Curug Ciastana, Wisata Cianjur yang Suguhkan Dua Air Terjun Bak Tirai

14 April 2019, at 04:00
0
0
Curug Ciastana, Wisata Cianjur yang Suguhkan Dua Air Terjun Bak Tirai

Pariwisata Cianjur nggak kalah dari sederet wisata Jawa Barat yang memang sudah banyak dikenal para pelancong. Salah satu buktinya bisa kamu temukan di Curug Ciastana.

Beda dari wisata air terjun di Jawa Barat lainnya, destinasi satu ini punya keunikan yang pasti bikin kamu nggak sabar pengen ke sana. Apa saja itu? Yuk langsung cek infonya di bawah ini!

Baca juga: Wisata di Cianjur Ini Punya Situs Kuno di Atas Gunung!

1. Air Terjun Unik di Cianjur

wisata curug ciastana
instagram.com/yanajr88

Curug Ciastana adalah salah satu wisata air terjun yang terletak di Cianjur Selatan. Destinasi ini bisa dibilang unik dan berbeda dari yang lain.

Bentuknya sedikit lebar dan mirip seperti tirai. Tepat di bawah air terjun terbentuk kolam alami menyerupai danau kecil.

curug ciastana
instagram.com/hens4m

Menariknya lagi, dari danau kecil ini kembali jatuh akibat hasil patahan tanah. Alhasil, air terjun yang lebih pendek tapi lebar kembali terbentuk.

Hal inilah yang membuat Curug Ciastana semakin terlihat unik. Soalnya kamu nggak cuma bisa melihat satu aliran saja, tapi ada dua pancuran yang tersaji di hadapanmu.

2. Terletak di Antara Pemakaman Warga

air terjun ciastana cianjur
instagram.com/dede_ulut

Nama Curug Ciastana ternyata punya arti yang sedikit bikin merinding. Dalam Bahasa Sunda, ternyata "Astana" berarti makam.

Bukan tanpa alasan kenapa nama wisata air terjun di Jawa Barat ini juga seunik bentuknya. Soalnya letak dari curug ini lumayan dekat dari pemakaman warga. Wih, serem ya!

wisata air terjun ciastana
instagram.com/hens4m

Tapi hal tersebut nggak membuat wisata curug di Cianjur ini sepi pengunjung. Apalagi alasannya kalau bukan karena para traveler pengen lihat keeksotisan destinasi ini.

Selain dua pemandangan air terjun, derasnya air di curug dengan ketinggian sekitar 50 meter ini juga jadi daya tarik. Belum lagi dengan adanya danau kecil yang bisa bikin kamu renang atau sekedar berendam.

Baca juga: Wow! Air Terjun di Indonesia Ini Punya Kolam Alami Sebening Kaca

3. Fasilitas Curug Ciastana

wisata curug ciastana cianjur
instagram.com/_kopites_man

Sejauh mata memandang, kamu bisa menyaksikan pemandangan cantik di sekitar Curug Ciastana ini. Dipadukan dengan keunikannya, alhasil wisata air terjun ini juga semakin menarik untuk dikunjungi.

Tapi sayang, fasilitas wisata Cianjur ini belum terlalu memadai. Bahkan tiket masuknya saja belum ditentukan karena kurangnya pengelolaan dari pihak setempat.

Berdasarkan informasi terbaru yang didapat baru-baru ini, pengunjung cuma perlu menyediakan biaya parkir motor kira-kira senilai Rp2.000,00 saja.

wisata air terjun ciastana cianjur
instagram.com/bayucahyo65

Air terjun ini buka dari jam 09.00 hingga 16.00 WIB. Tapi khusus di hari Sabtu dan Minggu, jam operasional Curug Ciastana mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Nah, untuk kamu yang pengen nginap di sini, ada rumah warga yang disewakan dengan tarif sekitar Rp70.000,00 per orang. Ini sudah termasuk konsumsi sebanyak 2 kali, jasa pemandu, parkir, dan infak.

4. Cara ke Curug Ciastana

air terjun ciastana
instagram.com/warmanwardhani

Secara administratif, lokasi Curug Ciastana terletak di Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak. Jaraknya nggak terlalu jauh dari pusat Kota Cianjur, yaitu sekitar 40 kilometer.

Tapi jalan yang akan kamu lalui cukup sempit, berbatu, dan berliku. Jadi persiapkan fisik kendaraan roda duamu saat ke wisata ini.

curug ciastana cianjur
instagram.com/arifalmlk17

Kurang lebih selama 1 sampai 2 jam berkendara, kamu bisa sampai di Air Terjun Ciastana berangkat dari Cianjur. Rute yang bisa kamu pilih adalah melalui Jalan Raya Cibinong atau Jalan Raya Sindang Barang.

Gimana, siap liburan ke Curug Ciastana? Mumpung wisata di Cianjur ini masih asri dan yang penting lagi tiket masuknya murah abis.

0 Comment