Curug Cigorobog, Air Terjun di Sumedang Selatan yang Sajikan Alam Penuh Kesegaran

13 May 2019, at 20:00
0
0
Curug Cigorobog, Air Terjun di Sumedang Selatan yang Sajikan Alam Penuh Kesegaran

Air terjun bisa dibilang adalah salah satu wisata andalan di Jawa Barat. Seperti halnya Curug Cigorobog yang ada di Sumedang. Destinasi ini cukup menarik perhatian.

Bukan cuma akses masuknya yang nggak terlalu sulit. Keindahan alamnya dan beragam keistimewaan lain dari wisata di Sumedang ini pun jadi daya tarik tersendiri. Apa saja tuh?

Baca juga: Wisata di Jawa Barat Ini Keren Abis, Bukan Cuma Ada di Bogor Atau Bandung Lho!

1. Curug dengan Tiga Undakan

curug cigorobog citengah sumedang
instagram.com/irmanzaenudin

Salah satu ciri khas dari Curug Cigorobog ini adalah adanya tiga undakan air. Ketinggiannya pun cuma sekitar 40 meter.

Arusnya nggak terlalu deras, jadi tetap aman kalau kamu ingin bermain-main di sekitarnya. Dipadukan lagi dengan jernihnya air serta kesegaran alam di sekelilingnya, pasti akan membuatmu kian betah berlama-lama di wisata Jawa Barat ini.

2. Air Terjun yang Sudah Dikelola

curug cigorobog
instagram.com/sigotik91

Curug Cigorobog ternyata sudah dikelola oleh Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) yang ada di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan.

Nggak maju sendiri, pengelolaan ini juga dibantu oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbuparpora) Sumedang. Semuanya pun sudah dilakukan sejak tahun 2011.

curug cigorobog sumedang
instagram.com/mhmmdrdwn22

Karena sudah dikelola dengan baik, maka nggak heran kalau fasilitasnya cukup memadai. Kamu bisa menemukan saung, musala, tempat ganti pakaian, sampai kamar mandi.

Akses masuknya pun nggak sulit. Bahkan motor sudah bisa dibawa sampai di tepi curug. Sedangkan untuk mobil cuma bisa sampai pintu masuk saja. Selanjutnya kamu bisa jalan kaki selama kurang lebih 5 menit saja.

Baca juga: Dulu Angker, Sekarang Wisata di Jawa Barat Ini Cantik Maksimal

3. Aktivitas Seru di Curug Cigorobog

adventure curug cigorobog
instagram.com/dwimonicaa

Hunting foto sudah jelas jadi kegiatan favorit yang bisa dilakukan di air terjun ini. Selain itu, kamu bisa bermain air atau sekedar menikmati suasana alamnya yang masih asri.

Ingain lebih menantang? Kemungkinan kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti canyoning. Tapi tetap hati-hati, ya!

4. Lokasi dan Harga Tiket Curug Cigorobog

curug cigorobog citengah
instagram.com/dinigilangs

Lokasi Curug Cigorobog ada di Citengah, Sumedang Selatan. Wisata Jawa Barat ini jaraknya nggak terlalu jauh dari pusat kota. Kamu pun bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menitan.

Akses jalan sudah baik dan bisa dilalui kendaraan roda 2 maupun 4. Di sepanjang jalan hamparan sawah dan perkebunan bisa kamu saksikan.

Selama perjalanan, kamu pun akan melewati Kampung Karuhun. Dari salah satu tempat indah di Sumedang ini cuma butuh waktu 5 menit. Selanjutnya kamu akan menemukan jalan masuk kira-kira di sebelah kiri.

curug cigorobog jawa barat
instagram.com/panggilsajaarid

Akses masuknya nggak terlalu terlihat sih dari jalan utama. Terus saja jalan sampai kamu menemukan papan nama bertuliskan "Curug Cigorobog".

Untuk bisa bermain-main di wisata air terjun cantik ini, kamu cuma perlu menyediakan retribusi sekitar Rp5.000,00 saja kok. Cukup murah, dan ternyata dana tersebut untuk keperluan pengembangan destinasi ini juga.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Curug Cigorobog? Mumpung tiket masuk ke destinasi di Jawa Barat ini murah meriah, lho. Kalau mudik ke Sumedang, jangan lupa mampir ke sini deh!

0 Comment