Cungkring Pak Jum'at, Kuliner Khas Bogor yang Menyajikan Olahan Kikil Sapi Lintas Generasi

30 September 2019, at 15:00
0
0
Cungkring Pak Jum'at, Kuliner Khas Bogor yang Menyajikan Olahan Kikil Sapi Lintas Generasi

Cungkring, sekilas mendengar nama itu pasti akan terasa aneh jika disematkan sebagai nama masakan. Tapi di Bogor, cungkring menjadi salah satu kuliner andalan. Cungkring Pak Jum'at namanya. Di sini ada olahan kikil kaki sapi dengan siraman saus bumbu kacang yang kental dan manisnya kecap.

Menariknya lagi, makanan ini harganya terjangkau dan pasti bikin kamu akan terasa kurang kalau hanya nyicip satu porsi saja!

1. Sudah ‘mangkal’ sejak tahun 1975

cungkring pak jumat di bogor
instagram.com/becauselapar

Kuliner khas Bogor yang satu ini masuk dalam masakan legendaris. Pasalnya, Cungkring Pak Jum'at sudah ada dan dijajakan sejak tahun 1975 yang lalu.

Kini, Cungkring Pak Jum’at diteruskan oleh sang anak yang biasa dipanggil Kang Deden. Sekarang pun sudah nggak berjualan keliling lagi.

Kang Deden menjajakan menu masakan kikil sapi ini di di salah satu jalanan kota Bogor sejak tahun 2014 yang lalu.

2. Dijual dengan menggunakan panggulan berwarna biru toska

cungkring pak jumat harga
instagram.com/jenzcorner

Kang Deden nggak ingin menghilangkan ciri khas dagangan bapaknya di benak para pelanggang cungkring. Ia tetap menjajakannya dengan panggulan berwarna biru toska.

Cungkring adalah satu satu panganan khas Kota Hujan yang terdiri dari olahan bagian kaki sapi. Namun, seiring dengan berjalannya waktu ada banyak penjual yang keliru menyematkan nama makanan ini.

Nggak sedikit juga wisatawan menjumpai nama cungkring yang tersemat di pedagang sate kulit sapi.

Baca juga: The Lake House Pesona Alam Sedayu, Tempat Makan yang Instagenik dan Unik di Tengah Alam

3. Menyajikan olahan kikil kaki sapi dengan bumbu kacang

olahan kikil sapi
instagram.com/makanajadah

Saat diolah oleh Kang Deden, cungkring Pak Jum’at sudah bukan lagi menyajikan kikil kaki sapi saja. Kini ada empat jenisnya, kikil, kulit, dampal, dan urat.

Semuanya dibanderol dengan harga Rp5 ribu per potong. Yang paling laku terjual adalah cungkring dengan urat kaki sapi. Itu karena teksturnya yang kasar membuat pembeli merasa nikmat saat mengunyahnya.

4. Harga per porsinya mulai dari Rp15 ribuan

cungkring pak jumat murah
instagram.com/istnyun

Cungkring disuguhkan dengan daun pisang sebagai alasnya. Makanan ini pun terdiri dari irisan persegi kikil sapi dicampurkan dengan keripik tempe, dan diguyur dengan saus kacang.

Bumbu kacangnya digiling kasar sehingga masih terasa saat digigit. Ada irisan cabai merah yang menambah rasa pedas makanan.

Biar makin kenyang, irisan lontong yang lembut dan keripik yang gurih bisa jadi tambahan. Nggak hanya sampai disitu, ada bumbu kuning yang terbuat dari semacam kunyit yang semakin menambah cita rasa.

5. Lokasi Cungkring Pak Jum’at

lokasi cungkring pak jumat
instagram.com/jenzcorner

Kalau sobat Qupas sedang berlibur ke Puncak, bisa sejenak mampir ke Cungkring Pak Jum’at yang berada di sebelah kiri Jalan Suryakencana ke arah Puncak.

Kedai ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam. Sayang banget lho kalau nggak mampir mencicipi menu kuliner khas Bogor yang satu ini!

Nah, buat kamu yang mau mampir ke kuliner legendaris Kota Hujan ini, jangan lupa sekalian untuk bungkusin orang di rumah ya!

0 Comment