Qupas Travel

Curug Cikondang, Mini Niagara di Pelosok Cianjur yang Menawan

04 January 2020, at 04:00
Curug Cikondang, Mini Niagara di Pelosok Cianjur yang Menawan

Cianjur bisa dibilang punya pariwisata yang nggak kalah epik dari 'tetangganya', yaitu Bogor dan Bandung. Meski nggak sepopuler dua wilayah tersebut, wisata di Kota Santri ini bisa jadi alternatif wisata.

Salah satunya seperti Curug Cikondang yang katanya mirip sama Air Terjun Niagara. Bener nggak sih?

Buat membuktikannya, kamu bisa intip beberapa foto Curug Cikondang sambil mengintip sekilas info dari wisata air terjun di jawa Barat ini.

1. Asal-usul nama Curug Cikondang

air terjun cikondang
instagram.com/dudisugandi

Namanya memang mengandung kata 'kondang' yang mungkin kita bakal sangka punya arti terkenal. Tapi sebenarnya bukan itu maknanya, lho.

Ternyata 'kondang' adalah nama sejenis pohon loa atau Ficus subracemosa Blume. Tanaman ini tingginya bisa mencapai 40 meter dan berdiameter 1,75 meter.

Nah, pohon kondang biasanya ditemukan di hutan-hutan Asia Tenggara. Baisanya sih di Pulau Jawa tumbuh pada ketinggian sekitar 1.500 mdpl.

2. Wisata Cianjur untuk para petualang

curug cikondang
instagram.com/yudij25

Buat para petualang sejati, pantang untuk melewatkan air terjun di Cianjur ini. Selain karena suguhan pemandangan alam yang menawan, akses menuju ke destinasi ini pun butuh perjuangan.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu masih perlu menuruni tangga hingga sampai di venue. Meski cukup melelahkan, tapi semua nggak bakal terasa karena panorama di sekitarnya.

Sesampainya di air terjun, kamu bakal melihat debit air yang deras. Biasanya, pengunjung cuma akan hunting foto. Karena memang cukup berbahaya kalau berenang di bawah air terjun.

3. Replika Niagara di Cianjur

air terjun cikondang cianjur
instagram.com/kangsaar

Curug Kondang bukan cuma punya debit air yang cukup deras. Alirannya pun melebar, mungkin sekitar 30 meter.

Sementara tingginya kurang lebih 50 meter. Kedua hal tersebut mungkin yang membuatnya disebut-sebut mirip Niagara Waterfall. Kalau menurutmu sendiri gimana?

Baca juga: Menikmati Kesunyian Curug Malela, Kembaran Niagara di Bandung Barat yang Memesona

4. Wisata murah di Cianjur

curug cikondang jawa barat
instagram.com/capung.senja

Nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa liburan di wisata air terjun ini. Cukup menyediakan budget Rp5 ribu per orangnya.

Sedangkan buat pengunjung yang membawa motor, ada tambahan retribusi senilai Rp5 ribu juga. Tetap murah meriah, kan?

5. Cara menuju Curug Cikondang

curug cikondang cianjur
instagram.com/kuswandi__

Lokasi Curug Cikondang berada di daerah Wangunjaya, Campaka. Letaknya pun nggak jauh dari Situs Gunung Padang. Dari pusat Kota Cianjur sendiri, jaraknya sekitar 37 kilometer.

Terdapat dua jalur untuk menuju ke sini, yaitu melalui Jalan Raya Cianjur-Sukabimi belok kiri ke Jalan Cilaku, kemudian lanjur ke Cibeber. Kedua, kamu bisa melalui jalur Warung Kondang dan Lampegan.

Nah, itu dia ulasan singkat tentang Curug Cikondang yang digadang-gadang mirip Air Terjun Niagara. Fyi, kalau kamu memang ingin mengunjungi wisata air terjun di Cianjur ini, tetap hati-hati ya, mengingat sekarang lagi musim hujan.