Cuma di Jepang, Kamu Bisa Sewa Payung Lewat Aplikasi. Inovatif!

10 April 2019, at 10:00
1
0
Cuma di Jepang, Kamu Bisa Sewa Payung Lewat Aplikasi. Inovatif!

Iklim yang nggak menentu membuat prediksi cuaca seringkali meleset. Hujan bisa tiba-tiba saja turun dan membuat banyak orang kerepotan. Apalagi jika kamu sedang berada di luar ruangan atau tempat terbuka.

Kondisi tersebut menjadi peluang bagi sebuah perusahaan di Jepang yang meluncurkan sistem berbagi payung bernama iKasa sejak akhir Desember 2018 lalu.

Kamu dapat menggunakannya dengan menambahkan iKasa sebagai teman di Line. Hal ini memungkinkanmu menyewa payung dari tempat-tempat yang strategis seperti seupermarket atau pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Pemerintah Jepang Bagikan Rumah Gratis, Berniat Pindah?

Keren banget nggak sih? Inovasi ini pasti sangat memudahkan mobilitas masyarakat Jepang yang cenderung lebih suka berpergian dengan berjalan, bersepeda, atau naik transportasi umum.

sewa payung
gopc.olympus-global.com

Layanan sewa payung ini bisa kamu nikmati dengan melakukan scan QR dan membayar 70 Yen atau 8.889 Rupiah dalam sehari. Biaya tersebut akan ditarik secara otomatis melalui kartu kredit yang telah didaftarkan.

Karena berstatus sewa, maka penyewa wajib mengembalikannya. Apabila lupa, kamu akan dikenai denda sebanyak 420 Yen atau 53.350 Rupiah dan payung tersebut menjadi milikmu.

Baca Juga: Foto-Foto Karyawan Jepang yang Kelelahan, Sampai Tumbang di Jalanan!

Hebatnya lagi, setelah berjalan beberapa bulan tingkat pengembalian payung dari penyewa mencapai 100 persen. Hal ini kembali menjadi bukti bahwa masyarakat Jepang sangat berbudaya.

sewa payung dengan aplikasi
o4uxrk33.com

Sebelumnya, pengembang properti Aspen Group di Malaysia juga menyediakan 4.000 payung yang bisa dipinjam secara gratis pada 12 halte bus dan 5 sekolah. Sayangnya, nggak seperti di Negeri Sakura, payung-payung tersebut justru hilang.

Di Indonesia sendiri memang belum ada perusahaan yang menyewakan payung. Tapi di Jakarta ada sebuah startup bernama ReCharge yang menyewakan power bank dan tersedia di beberapa cafe dan pusat perbelanjaan.

Hampir sama seperti iKasa, ReCharge mengharuskan penyewa untuk mengunduh aplikasi khusus sebagai alat untuk melihat gerai terdekat dan pembayaran.

recharge sewa power bank jakarta
leonisecret.com

Nggak seperti iKasa di Jepang, perusahaan persewaan power bank ini sudah mengantisipasi pencurian dengan mendesain power bank khusus yang hanya bisa diisi ulang di gerai mereka.

Baca Juga: Hobi Lembur, Karyawan Jepang Sampai Diusir Agar Pulang Tepat Waktu

Jadi kalaupun dicuri, setelah dayanya habis alat tersebut nggak akan bisa digunakan. Cerdas! Pantas saja nggak ada power bank yang dibawa kabur.

Jadi penasaran, kalau sewa payung seperti iKasa diterapkan di Indonesia kira-kira dikembalikan nggak ya?

0 Comment