2019, muncullah kolam renang yang membuat pengunjung Wisata Pagubugan bertambah.

2. Kolam di alam terbuka

Wisata Pagubugan Banyumas (Foto: instagram.com/masway___)
instagram.com/masway___

Kalau umumnya kolam renang berada di dalam atau luar ruangan yang masih dibatasi pagar, maka di wisata Banyumas ini berbeda. Di sini, kamu justu bisa berenang di alam terbuka.

Warga setempat menyebutnya 'Pagubugan', dimana merupakan nama tempat ini merupakan penggalan dari 'gubug' atau rumah kecil yang biasanya digunakan tempat petani berteduh.

Selain airnya yang menyegarkan, pagubugan juga menawarkan pemandangan sawah terasering, bebatuan besar, Bukit Cendana, Bukit Bunder, hingga Gunung Slamet. Dijamin bikin kamu tambah takjub!

3. Wisata Banyumas yang instagenik

Spot Foto Pagubugan (Foto: instagram.com/devina_ariella)
instagram.com/devina_ariella

Wisata Pagubugan Banyumas bukan cuma menawarkan kolam renang tengah sawah. Buat kamu yang hobi foto, di sini pun tersedia spot untuk selfie.

Misalnya seperti tulisan 'Pagubugan' yang terbuat dari bambu dan dicat warna-warni. Selain itu, tersedia pula gubug-gubug kecil yang bisa kamu gunakan untuk berswafoto.

Baca juga: Jalan-jalan ke Telaga Kumpe, Surga Tersembunyi di Banyumas yang Instagenik

4. Wisata murah di Banyumas

Pagubugan Banyumas (Foto: instagram.com/sevarnldi_)
instagram.com/sevarnldi_

Nggak perlu khawatir kantong jebol saat liburan ke Pagubugan. Karena kamu cuma perlu bayar Rp7 ribu saja untuk bisa berenang di kolam tengah sawah.

Harga tersebut sudah termasuk asuransi, lho. Kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola, misalnya seperti gazebo, area playground, kamar mandi, hingga ruang bilas.

5. Cara ke Wisata Pagubugan

Pagubugan (Foto: instagram.com/eka_ummu_farida)
instagram.com/eka_ummu_farida

Lokasi Wisata Pagubugan berada di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng. Akses untuk menuju lokasi juga nggak terlalu sulit. Patokannya dari SMP 3 Kedung Banteng ke arah barat. Sekitar 600 meter, kamu akan menemukan peternakan ayam.

Sesampainya di jembatan, berarti kamu sudah dekat dari tempat wisata Banyumas ini. Perjuanganmu masih belum berakhir, khususnya buat kamu yang bawa mobil. Soalnya kamu masih perlu melewati jalan setapak yang jauhnya kurang lebih 300 meter.

Gimana, Wisata Pagubugan cukup membuatmu tertarik untuk mengunjunginya? Nggak perlu ragu lagi deh, apalagi pemandangan dan sensasi berenang yang ditawarkan beda banget dari wisata lain!